Friday, July 6, 2018

Cara Menyelidiki Penggunaan Memori Di Windows 7, 10

Dalam setiap penggunaan komputer, memori ialah perangkat utama yang berperan dalam menyimpan data – data dalam komputer, baik sementara maupun permanen. Memori yang baik dan sanggup dibilang ‘sehat’ ialah memori yang tidak terlalu banyak dipakai dan mempunyai ruang kosong cukup biar performa komputer tetap berjalan optimal. Pada komputer pada umumnya, termasuk Windows dikenal dua jenis memori, yakni memori sementara untuk menyimpan data sementara yang disebut RAM (Random Access memory) dan penyimpanan memori permanen atau local storage atau yang biasa dikenal dengan Hard Disk. Kedua perangkat ini termasuk perangkat penyimpanan dan sama – sama mempunyai tugas penting dalam komputer.


Seperti yang disebut di atas bahwa memori harus dalam keadaan baik dan ada ruang kosong di dalamnya, biar pengguna mengetahui bagaimana memori tersebut baik atau tidak perlu mengusut berapa penggunaan memori di Windows, baik itu memori RAM atau Hard Disk. Penggunaan memori RAM berlebih atau mendekati ambang batas akan menciptakan kinerja komputer lambat sementara Hard Disk yang penuh akan menciptakan komputer juga mengalami hambatan dalam memproses data sebab data terlalu banyak. Agar anda sanggup mengetahui kinerja komputer tersebut perlu mengusut penggunaan memori di Windows melalui klarifikasi berikut ini.


Cara Memeriksa Penggunaan Memori di Windows 7, 10


RAM (Random Access Memory) ialah salah satu memori penyimpanan proses pada sistem operasi Windows, tanpa adanya ram proses tidak akan disimpan dan komputer tidak akan berjalan. Memeriksa penggunaan RAM ialah penting sebab serpihan dari mengusut penggunaan memori di Windows, yang mana cara – caranya sanggup dilakukan melalui beberapa aplikasi berikut.




  • Cara Memeriksa Penggunaan Memori di Windows 10 Melalui Task Manager




Task manager ialah salah satu aktivitas di Windows yang sanggup mengetahui berapa jumlah memori yang dipakai dan terdapat pilihan lain untuk melihat performa prosesor dan hardisk, cara mengakses task manager ialah sebagai berikut.



  1. Klik Kanan pada task bar, kemudian pilih task manager. Selain itu juga anda sanggup melaksanakan dengan kombinasi keyboard Ctrl + Alt + Del, kemudian pilih task manager

  2. Pada task Manager, Pilih tab performance dan pilih pada serpihan memory

  3. Ketika sudah terbuka maka akan ada tampilan berapa jumlah memori yang terpakai, tersedia, dan ada grafik yang menampilkan kinerja memori dikala itu juga (realtime)


 memori ialah perangkat utama yang berperan dalam menyimpan data  Cara Memeriksa Penggunaan Memori di Windows 7, 10




  • Cara Memeriksa Penggunaan Memori di Windows 10 Melalui Resource Monitor




Hampir sama dengan task manager, hanya saja tampilan dari resource monitor lebih detail menjelaskan cara mengusut penggunaan memori di windows 10 maupun 7 dan proses apa saja yang sedang memakai memori tersebut, untuk memakai resource monitor sanggup melalui cara berikut



  1. Buka resource monitor dengan melaksanakan Run, tekan Kombinasi Windows + R untuk kemudian ketikkan “resmon” pada obrolan Run dan klik ok / enter.

  2. Ketika jendela utama telah terbuka, pilih serpihan memori pada Resource Monitor, disitu tedapat gosip mengenai aplikasi apa saja yang sedang memakai memori. Dan di serpihan kanan aktivitas terdapat grafik realtime penggunaan memori komputer anda.


Cara Memeriksa Penggunaan Hard Disk di Windows 7 dan 10


Untuk mengusut penggunaan memori penyimpanan permanen / harddisk anda hanya perlu membuka Windows Eksplorer, kemudian arahkan folder pada Computer/My Computer/ This PC. Pada aplikasi tersebut sudah tertera hardisk apa saja yang sedang aktif di Windows dan berapa jumlah ruang hardisk yang kosong maupun yang sudah terisi. Apabila hardisk sudah hampir habis isinya, maka pada tampilan grafik hardisk mengatakan warna merah, apabila masih cukup persediaan memorinya tampilan tersebut berwarna biru.


Demikian goresan pena kami mengenai beberapa cara mengusut penggunaan memori di Windows 7 maupun windows 10, cukup gampang untuk anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat bagi anda.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com