Friday, July 6, 2018

Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar Di Windows 7, 8, 10

Dalam kondisi tertentu, kadangkala perlu mengatur tingkat kecerahan layar komputer / laptop kau ketika berlama-lama kerja menghadapi komputer. Layar yaitu salah stau komponen utama dari komputer atau laptop, alasannya yaitu layar berfungsi utama untuk menampilkan gambar dari program komputer atau sistem operasi, tanpa layar komputer yang menyala tidak akan menghasilkan output apapun dan sanggup dibilang sama saja tidak berfungsi.


Layar mempunyai banyak jenis dan tipe, mulai dari layar CRT (tabung), LCD, LED, dan jenis layar lainnya. Karena layar sendiri yaitu komponen untuk menampilkan gambar, maka dibutuhkan pencahayaan yang baik atau tingkat kecerahan layar yang baik supaya layar sanggup menampilkan gambar semestinya. Apabila ruangan agak gelap kecerahan layar sanggup dikecilkan untuk menghindari sakit mata, sedangkan ketika ruangan terlalu jelas alasannya yaitu matahari, layar juga sanggup ditingkatkan tingkat kecerhannya.


Microsoft Windows sendiri selaku sistem operasi paling terkenal pada ketika ini sudah memahami kondisi ini dan mempunyai pengaturan mengenai tingkat kecerahan layar di Windows. Akan tetapi tidak semua orang mengerti bagaimana cara mengatur tingkat kecerahan layar di Windows 10, 8, dan 7 dan membiarkan layar begitu saja, oleh alasannya yaitu itu melalui goresan pena kami akan dibahas mengenai hal tersebut.


Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar di Windows


 


 kadangkala perlu mengatur tingkat kecerahan layar komputer  Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar di Windows 7, 8, 10


Ada sedikit perbedaan di tiap versi Windows yang dimiliki mengenai bagaimana mengatur tingkat kecerahan layar di Windows. Meski tujuannya sama namun caranya berbeda tiap versi Windows yang ada, kami membagi beberapa cara mengatur tingkat kecerahan layar di Windows sesuai dengan jenis sistem operasi berikut ini.




  1. Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar di Windows 7




Untuk Microsoft Windows seri Windows 7, cara mengatur kecerahan layar yaitu sebagai berikut.



  • Klik ikon power pada taskbar bawah sebelah kanan (biasanya erat dengan penanda jam)

  • Kemudian pada tampilan klik link “Adjust Screen Brightness”, sehabis itu terbuka jendela control panel pengaturan brightness

  • Atur kecerahan layar dengan mengatur slide kafe Screen brightness di bab bawah jendela control panel ke kiri atau ke kanan, ke kiri untuk mengecilkan dan ke kanan untuk melebihkan kecerahan layar


Baca juga : Cara mengatasi USB Not Recognized




  1. Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar di Windows 8 & 8.1




Pada Windows 8 atau 8.1 terdapat beberapa perbedaan tampilan yang menghasilkan cara gres untuk mengatur kecerahan layar di Windows, yang mana caranya yaitu sebagai berikut.



  • Arahkan kursor anda ke bab ujung kanan atas atau kiri atas untuk membuka charm kafe Windows 8/8.1

  • Klik pada tombol Settings supaya pengaturan desktop terbuka

  • Klik ikon brightness, kemudian atur kecerahan layar dengan mengatur slide kafe ke atas atau ke bawah




  1. Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar di Windows 10




Lagi – lagi Microsoft Windows melaksanakan beberapa perubahan pada Windows 10, sehingga pengaturan pada tingkat kecerahan layar juga ikut berubah pada Windows 10, caranya sebagai berikut.


Melalui Power Options (Control Panel)

Cara mengatur tingkat kecerahan layar di windows 10 pertama ialah melalui Control Panel kemudian pilih Hardware and Sound >> Power Options. Pada bab Screen brighness silahkan atur/geser-geser sesuai keinginan.


 kadangkala perlu mengatur tingkat kecerahan layar komputer  Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar di Windows 7, 8, 10


Melalui Settings

Caranya buka Settings, kemudian navigasi ke System >> Display, kemudian pada opsi Adjust brightness level silahkan atur slider sesuai dengan kebutuhan dan akhiri dengan klik tombol Apply.


Melalui Icon Batre Taskbar


  • Klik ikon action center di pojok kanan bawah taskbar Windows 10, kemudian muncul slidebar menyerupai pada Windows 8

  • Pada beberapa pilihan menu, pilih brigthness (dilambangkan dengan matahari) untuk mengatur kecerahan layar, lakukan klik beberapa kali untuk mengatur kecerahan layar

  • Lakukan klik ikon tersebut, maka tingkat kecerahan layar akan bertambah dan jikalau di klik terus menerus sanggup kembali ke tingkat kecerahan awal atau 0%


Baca juga : Cara mengaktifkan firewall di windows 7, 8, 10




  1. Menggunakan Function Key pada Keyboard Laptop / Komputer




Sebenarnya ada cara lain untuk megatur tingkat kecerahan layar di Microsoft Windows tanpa membuka pengaturan, dan ini sanggup dilakukan di semua jenis Windows. Tiap laptop sendiri biasanya telah memberi tombol pada keyboard masing – masing untuk mengatur kecerahan layar, biasanya tombol tersebut berupa Function key pada bab atas keyboard untuk mengatur tingkat kecerahan, apakah akan dinaikkan atau diturunkan. Caranya yaitu dengan menekan tombol tersebut baik sekali atau beberapa kali sesuai tingkat kecerahan layar yang anda inginkan.


Rata-rata laptop ketika ini mempunyai tombol konfigurasi untuk mengatur kecerahan layar. Makara coba perhatikan apakah laptop kau memilikinya atau tidak. indikator dari pengaturan pencahayaan ialah tanda matahari+ dan matahari – dan cara penggunaanya antar seri laptop berbeda beda, ada yang memakai kombinasi Windows key + tanda matahari secara bersamaan menyerupai pada laptop lenovo. atau klik bersamaan tombol Fn+tanda matahari.


Demikian beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk mengatur tingkat kecerahan layar di Windows 7, 8 maupun windows 10, usahakan layar anda mempunyai tingkat kecerahan layar yang optimal supaya sanggup dipakai dengan baik dan kondusif bagi kesehatan mata anda.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com