Friday, July 6, 2018

√ Banyak Minum Air Putih Dapat Mencegah Watu Ginjal, Benarkah ?

Benarkah banyak minum ari putih mencegah kerikil ginjal? Jawabannya yaitu ya, mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak, sanggup membantu Anda mencegah kerikil ginjal. Bahkan, cara ini merupakan salah satu tindak pencegahan terbaik yang banyak direkomendasikan oleh dokter dan jago medis.


Go DokAnda yang pernah menderita kerikil ginjal tentunya tahu betapa merana hidup ketika mengalami penyakit yang satu ini. Rasa sakit yang muncul dari penyakit kerikil ginjal bisa jadi tidak tertahankan, dan akan tiba secara bertahap, lagi dan lagi, sampai kerikil ginjal itu sendiri berhasil melewati jalan masuk kencing dan dengan sukses keluar dari badan Anda.


Bagi banyak orang, kerikil ginjal hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Namun, tidak sedikit pula yang begitu sembuh tetap mengabaikan tindak pencegahannya, sehingga balasannya terkena kerikil ginjal kembali dalam kurun waktu 5 -7 tahun.


Padahal, boleh dibilang penyakit kerikil ginjal bisa dicegah untuk datang, dengan memperbaiki gaya hidup Anda. Salah satu tindak pencegahan yang banyak disarankan yaitu dengan banyak meminum air putih. Apakah saran ini benar-benar terbukti secara medis? Bagi Anda yang masih ragu, yuk simak klarifikasi lengkapnya berikut ini!


Sekilas wacana penyakit kerikil ginjal


Sebelum membahas mengenai banyak minum air putih bisa mencegah kerikil ginjal alangkah lebih baiknya mengenal terlebih dahulu wacana penyakit kerikil ginjal itu sendiri. Batu ginjal terbentuk di dalam badan ketika komponen-komponen kimia tertentu menjadi terkonsentrasi di dalam urin, dan menggumpal hinggga membentuk wujud kristal.


Gumpalan berwujud kristal inilah yang kemudian berkembang dalam massa yang lebih besar, membentuk kerikil ginjal. Sejatinya, jikalau perjalanannya lancar, kerikil ginjal bisa bergerak sendiri melewati jalan masuk kencing sampai keluar dari dalam badan Anda.


Namun, dalam perjalanannya melewati jalan masuk kencing, kerikil ginjal bisa menyangkut di cuilan tertentu dan menghambat fatwa urin Anda. Hal inilah yang kemudian menyebabkan rasa sakit yang amat sangat.


Kebanyakan kerikil ginjal terbentuk ketika kalsium di dalam badan Anda disatukan dengan salah satu dari dua zat : fosfor dan oxalate.  Kedua zat ini bisa bertemu dengan kalsium di dalam jalan masuk kencing, menggumpal dan mengeras sampai membentuk kerikil ginjal.


Selain itu, kerikil ginjal juga sanggup terbentuk dari asam urat, yang dihasilkan ketika metabolisme tubuh Anda memproses protein. Batu ginjal memang bisa terjadi ketika Anda kekurangan cairan badan dan terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda, terutama jikalau Anda mempunyai riwayat keluarga yang menderita kerikil ginjal.


Lalu, benarkah banyak minum air putih bisa mencegah kerikil ginjal?


Jawabannya yaitu ya, banyak mengonsumsi air putih dapat mencegah kerikil ginjal. Bahkan, cara ini merupakan salah satu tindak pencegahan terbaik yang banyak direkomendasikan oleh dokter dan jago medis.


Pasalnya, minum banyak air putih sanggup mengencerkan zat-zat di dalam urin Anda yang berpotensi membentuk kerikil ginjal. Jika Anda tidak minum dalam jumlah yang cukup banyak, urin yang Anda keluarkan tidaklah banyak. Jumlah keluaran urin yang rendah berarti bahwa urin Anda lebih terkonsentrasi, sehingga garam pada urin cenderung tidak larut dan menyebabkan kerikil ginjal.


Jika Anda mengonsumsi lebih banyak air putih, otomatis Anda bahkan lebih sering buang air kecil. Nah, semakin sering Anda kencing, maka akan semakin kecil kemungkinannnya bagi zat-zat pembentuk kerikil ginjal untuk mengumpul dan terkonsentrasi.


Berapa banyak pastinya air putih yang diharapkan dalam sehari?


Namun, kebutuhan air untuk masing-masing orang berbeda. Cobalah untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas sehari. Dr. Naim Malouf, MD., seorang associate professor di UT Southwestern Medical Center, Dallas, menyatakan bahwa orang yang lebih banyak berkeringat, atau gres selesai berolahraga dan melaksanakan sauna, harus minum lebih banyak dari orang lain.


Indikator paling sederhana untuk melihat apakah kebutuhan air Anda tercukupi yaitu dengan mengamati warna urin. Jika warnanya bening, berarti badan Anda terhidrasi dengan baik. Jika warnanya kuning, atau kuning gelap, berarti Anda harus minum lebih banyak lagi.


Karena itulah, Anda disarankan untuk meminum setidaknya 2 liter atau 8 gelas air putih dalam sehari untuk mencegah kerikil ginjal. Anda bisa juga memasukkan lemon atau jeruk ke dalam air, alasannya yaitu kandungan sitrus dalam kedua buah ini bisa menghambat pembentukan kerikil ginjal.


Nah, itu beliau klarifikasi lengkap wacana bagaimana banyak minum air bisa mencegah kerikil ginjal. Semoga bermanfaat!


 


Baca juga:



Konsultasi kesehatan sekarang bisa eksklusif lewat gadget Anda. Download aplikasinya Go Dok di sini.


 


YS/PJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm