Sunday, June 24, 2018

√ 10 Teladan Binatang Dan Tumbuhan Insektivora Beserta Penjelasannya

Selain karnivora, herbivora, dan omnivora, menurut makanannya ada satu jenis binatang lagi yang belum di bahas di blog ini. Hewan tersebut yaitu binatang insektivora. Apa itu binatang insektivora? Apa saja contoh binatang insektivora yang sanggup kita temukan di sekitar lingkungan kita.

Contoh Hewan Insektivora

Insektivora yaitu organisme yang mengakibatkan serangga sebagai kuliner utamanya. Organisme insektivora ada yang berasal dari jenis binatang dan ada pula yang dari jenis tumbuhan. berikut ini yaitu beberapa pola binatang insektivora dan penjelasannya untuk Anda pahami.

 menurut makanannya ada satu jenis binatang lagi yang belum di bahas di blog ini √ 10 Contoh Hewan dan Tumbuhan Insektivora beserta Penjelasannya


1. Trenggiling

Trenggiling termasuk binatang mamalia yang makanannya berupa semut bersisik. Contoh binatang insektivora ini terbilang sudah sangat langka di dunia. Satu keluarga trenggiling yang masih tersisa yaitu dari kelompok Manidae. Kelompok ini punya 3 genera, di antaranya Manidae, Phataginus, dan Smutsia. Dinamai trenggiling alasannya yaitu binatang ini sering menggiling atau menggulingkan badannya untuk  melindungi diri dari musuh.

2. Kodok

Kodok atau katak termasuk binatang amphibi yang makanannya berupa serangga, ibarat nyamuk, belalang, dan lain sebagainya. Kodok hidup di ekosistem air tawar di seluruh tempat beriklim tropis. Jari kodok dilengkapi selaput yang digunakannya untuk berenang. Lidahnya bisa menjulur sangat panjang untuk menangkap serangga-serangga yang terbang.

3. Kadal

Kadal termasuk reptil yang masih berkeluarga dekat dengan tokek, cicak, bunglon, biawak, dan iguana. Semua keluarga kadal ini tergolong pola binatang insektivora. Mereka makan serangga dengan menangkapnya memakai pengecap mereka yang panjang. Lidah mereka menjulur untuk menangkap serangga-serangga yang terbang di atas tubuh mereka.

4. Cecak

Di dinding rumah kita, setiap malam binatang ini merayap dan mengendap-ngendap untuk menangkap nyamuk, laron, dan bermacam-macam serangga lainnya. Cecak termasuk pola binatang insektivora yang paling bersahabat dengan lingkungan manusia. Bersama tokek, cecak termasuk dalam suku Gekkonidae.

5. Laba-laba

Laba-laba yaitu binatang arthropoda yang bertahan hidup juga dengan memakan serangga (insektivora). Laba-laba memakai jaringnya sebagai perangkap untuk menangkap serangga-serangga yang terbang di sekitarnya. Serangga yang melekat pada jaring yang dibuatnya akan dimakan sebagai sumber energi baginya.

 menurut makanannya ada satu jenis binatang lagi yang belum di bahas di blog ini √ 10 Contoh Hewan dan Tumbuhan Insektivora beserta Penjelasannya

6. Ikan

Berbagai jenis ikan air tawar juga termasuk pola binatang insektivora. Mereka umumnya memakan serangga yang masih dalam bentuk telur. Jika dikolam rumah Anda terdapat banyak jentik nyamuk, meletakan beberapa ekor ikan akan sangat membantu mengurangi jumlah nyamuk di rumah Anda. Ikan akan memakan jentik nyamuk tersebut sebelum mereka bermetamorfosis nyamuk remaja yang siap menusuk nyamuk.

7. Tokek

Tokek yaitu reptil yang termasuk pola binatang insektivora. Mereka memakan serangga untuk mempertahankan hidupnya. Lidah tokek sanggup menjulur panjang untuk menangkap serangga yang ada di dekatnya. Sama ibarat cicak, ia juga sanggup merayap pada dinding dengan kemiringan > 45 derajat.

8. Bunglon

Bunglon hidup di ekosistem hutan hujan tropis. Reptil ini mempunyai kemampuan untuk mengubah warna kulitnya menjadi sesuai dengan lingkungannya. Contoh binatang insektivora ini melaksanakan kamuflase untuk mengelabuhi mangsanya yang berupa serangga-serangga terbang. Lidah binatang ini juga sanggup menjulur ibarat reptil insektivora lainnya.

Contoh Tumbuhan Insektivora

Selain pada hewan, organisme insektivora juga sanggup kita temukan pada tumbuhan. Berikut ini 2 pola flora insektivora yang terdapat di Indonesia.

 menurut makanannya ada satu jenis binatang lagi yang belum di bahas di blog ini √ 10 Contoh Hewan dan Tumbuhan Insektivora beserta Penjelasannya

9. Tumbuhan Kantong Semar

Kantong semar yaitu pola flora insektivora yang banyak kita temukan di ekosistem hutan hujan tropis yang tanahnya minim kandung nitrogen. Untuk mendapat nitrogen flora ini mempunyai kebiasaan menangkap serangga-serangga memakai kantung yang dimilikinya. Kantung yang bahu-membahu merupakan daun, pada bab dalamnya terdapat bab yang disebut nektar. Nektar berasa anggun dan beraroma sedap sehingga mengundang serangga datang. Serangga lalu terperangkap dalam nektar ini alasannya yaitu cairan nektar yang licin dan lengket. Serangga yang terjebak lalu dimakan oleh flora ini dengan derma enzim tripsin dan pepsin yang biasanya hanya terdapat dalam sistem pencernaan hewan

10. Tumbuhan Venus

Sama ibarat kantong semar, flora venus juga mendapat nitrogen dengan cara menangkap dan menjebak serangga-serangga yang terbang dilingkungannya. Tumbuhan ini memakai daun berengsel yang sanggup mengatup. Serangga yang terjebak pada daun ini akan dicerna oleh flora venus juga memakai derma enzim tripsin dan pepsin.

Nah, demikianlah beberapa flora dan binatang insektivora yang sanggup kami berikan pada kesempatan kali ini. Dengan melihat lingkungan sekitar, bisakah Anda menyebutkan pola binatang insektivora atau flora insektivora lainnya? Silakan bereksplorasi!
Sumber http://www.ebiologi.net