Sunday, May 13, 2018

√ Allah Swt Kagum Dengan Perbuatan Kalian Berdua

Alkisah, seseorang mendatangi Rasulullah SAW seraya berkata, “Ya Rasul, saya kelaparan”. Lalu Rasulullah SAW mendatangi salah seorang istri beliau, tetapi istri ia tersebut menjawab, “Demi Allah, saya tidak punya apa-apa dan yang ada hanya air”.

Setelah itu, Rasul mendatangi istrinya yang lain tetapi dijawab juga dengan ucapan yang sama sampai ia mendatangi semua istri ia dan semuanya menjawab dengan tanggapan yang sama, “Demi Allah, saya tidak punya apa-apa dan yang ada hanya air saja”. Kemudian, Rasulullah SAW mengumumkan, “Siapa yang mau menjamu tamu pada malam ini? Semoga Allah merahmatinya”.

Tiba-tiba seorang lelaki dari kaum Anshar bangkit dan berkata,
“Saya, ya Rasul”. Lalu, lelaki Anshar itu bergegas pulang terlebih dahulu dan bertanya kepada istrinya di rumah, “Apakah kau mempunyai persediaan makanan?”. Istrinya menjawab, “Tidak, masakan yang ada hanyalah jatah makan anak kita”.

Lelaki Anshar itu lanjut berkata, “Kalau begitu, cepat tidurkan anak kita! Kemudian, jika tamu kita telah tiba maka kau nyalakan lampu biar ia melihat kita sedang makan. Lalu, dikala ia sudah bersiap makan, maka kau segera matikan lampu!”.

Setelah itu, sang istri menidurkan anaknya. Tatkala tamunya tiba lampu dirumahnya ia nyalakan sampai sang tamu masuk. Ketika si tamu mulai memakan menu yang disiapkan, lampu seisi rumah pun dimatikan. Sang tamu makan dan menyangka si pemilik rumah ikut makan sebab bunyi sendok dan piring yang didengarnya. Padahal itu berasal dari sendok dan piring yang dibunyi-bunyikan oleh lelaki Anshar tersebut. Ini berlangsung sampai si tamu menghabiskan hidangannya.

Keesokan harinya, lelaki Anshar tersebut menghadap Nabi SAW, kemudian dikomentari Nabi, “Allah sangat kagum dengan perbuatan kalian berdua semalam terhadap tamu kalian itu”.

Disebutkan dalam beberapa riwayat bahwa sahabat Anshar tersebut berjulukan Abu Thalhah Al-Anshariy dan istrinya Ummu Sulaim r.a.

100 Kisah Teladan Tokoh Besar; Gema Insani Press

Sumber http://arief-ardiansyah.blogspot.com