Friday, February 2, 2018

√ Pengertian Model Pembelajaran Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli – Kali ini akan dibahas perihal definisi model pembelajaran versi beberapa ahli. Hal ini dikarenakan bila kita melihat klarifikasi mengenai apa itu model pembelajaran, maka akan kita temui banyak literatur yang berbeda beda dalam memahami arti model pembelajaran yang tepat.


Pengertian model pembelajaran ialah kerangka konseptual dan operasional pembelajaran yang mempunyai nama, ciri, urutan logis, pengaturan, dan budaya. Hal ini  sesuai dengan Permendikbud No.103 Tahun 2014 perihal Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Pasal 2.


Secara umumnya, model pembelajaran ialah cara atau teknik penyajian sistematis yang dipakai oleh guru dalam mengorganisasikan pengalaman proses pembelajaran biar tercapai tujuan dari sebuah pembelajaran. Definisi singkat lainnya yaitu suatu pendekatan yang dipakai dalam kegiatan pembelajaran.


Model pembelajaran sanggup juga diartikan sebagai seluruh rangkaian penyajian materi yang mencakup segala aspek sebelum, sedang dan setelah pembelajaran yang dilakukan guru serta segala akomodasi yang terkait yang dipakai secara pribadi atau tidak pribadi dalam proses berguru mengajar. Model pembelajan sendiri mempunyai makna yang lebih luas dari pada strategi, metode atau sekedar mekanisme pembelajaran.


Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli √ Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli


Saat ini telah banyak dikembangkan aneka macam macam model pembelajaran, dari yang sederhana hingga model yang sangat kompleks dan rumit alasannya memerlukan banyak alat bantu dalam penerapannya. Beberapa contoh model-model pembelajaran diantaranya ialah ceramah, diskusi, demonstrasi, studi kasus, bermain tugas (role play) dan lain sebagainya yang sanggup diterapkan. semuanya mempunyai kelemahan dan kelebihan masing masing.


Model pembelajaran yang baik dan sempurna ialah model pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran materi kajian atau pokok bahasan atau sub pokok bahasan tertentu dengan memakai waktu dan dana yang tak begitu banyak serta mendapat siswa mendapat hasil yang maksimal. Model pembelaran mempunyai beberapa ciri ciri sebagai berikut :


Ciri-ciri Model Pembelajaran



  • Rasional teoritik yang logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangnya.

  • Landasan pemikiran perihal apa dan bagaimana siswa belajar.

  • Tingkah laris mengajar yang diharapkan biar model tersebut sanggup dilaksanakan dengan berhasil.

  • Lingkungan berguru yang duperlukan biar tujuan pembelajaran sanggup tercapai.


Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli


Dan untuk lebih jelasnya mengenai pengertian model pembelajaran yang lebih sempurna dan akurat, simak berikut ini makna dan arti model pembelajaran berdasarkan para ahli.


Menurut Dahlan


Model pembelajaran ialah planning atau pola yang dipakai dalam menyusun kurikulum, mengatur materi pengajaran dan memberi petunjuk pada pengajar di kelas dalam setting pengajaran atau setting lainnya. Tiap model mengajar yang dipilih haruslah mengungkapkan aneka macam realitas yang sesuai dengan situasi kelas dan macam pandangan hidup, yang dihasilkan dari kerjasama guru dan murid.


Menurut Amin Suyitno


Mengatakan bahwa model pembelajaran ialah suatu pola atau langkah-langkah pembelajaran tertentu yang diterapkan guru biar tujuan atau kompetensi dari hasil berguru yang diharapkan akan cepat sanggup dicapai dengan lebih efektif dan efisien.


Menurut Syafaruddin, Irwan Nasution


model pembelajaran ialah deskripsi dari lingkungan pembelajaran yang bergerak dari perencanaan kurikulum, mata pelajaran, bagian-bagian dari pelajaran untuk merangcang materi pelajaran, buku latihan kerja, program, dan pinjaman kompetensi untuk acara pembelajaran. Dengan kata lain, model pembelajaran ialah pinjaman alat-alat yang mempermudah siswa dalam belajar. Jadi, keberadaan model pembelajaran berfungsi membantu siswa memperoleh informasi, gagasan, keterampilan, nilai-nilai, cara berpikir dan pengertian yang diekspresikan mereka.


Menurut Supriyono


Sebuah model pembelajaran ialah sebuah planning atau pola yang mengorganisasi pembelajaran dalam kelas dan menawarkan cara penggunaan materi pembelajaran.


Menurut Joyce dalam Trianto


Model pembelajaran ialah suatu perencanaan atau pola yang dipakai di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk memilih perangkat-perangkat pembelajaran.


Menurut Syaiful Sagala


model pembelajaran ialah kerangka konseptual yang menggambarkan mekanisme sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman berguru penerima didik untuk mencapai tujuan berguru tertentu dan berfungsi sebagai pedoman dalam merencanakan dan melakukan acara berguru mengajar.


Menurut Joyce


“Each model guides us as we design instruction to help students achieve various objectives” yang maksudnya bahwa setiap model mengarahkan kita dalam merancang pembelajaran untuk membantu penerima didik mencapai tujuan pembelajaran


Menurut Slavin


Model pembelajaran ialah suatu contoh kepada suatu pendekatan pembelajaran termasuk tujuannya, sintaksnya, lingkungannya, dan sistem pengelolaanya.


Menurut Trianto


Model pembelajaran merupakan pendekatan yang luas dan menyeluruh serta sanggup diklasifikasikan berdasarkan tujuan pembelajarannya, sintaks (pola urutannya), dan sifat lingkungan belajarnya.


Demikianlah pengertian model pembelajaran berdasarkan para hebat dan secara umum. Semoga bermanfaat dan sanggup menjadi acuan pengetahuan dalam memahami definisi model pembelajaran yang benar.




Sumber https://www.zonareferensi.com