Saturday, February 3, 2018

√ Pengertian Kearsipan Secara Umum Dan Berdasarkan Para Jago Lengkap

Pengertian Kearsipan Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap – Kali ini akan diulas mengenai apa definisi kearsipan yang benar baik secara umum, etimologi maupun berdasarkan pendapat para pakar. Kearsipan secara etimologi berasal dari kata “Arsip” yang berasal dari bahasa Yunani yaitu archium, artinya peti untuk menyimpan sesuatu. Kata arsip dalam bahasa latin disebut felum (bundel) dan dalam bahasa Inggris berarti “file”. Kearsipan dalam bahasa inggris berrati filing. File yaitu bendanya, sedangkan filing yaitu kegiatannya.


Kearsipan secara umum yaitu suatu proses pengaturan dan penyimpanan bahan-bahan atau warkat secara sistematis , sehingga bahan-bahan tersebut sanggup dicari dengan cepat atau diketahui tempatnya setiap diperlukan.


Definisi kearsipan lainnya yaitu pengelolaan catatan rekaman kegiatan atau sumber gosip yang mempunyai nilai kegunaan dengan teratur dan bersiklus baik itu arsip yang dibentuk maupun diterima, supaya gampang ditemukan kembali jikalau diperlukan.


Kearsipan juga merupakan suatu proses kegiatan pengaturan arsip mulai dari penciptaan, penerimaan, pencatatan, penyimpanan. Proses kearsipan menggunakan sistem tertentu dalam penyusunan, pemeliharaan arsip supaya sanggup ditemukan kembali dengan cepat dan sempurna serta gampang untuk pemusnahan arsip berdasarkan kriteria tertentu.


Jadi, kearsipan yaitu suatu proses kegiatan atau proses pengaturan mulai dari penerimaan, pencatatan, penyimpanan dengan menggunakan sistem tertentu, menemukan kembali dengan cepat dan tepat, penggunaan, pemeliharaan, penyusutan dan pemusnahan arsip.


Pengertian Kearsipan Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap √ Pengertian Kearsipan Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap


Sistem kearsipan yang diselenggarakan secara optimal akan memperlancar kegiatan dan tujuan lembaga, organisasi, tubuh maupun perseorangan. Penataan seluruh kegiatan pengurusan arsip pada suatu kantor sanggup disebut tata kearsipan atau manajemen kearsipan.


Kearsipan memegang peranan yang penting bagi kelancaran jalannya organisasi, yaitu sebagai sumber gosip dan sebagai sentra ingatan bagi organisasi. Ruang lingkup kegiatan kearsipan mencakup :



  • penciptaan. penerimaan, pengumpulan arsip

  • pengendalian, pemeliharaan dan perawatan arsip

  • penyimpanan dan pemusnahan arsip


Pengertian Kearsipan Menurut Para Ahli


Dan untuk lebih jelasnya dalam memahami definisi kearsipan, simak berikut ini klarifikasi dan pengertian kearsipan berdasarkan para ahl dan pakar :


Menurut Kamus Administrasi Perkantoran oleh Drs. The Liang Gie


a) Penyimpanan warkat (filing) merupakan kegiatan menaruh warkat-warkat dalam suatu daerah penyimpanan secara tertib berdasarkan sistem, susunan dan tata cara yang telah ditentukan, sehingga pertumbuhan warkat-warkat itu sanggup dikendalikan dan setiap kali diharapkan sanggup secara cepat ditemukan kembali. Lawan dari penyimpanan warkat (filing) yaitu pengambilan warkat (finding).


b) Sistem penyimpanan warkat (filing system) yaitu rangkaian tata cara yang teratur berdasarkan suatu pemikiran untuk menyusun warkat-warkat sehingga bilamana diharapkan lagi, warkat-warkat itu sanggup ditemukan kembali secara tepat.


Menurut Kamus Administrasi


Pengertian kearsipan yaitu semua rangkaian kegiatan penyelenggaraan kearsipan semenjak dikala dimulainya pengumpulan warkat hingga penyingkiran.


Menurut Ensiklopedi Administrasi


a) Penyimpanan warkat (filing) yaitu suatu bentuk pekerjaan tata perjuangan yang berupa penyusunan warkat-warkat secara sistematis sehingga bila diharapkan lagi warkat-warkat itu sanggup ditemukan kembali secara cepat.


b) Sistem penyimpanan warkat (filing sistem) yaitu suatu rangkaian tata cara yang teratur berdasarkan sesuatu pemikiran untuk menyusun warkat-warkat sehingga bila diharapkan lagi warkat-warkat itu sanggup ditemukan kembali secara cepat.


Menurut R. Subroto


Kearsipan yaitu kegiatan penerimaan, pencatatan, penyimpanan, penggunaan, pemeliharaan, penyusutan, dan pemusnahan arsip.


Menurut Drs. Ig. Wursanto (1989 : 12)


Pengertian kearsipan yaitu proses kegiatan pengurusan atau pengaturan arsip dengan mempergunakan suatu sistem tertentu sehingga arsip-arsip sanggup ditemukan kembali dengan gampang dan cepat apabila sewaktu-waktu diperlukan.


Menurut Odgers (2005)


Kearsipan yaitu manajemen arsip sebagai proses pengawasan,penyimpanan, dan pengamanan dokumen sertaarsip baik dalam bentuk kertas maupun media

elektronik.


Menurut Charman (1998)


Kearsipan yaitu sebagai proses yang menitik beratkan pada efisiensi manajemen perkantoran, pengelolaan dan pemusnahan dokumen apabila tidak diperlukan.


Menurut Maulana (1974:18)


Definisi kearsipan yaitu suatu metode atau cara yang direncanakan dan dipergunakan untuk menyimpan, pemeliharaan arsip bagi individu maupun umum dengan menggunakan indeks yang sudah ditentukan, biasanya untuk keperluan filling ini dipergunakan lemari, laci cabinet dari materi baja tahan karat atau dari kayu yang terkunci, jauh dari ancaman yang tidak diinginkan.


Menurut 3 penulis : Mulyono, Muhsin, dan Marimin (1985:3)


Pengertian kearsipan yaitu tata cara pengurusan penyimpanan warkat berdasarkan hukum dan procedure yang berlaku dengan mengingat 3 unsur pokok yang mencakup : penyimpanan, penempatan, dan inovasi kembali.


Demikianlah artikel perihal pengertian kearsipan berdasarkan para ahli/pakar, secara umum dan secara etimologi lengkap. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah tumpuan ilmu pengetahuan dalam memahami apa definisi kearsipan yang benar dan tepat.




Sumber https://www.zonareferensi.com