Thursday, February 8, 2018

√ Cara Meminimalisir Efek Negatif Teknologi Internet Terlebih Untuk Anak

Cara Meminimalisir Dampak Negatif Teknologi Internet √ Cara Meminimalisir Dampak Negatif Teknologi Internet Terlebih Untuk Anak


Cara Meminimalisir Dampak Negatif Teknologi Internet – Ditengah kemajuan jaman yang semakin hari semakin pesat, teknologi internet menjadi hal yang sangat kita butuhkan dalam acara kita sehari-hari. Rasanya, semua aspek dalam kehidupan kita bergantung pada manfaat dari internet itu sendiri. Akan tetapi, apakah dampak negatif teknologi internet itu tidak ada?


Baca Juga : Cara Menggunakan Teknologi Masa Kini Agar Tidak Menimbulkan Dampak Negatif


Maka jawabannya yakni terang ada. Sama menyerupai teknologi lain pada umumnya, internet juga mempunyai dampak negatif yang jikalau tidak ditangani dengan baik sanggup merugikan diri Anda sendiri. Dan berikut ini merupakan beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif teknologi internet.


Apa Saja Dampak Negatif Teknologi Internet?


Seperti yang teah disinggung sebelumnya, bahwa internet juga mempunyai beberapa dampak negatif yang tidak sanggup dipandang sebelah mata atau sepele. Hal ini dikarenakan jikalau dampak negatif teknologi internet tersebut kita biarkan saja, maka yang terjadi yakni diri kita sendiri akan menjadi rugi alasannya yakni dampak negatif tersebut.


Lalu, apa saja sih tolong-menolong dampak negatif teknologi internet itu?


1. Penyalahgunaan Internet


Dampak negatif teknologi internet yang pertama yakni adanya penyalah gunaan internet. Belakangan ini sering kita jumpai kasus yang dilatar belakangi oleh penyalah gunaan internet, dan hal itu menjadi satu bukti bahwa tidak selalu internet menawarkan imbas positif, akan tetapi juga negatif.


Banyak sekali bentuk dari penyalah gunaan internet menyerupai misalnya yakni kejahatan dunia maya (cybercrime), kemudian cyber bullying, penyebaran hoax yang masif, dan masih banyak lagi. Kejahatan-kejahatan tersebut diakibatkan alasannya yakni masih banyak orang yang belum memahami hakikat dan kaidah penggunaan internet, dan malah menggunakannya untuk hal-hal yang tidak baik.


2. Sifat Asosial


Sifat asosial atau anti sosial sanggup muncul pada diri pengguna internet apabila mereka sudah hingga taraf kecanduan internet hingga mengabaikan kehidupan kasatmata yang mereka miliki. Sifat asosial tersebut juga sanggup terbentuk dalam sifat yang individualis.


Seringkali kita cenderung untuk mengabaikan lingkungan sekitar kita alasannya yakni asyik dengan internet dalam artian terlalu nyaman dengan dunia maya dari pada dunia orisinil yang harusnya dihentikan kita abaikan. Dan inilah yang menjadi akar dari adanya sifat asosial tersebut.


3. Menganggu Kesehatan


Dan dampak negatif teknologi internet yang terkahir yakni mengganggu kesehatan, terutama kesehatan mata. Terlalu banyak menghabiskan waktu dengan berselancar di dunia maya, tentunya sanggup menciptakan kesehatan mata kita menjadi terganggu.


Bagaimana Cara Meminimalisir Dampak Negatif Tersebut?


Nah, sesudah mengetahui dampak negatif teknologi internet, bagaimana cara yang sanggup dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif tersebut?


1. Pahami Hakikat Penggunaan Internet


Hal pertama yang sanggup Anda lakukan untuk meminimalisir dampak negatif dari internet yakni dengan memahami hakikat dari internet. Yang harus selalu diingat yakni bahwa internet merupakan sebuah alat, atau media yang mempunyai fungsi untuk mempermudah segala kegiatan atau acara insan dalam kesehariannya.


Sehingga, sebagai seorang pengguna agaknya jangan hingga kita malah menjadi budak dari internet itu sendiri. Pahamilah selalu bahwa internet hanya menjadi alat untuk kita bukan malah menciptakan kita mengabaikan kehidupan kasatmata yang harus kita jalani sehari-hari.


2. Harus ada Hukum yang Tegas dan Mengikat


Kemudian, langkah kedua yang sanggup diambil untuk menimaliasir dampak negatif dari teknologi internet ini merupakan langkah yang berasal dari pemerintah. Yang mana harus menciptakan suatu aturan yang tegas dan mengikat dalam rangka untuk melindungi para pengguna internet dan dalam waktu yang bersamaan juga mencegah terjadinya kejahatan internet atau cybercrime yang sanggup merugikan masyarakat.


3. Batasi Penggunaan Harian


Dan langkah terakhir yang sanggup dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif dari internet yakni dengan menciptakan batas penggunaan harian dari internet itu sendiri. Hal ini menjadi penting alasannya yakni dengan menciptakan batas semacam ini, kita sanggup mengatur dan membatasi diri dari ancaman kecanduan internet yang mengancam setiap pengguna internet.


Baca Juga : Teknologi Selain Mempunyai Efek Positif Ternyata Memiliki Dampak Negatif Juga


Nah, itulah isu lengkap mengenai dampak negatif internet dan bagaimana cara untuk sanggup meminimalisir dampak negatif teknologi internet tersebut. Semoga sebagai seorang pengguna dan pemanfaat internet, kita sanggup menggunakannya dengan bijak ya!



Sumber http://info-menarik.nett