Thursday, February 8, 2018

√ Cara Cek Kesehatan Hardisk - Laptop & Komputer

cara cek kesehatan hardisk di laptop dan komputer √ Cara Cek Kesehatan Hardisk - Laptop & Komputer

Hardisk (HDD) menyerupai yang kau ketahui mempunyai peranan yang sangat penting dalam komputer atau laptop, dimana fungsi beliau sebagai media penyimpanan. Penyimpanan disini tidak berfokus pada sistem operasi saja, melainkan semua data yang dirasa penting niscaya akan tersimpan di hardisk.

Hal yang perlu kau ketahui bahwa seberapa cantik pun hardisk niscaya mempunyai masa rusaknya atau umur bau tanah nya. Dimana apabila sudah masuk ke masa tersebut niscaya performa atau kerja hardisk akan berkurang alasannya sudah melebihi batas kemampuan dia.

Maka dari itu untuk menjaga semua data yang tersimpan tidak terhapus begitu saja, kau harus bisa menyidik kesehatan hardisk. Lantas bagaimana cara cek kesehatan hardisk di laptop dan komputer (PC) ?

Di artikel kali ini saya akan menunjukkan beberapa metode untuk mengecek kesehatan hardisk, tapi sebelumnya ada beberapa faktor umum yang bisa mengakibatkan hardisk rusak, diantaranya :
  • Listrik tidak stabil
  • Listrik datang - datang mati saat hardisk bekerja
  • Overheat
  • Sudah melampaui batas kemampuan (usia)
Diatas hanya beberapa penyebab umum, untuk warta lebih lengkap nya kau bisa masuk ke artikel :

1. Cara Cek Kesehatan Hardisk dengan Fitur Windows (Bawaan)

Windows sendiri sudah menyediakan fitur yang mempunyai kegunaan untuk menyidik kesehatan hardisk. Baik di windows versi terbaru atau yang sudah lama, kau bisa menemukan fitur ini.
  • Pertama, silahkan masuk ke File Explorer
  • Selanjutnya silahkan klik kanan pada partisi (hardisk) yang ingin kau cek kesehatannya
  • Kemudian pilih Properties
  • Setelah itu pindah ke Tab Tools dan klik Check pada Error-checking (lihat gambar dibawah ini)
cara cek kesehatan hardisk di laptop dan komputer √ Cara Cek Kesehatan Hardisk - Laptop & Komputer

  • Terakhir klik Scan Now apabila ada jendela perizinan muncul dan tunggu hingga proses pengecekkan selesai.
Sebenarnya fitur ini dipakai untuk mengetahui ada atau tidaknya kerusakan pada hardisk. Namun dengan cara tersebut secara otomatis menunjukkan warta juga akan kesehatan hardisk tersebut. Untuk hardisk yang memang mempunyai banyak data mungkin akan melalui proses menyidik yang lebih lama, jadi mohon bersabar.

2. Cara Memeriksa Kesehatan Hardisk dengan WMIC

cara cek kesehatan hardisk di laptop dan komputer √ Cara Cek Kesehatan Hardisk - Laptop & Komputer

Metode kedua yang bisa dipakai untuk mengetahui kesehatan hardisk sama - sama memanfaatkan fitur Windows yaitu WMIC dan kau juga bisa menemukannya di versi usang atau baru. Pada dasarnya WMIC ini akan bekerja dengan S.M.A.R.T (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology), jadi bahu-membahu bukan hanya driver aja yang di analisi tapi hampir keseluruhan sistem dan data.
  • Pertama, silahkan masuk ke CMD yaitu dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard kemudian ketik "cmd" dan tekan Enter
  • Selanjutnya, ketik "wmic" dan tekan Enter
  • Setelah itu, lanjut dengan memasukkan perintah "diskdrive get status" dan tekan Enter lagi.
Seketika akan muncul status hasil dari analisa, apabila hardisk masih baik status akan ditandai dengan status "OK". Namun apabila yang muncul ialah "Pred-Fail" itu berarti ada kerusakan pada hardisk dan minta diperbaiki.

3. Cara Cek Kesehatan Hardisk dengan Sentinel

cara cek kesehatan hardisk di laptop dan komputer √ Cara Cek Kesehatan Hardisk - Laptop & Komputer

Di metode ketiga ini kau bisa memakai aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui seberapa cantik hardisk yang kau gunakan, apakah masih layak pakai atau tidak ? balasan itu akan kau dapatkan apabila memakai Hard Disk Sentinel.

Karena aplikasi ini akan menunjukkan warta yang cukup lengkap dibanding beberapa metode sebelumnya, berikut langkah - langkahnya :
  • Pertama, silahkan d0wnl0ad dan install Hard Disk Sentinel. Supaya proses d0wnl0ad mudah, gunakan saja versi limited atau trial.
  • Selanjutnya silahkan buka Hard Disk Sentinel
  • Setelah itu alihkan ke beberapa tab yang tersedia. Seperti Tab Overview menunjukkan warta kesehatan secara umum, kemudian Tab Temperature memeberikan warta suhu pada hardisk dan Tab S.M.A.R.T menunjukkan warta kerusakan dari setiap bidang yang ada di hardisk.
Bagaimana gampang bukan ? Selain gampang juga aplikasi ini menunjukkan warta lengkap menyerupai apa yang saya jelaskan sebelumnya. Sebenarnya apabila performance dan health di Tab Overview sudah 100% (Excellent) itu berarti bahwa hardisk masih cantik dan layak pakai.

4. Cara Mengetahui Kesehatan Hardisk dengan CrystalDiskInfo

cara cek kesehatan hardisk di laptop dan komputer √ Cara Cek Kesehatan Hardisk - Laptop & Komputer

Di metode terakhir ini masih memakai aplikasi pihak ketiga, yaitu CrystalDiskInfo. Namun aplikasi ini sangat sederhana, gartis dan tidak kalah lengkap dari metode sebelumnya. Selain itu yang menciptakan unik dari aplikasi ini ialah tersedia beberapa tema Jepang.

Mungkin bagi yang suka anime akan lebih menentukan tema Jepang tersebut, alasannya selain mempunyai tampilan yang berbeda juga terdapat pengisi bunyi menyerupai bunyi Uesaka Sumire yang terdapat di tema Kurei Kei.
  • Langkah pertama pastinya kau d0wnl0ad dan install dulu CrystalDiskInfo
  • Kemudian buka file hasil d0wnl0ad dan buka aplikasi
  • Setelah membuka aplikasi, secara pribadi kau bisa mengetahui kesehatan hardisk pada Health Status dan suhu pada Temperature.

Berapa Persen Health dan Temperature Hardisk Normal ?

Setelah menyidik kesehatan hardisk dan kau mengetahui semua warta akan kesehatan hardisk, tentu angka persen yang ada di Health Status dan Temperature ialah petunjuk apakah hardisk masih layak pakai atau tidak.
Nah bahu-membahu tidak ada ketentuan bahwa di angka berapa hardisk sudah tidak layak pakai. Namun saya rasa hardisk mulai berkurang performanya apabila Health Status sudah berapa di 80% ke bawah. Adapun untuk Temperature saya rasa apabila suhu sudah mencapai 70% ke atas dan laptop atau komputer sedang dalam posisi idle, dalam artian tidak dipakai untuk keperluan berat menyerupai game.

Bagaimana Cara Memperbaiki Hardisk Rusak ?

Sebelum memastikan bahwa hardisk yang kau pakai rusak, tentu kau harus mengetahui dulu ciri - ciri hardisk yang rusak. Beberapa metode diatas memang bisa menjadi tolak ukur, namun masih ada beberapa ciri lain yang mungkin harus kau baca lebih lanjut di artikel selanjutnya.

Selengkapnya : Cara Cek Kesehatan Hard Disk

Sederhananya hardisk rusak bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu rusak ringan dan rusak berat. Apabila kesehatan hardisk berkurang sedikit, maka dengan fitur Disk Defragment saja sudah bisa diatas. Sedangkan apabila sudah parah menyerupai tidak terbaca, maka tidak ada solusi lain dengan mengganti hardisk tersebut.

Cukup sekian untuk artikel kali ini dan itulah beberapa cara cek kesehatan hardisk yang bisa kau lakukan di laptop atau komputer. Baik memakai HDD atau SDD sebagai media penyimpanannya dan saya sarankan untuk memakai aplikasi pihak ketiga semoga kau bisa mengetahui warta lebih lanjut alasannya kedua aplikasi tersebut akan menyidik kesehatan hardisk secara lengkap.

Sumber http://www.siddiqrn.net/