Thursday, February 15, 2018

√ Cara Berguru Yang Menyenangkan


Sering kali kita merasa perjuangan kita dalam berguru seolah-olah sia-sia, hasil kita berguru pontang-panting seolah-olah ndak ada hasilnya. Tapi tanpa kita sadari, mungkin cara berguru kita yang dulu kita lakukan belum efektif dan efisien. Mungkin, cara berguru kita masih mengikuti metode berguru yang ditanamkan orang bau tanah kita atau dikala pada jenjang sebelumnya-re:menghafal. Berikut ini ada beberapa cara berguru yang mungkin dapat menunjang dan mendorong diri kita untuk efektif dan efisien dalam belajar.

Fresh
Pastikan pikiran dan badan kalian harus Fresh,,pikiran harus fokus dari pelajaran,jangan ada persoalan atau sesuatu yang dipirkan,jika ada lebih baik jangan berguru dulu,,karena hanya akan menghabiskan waktu berguru kalian saja,belum tentu apa yang kalian pelajari masuk ke otak. Jika sudah lebih fresh pikirannya gres deh belajar.
Tidak hanya pikiran tapi badan juga harus fresh,jika kita lelah lebih baik kita beristirahat sejenak jangan dipaksakan untuk berguru ,karena terkadang badan yang lelah menciptakan kita susah untuk berpikir.

Mood – Suasana Hati:
Ciptakan selalu mood yang nyata untuk belajar. Ini dapat dilakukan dengan memilih waktu, lingkungan dan perilaku berguru yang sesuai dengan pribadimu.

Understand – Pemahaman:
Tandai warta materi pelajaran yang TIDAK kau mengerti dalam satu unit. Fokuskan pada unit tersebut atau menanyakan kepada teman di waktu sebelum kita memulai ujian atau melaksanakan beberapa kelompok latihan untuk unit itu.

Recall – Ulang:
Setelah berguru satu unit, berhentilah dan ulang materi dari unit tersebut dengan kata-kata yang kau buat SENDIRI, menyerupai menciptakan suatu kependekan yang mewakili suatu kata, atau hal-hal yang gampang kalian ingat

Energy – Stamina
Dalam proses berguru tentunya membutuhkan energy atau stamina yang cukup banyak, Oleh alasannya itu sebelum kita berguru pastikan dulu keadaan kita tidak lapar, jikalau lapar lebih baik kita makan terlebih dahulu, alasannya dengan makan menciptakan stamina kita kembali terisi lagi.

Digest – Telaah:
Kembalilah pada unit yang tidak kau mengerti dan PELAJARI KEMBALI keterangan yang ada. Lihatlah warta yang terkait pada artikel, buku teks atau sumber lainnya, atau diskusikan dengan teman atau guru/dosen.

Expand – Kembangkan:
Jangan membiasakan diri mengcopy semua kalimat atau klarifikasi yang ada dibuku,karena hanya membutuhkan waktu yang usang dan terkadang ketika ujian menciptakan kita “blank”,,oleh alasannya itu lebih baik lagi jikalau kita hanya menghapal kata kunci atau yang berdasarkan kalian kalimat yang penting, dari situ kalian dapat kembangkan lagi yang pada dasarnya sama dengan yang ada di buku.

Review – Pelajari Kembali:
Pelajari kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari. Ingatlah taktik yang telah membantu kau mengerti dan/atau mengingat informasi. Jadi, terapkan taktik tersebut untuk cara belajarmu berikutnya.


Sumber : aciknadzirah.blogspot.com/search?q=cara-belajar-yang-efektif-dan-efisien

Sumber http://moonlightrocks.blogspot.com