Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli Pendidikan – Kali ini akan dibahas wacana definisi pembelajaran berdasarkan banyak sekali versi. Hal ini dikarenakan banyak literatur yang berbeda beda dikala anda mencari tahu apa itu arti pembelajaran. Masing masing pakar dan mahir mempunyai pendapatnya sendiri dalam mendefinisikan apa itu pembelajaran.
Menurut undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 menyatakan pembelajaran ialah “proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber berguru pada suatu lingkungan belajar”. Pembelajaran sebagai proses berguru yang dibangun oleh guru untuk membuatkan kreatifitas berpikir yang sanggup meningkatkan kemampuan berpikir siswa, serta sanggup meningkatkan kemampuan mengkontruksikan pengetahuan gres sebagai upaya meningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi pelajaran.
Sedangkan dikutip dari laman wikipedia, dinyatakan bahwa pengertian pembelajaran ialah proses, cara, perbuatan mengakibatkan orang atau makhluk hidup belajar. Pembelajaran ialah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber berguru pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan dukungan yang diberikan pendidik semoga sanggup terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan perilaku dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran ialah proses untuk membantu peserta didik semoga sanggup berguru dengan baik.
Secara umum pengertian pembelajaran ialah proses interaksi antara peserta didik/siswa dengan pendidik/guru dan sumber berguru pada suatu lingkungan berguru yang mencakup guru dan siswa yang saling bertukar informasi. Pembelajaran merupakan dukungan yang diberikan pendidik semoga sanggup terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan perilaku dan kepercayaan pada peserta didik.
Dengan kata lain, definisi pembelajaran ialah proses untuk membantu peserta didik semoga sanggup berguru dengan baik. Atau mudahnya usaha sadar dari guru untuk membuat siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laris pada diri siswa yang belajar, dimana perubahan itu dengan didapatkannya kemampuan gres yang berlaku dalam waktu tertentu dan lantaran adanya usaha.
Proses pembelajaran pada awalnya mengharuskan guru untuk mengetahui kemampuan dasar yang dimiliki oleh siswa mencakup kemampuan dasarnya, motivasinya, latar belakang akademisnya, latar belakang ekonominya, dan lain sebagainya. kesiapan guru untuk mengenal karakteristik siswa dalam pembelajaran merupakan modal utama yang sangat penting dalam penyampaian materi berguru dan menjadi indikator suksesnya pelaksanaan pembelajaran.
Ciri–ciri pembelajaran berdasarkan Sugandi, dkk (2000:25) diantaranya ialah :
- Pembelajaran dilakukan secara sadar dan direncanakan secara sistematis;
- Pembelajaran sanggup menumbuhkan perhatian dan motivasi siswa dalam belajar;
- Pembelajaran sanggup menyediakan materi berguru yang menarik dan menantang bagi siswa;
- Pembelajaran sanggup memakai alat bantu berguru yang sempurna dan menarik;
- Pembelajaran sanggup membuat suasana berguru yang kondusif dan menyenangkan bagi siswa;
- Pembelajaran sanggup membuat siswa siap mendapatkan pelajaran baik secara fisik maupun psikologis.
Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli
Dan untuk lebih jelasnya dalam memahami definifi pembelajaran yang benar, simak pendapat dan klarifikasi mengenai apa itu arti pembelajaran versi beberapa mahir pendidikan :
Gagne (1977)
Pengertian pembelajaran ialah seperangkat insiden -peristiwa eksternal yang dirancang untuk mendukung beberapa proses berguru yang bersifat internal.
Munif Chatib
Pembelajaran merupakan proses tranfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai akseptor informasi.
Warsita
Pembelajaran merupakan suatau perjuangan untuk membuat peserta didik berguru atau suatu aktivitas untuk membelajarkan peserta didik.
Gagne dan Briggs (1979:3)
Pengertian pembelajaran ialah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses berguru siswa, yang berisi serangkaian insiden yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mensugesti dan mendukung terjadinya proses berguru siswa yang bersifat internal.
Sugandi, dkk (2004:9)
Menyatakan bahwa pembelajaran terjemahan dari kata “instruction” yang berarti self instruction (dari internal) dan eksternal instructions (dari eksternal). Pembelajaran yang bersifat eksternal antara lain tiba dari guru yang disebut teacing atau pengajaran. Dalam pembelajaran yang bersifat eksternal prinsip-prinsip berguru dengan sendirinya akan menjadi prinsip-prinsip pembelajaran.
Achjar Chalil
Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber berguru pada suatu lingkungan belajar.
David Ausubel
Menurutnya teori berguru yaitu teori berguru bermakna, berguru sanggup diklasifikasikan dalam dua dimensi yaitu:
- Dimensi yang bekerjasama dengan cara informasi atau materi pelajaran disajikan kepada siswa melalui penerimaan atau penemuan.
- Dimensi yang menyangkut cara bagaimana siswa sanggup mengabaikan informasi pada struktur kognitif yang ada, Struktur kognitif ialah fakta, konsep, dan generalisasinya yang telah dipelajari dan diingat siswa. Dalam implementasinya teori ini terdiri dari dua fase, yaitu mula-mula ia menyangkut pemberian “the organizer” atau materi pendahuluan diberikan sebelum aktivitas berlangsung dan dalam tingkat abstraksi, fase berikutnya dimana organisasinya lebih spesifik dan terarah.
G.A Kimbleg
Pengertian pembelajaran ialah perubahan infinit secara relatif dalam keupayaan kelakukan akhir latihan yang diperkukuh.
Gagne (1985)
Pembelajaran dimaksudkan untuk menghasilkan belajar, situasi eksternal harus dirancang sedemikian rupa untuk mengaktifkan, mendukung, dan mempertahankan proses internal yang terdapat dalam setiap insiden belajar.
Syaiful Sagala (61: 2009)
Pengertian pembelajaran ialah “membelajarkan siswa memakai asas pendidikan maupun teori berguru yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan”. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah. Mengajar dilakukan pihak guru sebagai pendidik., sedangkan berguru oleh peserta didik.
Corey
Pengertian pembelajaran ialah suatu proses dimana lingkungan seeorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laris dalam kondisi khusus atau menghasilkan respon terhadap situasi tertentu.
Sudjana
Pembelajaran sanggup diartikan sebagai setiap upaya yang sistematik dan sengaja untuk membuat semoga terjadi aktivitas interaksi edukatif antara dua pihak yaitu antara peserta didik “warga belajar” dan pendidik “sumber belajar” yang melaksanakan aktivitas membelajarkan.
Rahil Mahyuddin
Pengertian pembelajaran ialah perubahan tingkah laris yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek.
Briggs
Pembelajaran merupakan seperangkat insiden yang mensugesti si berguru sedemikian rupa sehingga si berguru itu memperoleh kemudahan dalam berinteraksi berikutnya dengan lingkungan.
Oemar Hamalik
Pembelajaran merupakan kombinasi yang tertata mencakup segala unsur manusiawi, perlengkapan, fasilitas, mekanisme yang saling mensugesti dalam mencapai tujuan dari pembelajaran. Beliau mengemukakan tiga rumusan yang dianggap penting wacana pembelajaran yaitu:
- Pembelajaran merupakan upaya dalam mengorganisasikan lingkungan pendidikan untuk membuat situasi dan kondisi berguru bagi siswa.
- Pembelajaran merupakan upaya penting dalam mempersiapkan siswa untuk menjadi warga masyarakat yang baik dan diharapkan.
- Pembelajaran merupakan proses dalam membantu siswa untuk menghadapi kehidupan atau terjun di lingkungan masyarakat.
Dimyati Dan Mudjiono
Pembelajaran merupakan aktivitas guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa berguru aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar.
Trianto
Pembelajaran merupakan aspek aktivitas insan yang kompleks yang tidak sepenuhnya sanggup dijelaskan. Pembelajaran secara simpel dapar diartikan sebagai produk interaksi berkelanjutan antara pengembangan dan pengalaman hidup. Pembelajaran dalam makna kompleks ialah perjuangan sadar dari seorang guru untuk membelajarkan siswanya “mengarahkan interaksi siswa dengan sumber lainnya” dalam rangkan mencapai tujuan yang diharapkan.
Knowles
Pengertian pembelajaran ialah cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.
Arifin (2010:10)
Pembelajaran merupakan suatu proses atau aktivitas yang sistematis dan sistemik yang bersifat interaktif dan komunikatif antara pendidik “guru” dengan siswa, sumber belajar, dan lingkungan untuk membuat suatu kondisi yang memungkinkan terjadinya tindakan berguru siswa.
Sanjaya (2011:13-14)
Pembelajaran merupakan suatu sistem yang kompleks yang keberhasilannya sanggup dilihat dari dua aspek yaitu aspek produk dan aspek proses. Keberhasilan pembelajaran dilihat dari sisi produk ialah keberhasilan siswa mengenai hasil yang diperoleh dengan mengabaikan proses pembelajaran.
Slavin
Pembelajaran didefinisikan sebagai perubahan tingkah laris individu yang disebabkan oleh pengalaman.
Woolfolk
Pembelajaran berlaku apabila sesuatu pengalaman secara relatifnya menghasilkan perubahan infinit dalam pengetahuan dan tingkah laku.
Crow & Crow
Pengertian pembelajaran ialah pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap.
Komalasari (2013:3)
Pembelajaran merupakan suatu sistem atau proses membelajarkan pembelajar yang direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi secara sistematis semoga pembelajar sanggup mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien.
Syah (2010:215)
Pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan seseorang agara orang lain belajar.
Demikianlah klarifikasi dan pengertian pembelajaran berdasarkan para mahir pendidikan lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tumpuan pengetahuan dalam memahami definisi pembelajaran yang benar.
Bagikan :
Facebook
Tweet
Whatsapp