Kali ini akan diulas perihal pengertian organisasi secara umum dan berdasarkan para jago lengkap beserta ciri ciri, bentuk, manfaat, tujuan dan fungsinya. Mudahnya, organisasi ialah suatu kelompok orang dalam suatu wadah yang bekerjasama untuk sebuah tujuan bersama.
Secara umum, organisasi ialah daerah atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang dipakai secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Organisasi terbentuk salah satunya dikarenakan adanya penyatuan visi dan misi serta sebuah tujuan yang sama oleh sebuah kelompok orang. Orang orang yang terdapat dalam sebuah organiasi mempunyai keterkaitan yang terus menerus, namun keterkaitan ini bukan berarti keanggotaan seumur hidup dalam oganisasi tersebut.
Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli
Selain klarifikasi diatas, para jago dan pakar mempunyai pandangan yang berbeda beda dalam mendefinisikan apa itu organisasi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kumpulan pengertian organisasi berdasarkan para jago secara lengkap,
Stoner
Organisasi ialah suatu contoh hubungan-hubungan melalui mana orang-orang dibawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
Stephen P. Robbins
Pengertian organisasi ialah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif sanggup diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
W.J.S. Poerwadarminta
Organisasi ialah susunan serta ketentuan dari banyak sekali macam sisi (orang atau grup) hingga menjadi satu kesatuan yang teratur.
James D. Mooney
Organisasi ialah bentuk setiap perserikatan insan untuk mencapai tujuan bersama.
Janu Murdiyatmoko
Organisasi ialah satu sistem sosial yang mempunyai jati diri kolektif dengan cara yang tegas, progja yang pasti, mekanisme juga langkah-langkah dalam bekerja .
Chester I. Bernard
Arti organisasi ialah suatu sistem acara kolaborasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan
Organisasi ialah sebagai proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan majemuk acara yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bersama.
Max Weber
Definisi organisasi ialah suatu kerangka relasi terstruktur yang didalamnya terdapat wewenang, dan tanggung jawab serta pembagian kerja menjalankan sesuatu fungsi tertentu.
Prof. Dr. Sondang P. Siagian
Organisas ialah setiap bentuk komplotan antara dua orang / lebih yang saling bekerjasama serta terikat secara formal dalam rangka melaksanakan pencapaian tujuan yang sudah ditentukan dalam ikatan yang ada pada seseorang atau beberap orang yang dikenal sebagai atasan dan seorang atau kelompok orang yang dikenal sebagai bawahan
Paul Preston dan Thomas Zimmerer
Organisasi ialah suatu kumpulan orang yang telah disusun dalam sebuah kelompok-kelompok yang saling bekerjasama dalam mencapai tujuan secara bersama.
Victor A Thompson
Pengertian organisasi ialah suatu integrasi dari sejumlah spesialis-spesialis yang bekerja sama dengan sangat rasional dan impersonal untuk mencapai beberapa tujuan spesifik yang telah diumumkan sebelumnya.
Richard Scott
Organisasi ialah suatu kelompok yang sengaja dibuat untuk mencapai suatu tujuan khusus, yang sedikit banyak didasarkan pada asas kelangsungan.
Philip Slznic
Organisasi ialah suatu peraturan personil berkhasiat dalam mempermudah dalam melaksanakan pencapaian dari beberapa tujuan yang sudah ditetapkan lewat alokasi tanggung jawab dan fungsi atau Through the allocation of functionss and responsibilites.
Mistiani, S.sos
Pengertian organisasi merupakan bentuk formal dari perkumpulan, kelompok, serta sekumpulan individu yang mempunyai tujuan yang bersifat pribadi. Kemudian dari adanya tujuan serta organisasi akan berusaha dalam meraih tujuan yang sebelumnya telah disepakati bersama.
Thompson
Menurut Thompson, apa yang dimaksud dengan organisasi ialah suatu perpaduan antara anggota-anggota Istimewa yang sangat impersonal dan rasional yang saling bekerjasama (koperasi) dalam mencapai tujuan-tujuan yang spesifik yang sudah diumumkan.
Schein
Organisasi ialah suatu koordinasi yang dijalankan secara rasional di setiap kegiatan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan secara umum dengan mempunyai pembagian, fungsi dan pekerjaan melalui hirarki yang mempunyai otoritas dan tanggung jawab. Karakterisitik dari organisasi berdasarkan Schein antara lain : mempunyai tujuan organisasi, struktur organisasi, saling berafiliasi guna mengkoordinasikan acara yang terjadi di dalamnya.
J.R. Schermehorn
Arti organisasi ialah sekumpulan orang-orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan organisasi.
Kochler
Definisi organisasi ialah suatu sistem yang mempunyai relasi secara tersistematis, terkoordinasi lewat perjuangan pada suatu kelompok orang yang sedang bergerak dengan mempunyai tujuan tertentu.
M. dahlan Al Barry , Kamus Modern Bahasa Indonesia
Organisasi ialah suatu pengaturan dan penyusunan pada bagian-bagian hingga menjadi satu kesatuan, hukum dan susunan yang berasal pada bab hingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan bergabung untuk berkerjasama dalam mencapai tujuan bersama.
Rosenweigh
Menurutnya, apa yang dimaksud dengan Organisasi adalah:
- Sistem sosial, yaitu orang-orang dalam kelompok
- Integrasi atau kesatuan dari aktivitas-aktivitas orang-orang yang bekerja sama
- Orang-orang yang berorientasi atau berpedoman pada tujuan bersama
Matthias Aroef
Organisasi terealisasi apabila segolongan orang bekerja bahu-membahu untuk mencapai tujuannya.
James G. March & Herbert A. Simon (1957)
Organisasi ialah himpunan-himpunan saling efek insan dan mereka merupakan himpunan-himpunan paling luas di dalam masyrakat kita yang mempunyai sesuatu yang sama sistem koordinansi pusat.
Pfiffner dan Sherwood
Organisasi ialah sebagai contoh dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berinteraksi, bertatap muka, secara intim dan terikat dalam suatu kiprah yang bersifat rumit, berinteraksi satu sama yang lainnya secara sengaja, menetapkan untuk mencapai tujuan yang telah diputuskan semula secara teratur.
J. William Schulze (1949)
Organisasi merupakan penggabungan dari orang-orang, benda-benda, alat-alat perlengkapan, ruang kerja dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya, yang dikumpulkan dalam relasi yang teratur dan efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Harleigh Trecker (1950)
Pengertian organisasi ialah perbuatan atau proses mengumpulkan atau mengatur kelompok-kelompok yang saling berinterkasi dari instansi menjadi suatu keseluruhan yang bekerja.
Ralp Currier Davis (1951)
Organisasi ialah sesuatu kelompok orang-orang yang sedang bekerja ke arah tujuan bersama di bawah kepemimpinan.
John M. Pfiffner dan S. Owen Lane (1951)
Organisasi merupakan proses menghimpun pekerjaan yang orang-orang atau kelompok-kelompok harus melaksanakan dengan kekuasaan yang dibutuhkan untuk pelaksanaannya, sehingga kewajiban-kewajiban yang dilakukan demikian itu memperlihatkan saluran-saluran terbaik bagi penyelenggara perjuangan yang efisien, teratur, positif, dan terkoordinasikan.
Ernest Dale (1952)
Organisasi merupakan sebuah proses perencanaan. Ini berkaitan dengan hal menyusun, menyebarkan dan memelihara suatu struktur atau motif hubungan-hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu tubuh usaha.
John D. Millet (1954)
Arti organisasi ialah orang-orang yang bekerja sama, dengan mengandung ciri-ciri dari hubungan-hubungan insan yang tampak dari acara kelompok.
John Price Jones (1955)
Organisasi telah digambarkan sebagai sistem. Organisasi merupakan struktur dan peralatan yang tersusun dari orang-orang dan benda-benda dimana suatu perjuangan berencana yang teratur dijalankan.
William R. Spiegel & Richard H. Lansburgh (1955)
Organisasi merupakan hubungan-hubungan struktur di antara majemuk faktor dalam suatu tubuh usaha.
Dwight Waldo (1956)
Definisi organisasi yakni struktur hubungan-hubungan di antara orang-orang yang berdasarkan wewenang dan bersifat tetap dalam suatu sistem administrasi.
Luther Gulick (1957)
Organisasi ialah alat saling relasi satuan-satuan kerja yang memperlihatkan mereka kepada orang-orang yang ditempatkan dalam struktur wewenang, sehigga pekerjaan sanggup dikoordinasikan oleh perintah para atasan kepada para bawahan, yang menjangkau dari puncak hingga ke bawah dari seluruh tubuh usaha.
Herbert A. Simon, Donald W. Smithburg and Victor A. Thompson (1956)
Organisasi merupakan suatu sistem terpola perihal perjuangan kerjasama dalam setiap akseptor mempunyai peranan yang diakui untuk dijalankan dan kewajiban-kewajiban atau tugas-tugas untuk dilaksanakan.
Henry G. Hodges (1956)
Organisasi didirikan sebagai proses pembentukan bagi macam-macam tubuh usaha, suatu kerangka yang akan memperlihatkan pembagian aktivitas-aktivitas yang dilakukan serta untuk pengaturan aktivitas-aktivitas ini dalam suatu kerangka yang memperlihatkan kepentingan tingkatan mereka dalam relasi fungsional.
Oliver Sheldon (1923)
Organisasi ialah proses penggabungan pekerjaan yang para individu atau kelompok-kelompok harus melaksanakan dengan bakat-bakat yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas, sedemikan rupa, memperlihatkan jalan masuk terbaik untuk pemakaian yang efisien, sistematis, positif, dan terkoordinasi dari perjuangan yang tersedia.
Dexter Kimball dan Dexter Kimball, Jr. (1947)
Organisasi ialah santunan bagi manajemen. Ini mencakup kewajiban-kewajiban untuk merancang satuan-satuan organisasi dan pejabat yang harus melaksanakan pekerjaan, menetapkan fungsi-fungsi mereka dan merinci interaksi yang harus ada di antara satuan-satuan dan orang-orang.
Bakke
Organisasi ialah suatu sistem yang berkelanjutan dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas insan yang diberi tanggung jawab dan dikoordinasikan, sehingga membentuk suatu kumpulan tertentu yang terdiri dari manusia, material, kapital, gagasan, dan sumber daya alam ke dalam suatu keseluruhan pemecahan masalah.
Allen
Organisasi merupakan sebuah proses identifikasi dan perwujudan serta pengelompokan kerja, mendefinisikan dan perwakilan wewenang maupun tanggung jawab dan menetapkan komunikasi dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara konkret dalam menuju tujuan yang ditetapkan.
Prof. Dr. Mr Pradjodi Armosudiro
Organisasi merupakan bentuk pembagian kerja dan bentuk tata komunikasi kerja antara sekumpulan orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bahu-membahu mencapai tujuan tertentu.
Ciri Ciri Organisasi
- Sekumpulan manusia
- Memiliki tujuan bersama
- Kerja sama
- Peraturan
- Pembagian tugas
Bentuk Bentuk Organisasi
- Organisasi politik
- Organisasi sosial
- Organisasi mahasiswa
- Organisasi olahraga
- Organisasi sekolah
- Organisasi negara
- Organisasi pemuda
- Organisasi agama
Manfaat Organisasi
- Mencapai sebuah tujuan
- Melatih mental
- Memecahkan masalah
- Melatih kepemimpinan
- Memperluas relasi dan pergaulan
- Belajar menghadapi tekanan
- Mengembangkan Etos dan Disiplin
- Menambah wawasan dan pengetahuan
- Membentuk karakteristik dengan seseorang
- Mampu dalam mengatur waktu dengan baik
- Membentuk Emotional Intelegent
Tujuan organisasi secara umum
- Merealisasikan harapan dan cita cita bersama anggota organisasi.
- Mencapai hasil tamat yang diinginkan di waktu yang akan datang.
Fungsi organisasi secara umum
- Memberikan aba-aba dan pemusatan kegiatan organisasi, mengenai apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan oleh organisasi.
- Meningkatkan kemampuan anggota organsasi dalam mendapat sumber daya dan dukungan dari lingkungan masyarakat.
- Memberikan pengetahuan yang gres kepada anggotanya.
Demikianlah ulasan perihal pengertian organisasi secara umum dan berdasarkan para jago lengkap beserta ciri ciri, bentuk, manfaat, tujuan dan fungsinya. Semoga klarifikasi diatas bermanfaat dan bisa menjadi tumpuan dalam memahami apa itu organisasi secara komprehensif.
Bagikan :
Facebook
Tweet
Whatsapp