Pengertian Hasil Belajar Siswa dan Definisinya Menurut Para Ahli – Kali ini akan diulas mengenai definisi hasil berguru siswa. Jika anda melihat banyak sekali literatur, maka akan didapati bahwa ada beberapa klarifikasi mengenai apa itu arti hasil berguru siswa yang berbeda beda diantara para jago dan pakar.
Secara umum pengertian hasil berguru yaitu perubahan sikap dan kemampuan secara keseluruhan yang dimiliki oleh siswa sehabis belajar, yang wujudnya berupa kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor (bukan hanya salah satu aspek potensi saja) yang disebabkan oleh pengalaman.
Definisi hasil berguru lainnya bisa juga diartikan sebagai sesuatu yang dicapai atau diperoleh siswa berkat adanya perjuangan atau fikiran yang mana hal tersebut dinyatakan dalam bentuk penguasaan, pengetahuan dan kecakapan dasar yang terdapat dalam banyak sekali aspek kehidupan sehingga nampak pada diri indivdu penggunaan penilaian terhadap sikap, pengetahuan, kecakapan dasar dan perubahan tingkah laris secara kuantitatif.
Setelah suatu proses berguru berakhir, maka siswa memperoleh suatu hasil belajar. Hasil berguru memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Tujuan utama yang ingin dicapai dalam acara pembelajaran yaitu hasil belajar. Hasil berguru dipakai untuk mengetahui sebatas mana siswa sanggup memahami serta mengerti materi tersebut
Jadi, hasil berguru yaitu prestasi berguru yang dicapai siswa dalam proses acara berguru mengajar dengan membawa suatu perubahan dan pembentukan tingkah laris seseorang. Hasil berguru sebagai pengukuran dari penilaian acara berguru atau proses berguru dinyatakan dalam symbol, aksara maupun kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak pada periode tertentu.
Hasil berguru juga sanggup dilihat melalui acara penilaian yang bertujuan untuk mendapatkan data pembuktian yang akan memperlihatkan tingkat kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Melihat uraian diatas bisa disimpulkan pengertian hasil berguru secara umum yaitu adalah suatu hasil yang diperoleh siswa sehabis siswa tersebut melaksanakan acara berguru dan pembelajaran serta bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh seseorang dengan melibatkan aspek kognitif, afektif maupun psikomotor, yang dinyatakan dalam symbol, aksara maupun kalimat.
Hasil berguru siswa ini dipengaruhi oleh kamampuan siswa dan kualitas pengajaran. Kualitas pengajaran yang dimaksud yaitu profesionalitas dan keahlian yang dimiliki oleh guru. Artinya kemampuan dasar guru baik di bidang kognitif (intelektual), bidang sikap (afektif) dan bidang sikap (psikomotorik) sangat besar lengan berkuasa dalam memilih hasil berguru siswa.
Hasil berguru siswa juga dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu faktor internal yaitu faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar. Faktor internal ini meliputi faktor jasmaniah dan faktor psikologis. Lalu ada faktor eksternal yaitu faktor yang ada di luar individu. Faktor eksternal meliputi faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat.
Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli
Dan untuk lebih jelasnya simak klarifikasi dan pengertian hasil berguru berdasarkan para jago pendidikan berikut ini :
Menurut Bloom (Supriono,2009:6-7)
Definisi hasil berguru meliputi kemampuan kognitf, afektif, dan psikomotorik. Domain kognitif yaitu knowledge (pengetahuan, ingatan), comprehension (pemahaman, menjelaskan, meringkas, contoh), application (menerapkan), analysis (menguraikan, memilih hubungan), synthesis (mengorganisasikan, merencanakan, membentuk bangunan baru), dan evaluation (menilai). Domain efektif yaitu receiving (sikap menerima), responding (memberikan respons), valuing (nilai), organitation (organisasi), characterization (karakterisasi). Domain psikomotor meliputi initiatory, pre-routine, dan rountinized. Psikomotor juga meliputi keterampilan produktif, teknik, fisik, sosial, manajerial, dan intelektual.
Menurut Sudjana, (2004 : 22)
Pengertian hasil berguru yaitu kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa sehabis mendapatkan pengalaman belajarnya .
Menurut W. Winkel (dalam buku Psikologi Pengajaran 1989:82)
Definisi hasil berguru dalah keberhasilan yang dicapai oleh siswa, yakni prestasi berguru siswa di sekolah yang mewujudkan dalam bentuk angka.
Menurut Lindgren (Supriono,2009:7)
Hasil pembelajaran meliputi kecakapan, informasi, pengertian, dan sikap.”
Menurut Winarno Surakhmad (dalam buku, Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Jemmars, 1980:25)
Hasil berguru siswa bagi kebanyakan orang berarti ulangan, ujian atau tes. Maksud ulangan tersebut ialah untuk memperoleh suatu indek dalam memilih keberhasilan siswa.
Menurut Suprijono (2013:7)
Pengertian hasil berguru yaitu perubahan sikap secara keseluruhan bukan hanya salah satu aspek potensi kemanusiaan saja.
Menurut Jihad dan Haris (2012:14)
Pengertian hasil berguru merupakan pencapaian bentuk perubahan sikap yang cenderung menetap dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotoris dari proses berguru yang dilakukan dalam waktu tertentu.
Hamalik (2004: 31)
Definisi hasil berguru yaitu pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengetahuan-pengetahuan, sikap-sikap, apresiasi, abilitas, dan keterampilan.
Menurut Dimyati dan Mudjiono (2013: 3)
Definisi hasil berguru merupakan hasil dari suatu interaksi tindak berguru dan tindak mengajar. Dari sisi guru, tindak mengajar diakhiri dengan proses penilaian hasil belajar. Dari sisi siswa, hasil berguru merupakan berakhirnya penggal dan puncak proses belajar.
Menurut Hamalik (2004: 49)
Mendefinisikan hasil berguru sebagai tingkat penguasaan yang dicapai oleh pelajar dalam mengikuti proses berguru mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan.
Menurut Winkel (2009)
Mengemukakan bahwa hasil berguru adalah bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh seseorang.
Menurut Susanto (2013: 5)
Pengertian hasil berguru yaitu perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
Menurut Nawawi (dalam Susanto, 2013: 5)
Hasil berguru sanggup diartikan sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil tes mengenal sejumlah materi pelajaran tertentu.
Menurut Djamarah Dan Zain (2006)
Pengertian hasil berguru ialah apa yang diperoleh siswa sehabis dilakukan aktifitas belajar.
Menurut Mulyasa (2008)
Hasil berguru ialah prestasi berguru siswa secara keseluruhan yang menjadi indikator kompetensi dan derajat perubahan prilaku yang bersangkutan. Kompetensi yang harus dikuasai siswa perlu dinyatakan sedemikian rupa semoga sanggup dinilai sebagai wujud hasil berguru siswa yang mengacu pada pengalaman langsung.
Menurut Nana Sudjana (2009: 3)
Mendefinisikan hasil berguru siswa pada hakikatnya ialah perubahan tingkah laris sebagai hasil berguru dalam pengertian yang lebih luas meliputi bidang kognitif, afektif dan psikomotorik.
Menurut Benjamin S. Bloom (Dimyati Dan Mudjiono, 2006: 26-27)
Yang dalam hal menyebutkan 6 jenis sikap ranah kognitif sebagai berikut :
- Pengetahuan, mencapai kemampuan ingatan tengtang hal yang telah dipelajari dan tersimpan dalam ingatan. Pengetahuan itu berkenaan dengan fakta, peristiwa, pengertian kaidah, teori, prinsip atau metode.
- Pemahaman, meliputi kemampuan menangkap arti dan makna perihal hal yang dipelajari.
- Penerapan, meliputi kemampuan menerapkan metode dan kaidah untuk menghadapi dilema yang kasatmata dan gres contohnya memakai prinsip.
- Analisis meliputi kemampuan merinci suatu kesatuan ke dalam bagian-bagian sehingga struktur keseluruhan sanggup dipahami dengan baik, contohnya mengurangi dilema menjadi potongan yang telah kecil.
- Sintesis, meliputi kemampuan membentuk suatu pola baru, contohnya kemampuan menyusun suatu program.
- Evaluasi meliputi kemampuan membentuk pendapat perihal beberapa hal berdasarkan kriteria tertentu, contohnya kemampuan menilai hasil ulangan.
Demikianlah artikel perihal pengertian hasil berguru siswa dan definisinya berdasarkan para jago lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tumpuan pengetahuan dalam memahami apa arti hasil berguru yang benar.
Bagikan :
Facebook
Tweet
Whatsapp