Sunday, December 3, 2017

√ Perbedaan Cd Dan Dvd

Keberadaan DVD maupun CD sangat membantu proses suatu penyimpanan data walaupun kini sudah mulai tidak booming lagi, alasannya sudah mulai tergeser oleh penyimpanan-penyimpanan data lainnya, menyerupai flasdisk, hardisk, dll.

semua yang telah memakai DVD atau CD niscaya sudah tidak aneh lagi apa itu yang namanya CD atau DVD,  kini ini Kehadiran DVD mulai menggeser CD.
namun apakah anda tahu bahwa antara DVD dan CD ada perbedaanya? Berikut ini ialah pengertian dan perbedaan antara DVD dan CD :


CD R

ini ialah kawasan penyimpanan data yang mempunyai kapasitas cuma 700MB (mega byte), kecil kan,


CD RW

kapasitas penyimpanannya sama dengan CD R, namun yang membedakan antara CD R Dan CD RW yaitu jikalau anda menyimpan data didalam CD R maka data tersebut tidak bisa dihapus lagi/ data yang terdapat didalam CD R tersebut sudah permanen.
sedangkan CD RW data yang kita simpan bisa sewaktu-waktu kita hapus.


DVD R

ini sama dengan CD R, cuman yang membedakan yaitu di DVD R mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar 4,6Gb.


DVD RW

kawasan penyimpanan data dengan kapasitas sekitar 4,6GB (lumayan besar kan kalau dibandingkan dengan CD R atau CD RW). 
Yang membedakan antara DVD R dan DVD RW ialah hanya dari segi penyimpanan data. Kalau di DVD R data yang tersimpan tidak bisa dihapus ( telah tersimpan dengan permanen ). 
Sedangkan DVD RW data yang tersimpan masih sanggup seaktu-waktu dihapus. Harganya juga berbeda, dan jarak antaran harganya tidak terlalu jauh.


CD ROM VS DVD ROM


CD ROM

merupakan sebuah Hardware yang dipakai untuk membaca data media CD atau data yang tersimpan didalam sebuah CD.
CD ROM mempunyai arti bahwa sebuah Hadware yang hanya bisa membaca CD saja. Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga dipakai untuk melaksanakan penginstalasian sebuah OS (Operating System), Game, atau Software-software lainnya. atau melaksanakan booting pada ketika msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan.



DVD ROM

yaitu Digital Versatile Disc. DVD sendiri hampir sama dengan CD ROM, akan tetapi DVD memiliki 
kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan CD. DVD ROM sanggup memainkan piringan dari DVD yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan lebih baik dibandingkan dengan belahan CD. Kepingan DVD biasanya mempunyai kapasitas penyimpanan sekitar 4 GB. 


fungsi DVD ROM Drive

Drive berarti pelopor atau pemutar. DVD ROM DRIVE berarti pelopor atau pemutar pada sebuah DVD ROM.
perangkat ini mempunyai bentuk fisik yang sama persis menyerupai CD ROM DRIVE akan tetapi mempunyai fungsi yang berbeda fungsi DVD ROM DDRIVE ialah untuk membaca data atau aktivitas pada DVD.

Dalam DVD ada dua bab format yang sangat penting, yaitu Physical Formats (Format Fisik) dan Application Format  (Format aplikasi). Yang dimaksud dengan format fisik ialah DVD ROM, DVD-R/RW, DVD+R/RW, dan DVD-RAM. Format ini memiliki  kelebihan dan kekurangan masing-masing. 
Sedangkan yang dimaksud dengan format aplikasi adalah, DVD video yang disebut DVD juga kemudian ada yang disebut DVD Audio, DVD Stream Recording dan ada juga yang disebut Super Audio CD (SACD). 
Selain itu ada juga format aplikasi yang dipergunakan khusus untuk Games menyerupai Microsoft Xbox, Sony Play-Station 2.

mungkin hanya itu saja yang sanggup aku jelaskan mengenai wacana pengertian dan fungsi CD Room dan DVD Rom.


Sumber http://www.sharingse.net/