Sunday, December 3, 2017

√ Nama-Nama Bulan Dalam Bahasa Inggris Dan Rujukan Kalimatnya

Nama-nama bulan dalam bahasa Inggris – Terdapat 12 hari yang ada dalam 1 tahun. Apa saja nama-nama bulan? Kita mungkin tahu bahwa nama-nama bulan dalam bahasa Indonesia yaitu Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November dan Desember. Namun apakah kau hafal nama-nama bulan dalam bahasa Inggris?


Dalam 1 bulan terdapat 30 atau 31 hari, kecuali Februari dengan 28 hari (saat tahun kabisat 29 hari). Bulan dengan jumlah 31 hari yaitu Januari, Maret, Mei, Juli, Agustus, Oktober dan Desember. Sedangkan bulan dengan jumlah 30 hari yaitu April, Juni, September dan November. Bulan pertama yaitu Januari, sedangkan bulan terakhir yaitu Desember.


Bulan dalam sistem penanggalan merupakan satuan waktu menurut pergerakan bulan. Total waktu 12 bulan akan membentuk 1 tahun yang merupakan waktu revolusi Bumi, yaitu waktu berputarnya Bumi pada matahari yakni 365 hari (366 hari dikala tahun kabisat).


Bahasa Inggris dari nama-nama bulan termasuk sangat dasar alasannya yaitu banyak orang yang sudah tahu dan hafal. Pelajaran ini sudah diajarkan semenjak tingkat SD atau bahkan TK. Meski begitu masih banyak yang belum tahu alasannya yaitu memang banyak bahasa Inggris nama bulan yang hampir sama, tapi cara pengucapannya berbeda.


Dalam artikel ini akan lebih dijelaskan nama-nama bulan dalam bahasa Inggris, termasuk ejaannya, cara membacanya serta rujukan kalimat. Pelajaran ini tidak hanya untuk belum dewasa yang gres mencar ilmu bahasa Inggris saja, namun sanggup bagi orang lain yang mungkin masih belum tahu.


(baca juga nama-nama hari dalam bahasa Inggris)


nama bulan dalam bahasa Indonesia yaitu Januari √ Nama-Nama Bulan dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya


Nama-Nama Bulan dalam Bahasa Inggris







































































Bulan ke-Bahasa IndonesiaBahasa Inggris
1JanuariJanuary
2FebruariFebruary
3MaretMarch
4AprilApril
5MeiMay
6JuniJune
7JuliJuly
8AgustusAugust
9SeptemberSeptember
10OktoberOctober
11NopemberNovember
12DesemberDecember


Berikut pembahasan satu per satu mengenai nama-nama bulan dlm bahasa Inggris beserta cara membaca, penjelasan, abreviasi dan rujukan kalimatnya dalam percakapan sehari-hari.


1. Januari = January


Bulan Januari yaitu bulan pertama dalam kalender Masehi. Terdapat 31 hari dalam bulan Januari. Bahasa Inggris Januari yaitu January. Hampir sama memang, hanya perubahan karakter ‘i’ di selesai kata menjadi ‘y’. Cara membaca dan pengucapan kata January adalah /ˈdʒanjʊ(ə)ri/.


Contoh kalimat : Roni was born in January.


2. Februari = February


Bulan Februari yaitu bulan kedua dalam kalender Masehi. Terdapat 28 hari dalam bulan Februari, kecuali dikala tahun kabisat ada 29 hari. Bahasa Inggris Februari yaitu February. Sama dengan Januari, perbedaannya hanya ada di bab selesai kata saja. Cara membaca dan pengucapan kata February yaitu /ˈfɛbrʊəri/.


Contoh kalimat : Michael got married in February.


3. Maret = March


Bulan Maret yaitu bulan ketiga dalam kalender Masehi. Terdapat 31 hari dalam bulan Maret. Bahasa Inggris Maret yaitu March. Cara membaca dan pengucapan kata March yaitu /mɑːtʃ/.


Contoh kalimat : March is the third month of the year.


4. April = April


Bulan April yaitu bulan keempat dalam kalender Masehi. Terdapat 30 hari dalam bulan April. Bahasa Inggris April yaitu April. Artinya secara tulisan, bahasa Inggris April sama dengan bahasa Indonesianya, meski cara pengucapannya berbeda. Cara membaca dan pengucapan kata April yaitu /ˈeɪpr(ɪ)l/.


Contoh kalimat : I will travel to Bali in April.


5. Mei = May


Bulan Mei yaitu bulan kelima dalam kalender Masehi. Terdapat 31 hari dalam bulan Mei. Bahasa Inggris Mei yaitu May. Cara membaca dan pengucapan kata May yaitu /meɪ/.


Contoh kalimat : My birthday is on 18th of May.


6. Juni = June


Bulan Juni yaitu bulan keenam dalam kalender Masehi. Terdapat 30 hari dalam bulan Juni. Bahasa Inggris Juni yaitu June. Cara membaca dan pengucapan kata June yaitu /dʒuːn/.


Contoh kalimat : He will staying on Makassar until June.


7. Juli = July


Bulan Juli yaitu bulan ketujuh dalam kalender Masehi. Terdapat 31 hari dalam bulan Juli. Bahasa Inggris Juli yaitu July. Cara membaca dan pengucapan kata July yaitu /dʒʊˈlʌɪ/.


Contoh kalimat : Who wants to go with me on July?


8. Agustus = August


Bulan Agustus yaitu bulan kedelapan dalam kalender Masehi. Terdapat 31 hari dalam bulan Agustus. Bahasa Inggris Agustus yaitu August. Cara membaca dan pengucapan kata August yaitu /ɔːˈɡʌst/.


Contoh kalimat : In August, the weather is so hot.


9. September = September


Bulan September yaitu bulan kesembilan dalam kalender Masehi. Terdapat 30 hari dalam bulan September. Bahasa Inggris September yaitu September. Artinya secara tulisan, bahasa Inggris September sama dengan bahasa Indonesianya, meski cara pengucapannya berbeda. Cara membaca dan pengucapan kata September yaitu /sɛpˈtɛmbə/.


Contoh kalimat : Riana was born in September.


10. Oktober = October


Bulan Oktober yaitu bulan kesepuluh dalam kalender Masehi. Terdapat 31 hari dalam bulan Oktober. Bahasa Inggris Oktober yaitu October. Cara membaca dan pengucapan kata October yaitu /ɒkˈtəʊbə/.


Contoh kalimat : The final exam will be held in October.


11. Nopember = November


Bulan Nopember yaitu bulan kesebelas dalam kalender Masehi. Terdapat 30 hari dalam bulan Nopember. Bahasa Inggris Nopember yaitu November. Cara membaca dan pengucapan kata November yaitu /nə(ʊ)ˈvɛmbə/.


Contoh kalimat : Putri will held a birthday party in November.


12. Desember = December


Bulan Desember yaitu bulan keduabelas dalam kalender Masehi. Terdapat 31 hari dalam bulan Desember. Bahasa Inggris Desember yaitu December. Cara membaca dan pengucapan kata December yaitu /dɪˈsɛmbə/.


Contoh kalimat : December is the last month of the year.


Nah demikian referensi nama-nama bulan dalam bahasa Inggris lengkap beserta klarifikasi cara pengucapannya serta penggunaannya dalam rujukan kalimat. Tidak sulit menghafal bahasa Inggris nama-nama bulan alasannya yaitu memang ejaannya hampir sama dengan versi bahasa Indonesianya.




Sumber https://www.zonareferensi.com