Sunday, December 10, 2017

√ Pengertian Teks Eksposisi Beserta Ciri-Ciri, Struktur Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian teks eksposisi – Teks eksposisi merupakan salah satu jenis paragraf dan teks artikel. Definisi teks eksposisi ialah karangan yang memaparkan informasi dan penjelasan tertentu. Kali ini akan dibahas mengenai arti, jenis-jenis, struktur dan ciri-ciri teks eksposisi.














Teks eksposisi menjadi salah satu jenis-jenis paragraf dilihat dari isinya. Paragraf eksposisi bersifat fakta, positif dan Ilmiah atau sanggup dikatakan teks non fiksi. Teks eksposisi memakai bahasa baku yang gampang dipahami dengan gaya bahasa yang lugas dan jelas.


Tujuan teks eksposisi ialah untuk memaparkan atau menjelaskan informasi tertentu pada pembaca. Dengan membaca teks eksposisi, pembaca akan menerima pengetahuan dan wawasan dengan detail, rinci dan terperinci akan suatu hal atau kejadian.


(baca juga pengertian artikel)


 Teks eksposisi merupakan salah satu jenis paragraf dan teks artikel √ Pengertian Teks Eksposisi Beserta Ciri-Ciri, Struktur dan Jenis-Jenisnya


Pengertian Teks Eksposisi


Apa itu teks eksposisi? Pengertian eksposisi secara umum adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memperlihatkan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat dan padat.


Arti Teks Eksposisi Menurut KBBI


Pengertian karangan eksposisi berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah uraian atau paparan yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan, contohnya suatu karangan.


Definisi Teks Eksposisi Menurut Para Ahli


Di bawah ini merupakan beberapa arti eksposisi berdasarkan para hebat bahasa dan sastra beserta penjelasan lengkapnya berikut ini.














Menurut Gorys Keraf


Pengertian eksposisi berdasarkan Keraf ialah bentuk wacana yang berusaha menguraikan objek sehingga memperluas pandangan atau pengetahuan pembaca. Tujuan utamanya ialah memberitahuakan dan memberi informasi mengenai suatu objek tertentu.


Menurut Alwasilah


Definisi eksposisi ialah menyatakan bahwa eksposisi ialah goresan pena yang tujuan utamanya mengklarifikasi, menjelaskan, mendidik atau mengevaluasi sebuah persoalan. Tujuannya memberi informasi atau memberi kepada pembaca.


Menurut Nasucha


Arti eksposisi berdasarkan Nasucha bertujuan memaparkan, menjelaskan, memberikan informasi, mengajarkan, dan mengambarkan sesuatu tanpa disertai usul atau desakan biar pembaca mendapatkan atau mengikutinya. Paragraf eksposisi biasanya dipakai untuk menyajikan pengetahuan dan proses terjadinya sesuatu.


Menurut Merriam-Webster Dictionary


Definisi teks eksposisi berdasarkan kamus Merriam-Webster ialah susunan kata yang berperan dalam mengambarkan sesuatu (explaining something).


Ciri-Ciri Teks Eksposisi


Terdapat unsur-unsur teks eksposisi yang khas, mencakup ciri dan karakteristik teks eksposisi ibarat gaya bahasa dan isinya. Berikut merupakan unsur dan ciri-ciri teks eksposisi selengkapnya.



  • Menggunakan gaya bahasa yang persuasif atau mengajak

  • Menggunakan teks yang terperinci dan lugas

  • Menggunakan bahasa yang baku

  • Menjabarkan informasi-informasi pengetahuan

  • Bersifat netral dan objektif

  • Bersifat tidak memihak dan tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembaca

  • Menyertakan data-data yang valid dan akurat

  • Menyajikan fakta yang sebagai alat konkritasi dan kontribusi

  • Isinya menjawab pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana


Jenis-Jenis Teks Eksposisi


Terdapat beberapa macam-macam teks eksposisi kalau dilihat dari isi teksnya. Berikut ialah jenis-jenis teks eksposisi dan pengertiannya lengkap.














1. Teks Eksposisi Definisi


Pengertian teks eksposisi definisi ialah paragraf eksposisi yang memaparkan mengenai definisi atau pengertian suatu topik tertentu


2. Teks Eksposisi Proses


Pengertian teks eksposisi proses ialah paragraf yang berisi tahapan-tahapan atau cara-cara untuk melaksanakan sesuatu dari awal sampai akhir.


3. Teks Eksposisi Ilustrasi


Pengertian teks eksposisi ilustrasi ialah paragraf yang menyajikan informasi atau penjelasan dengan memberi citra yang sederhana mengenai suatu topik dengan topik lainnya yang memiliki kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal-hal tertentu.


4. Teks Eksposisi Laporan


Pengertian teks eksposisi laporan ialah paragraf eksposisi yang mengemukakan laporan dari sebuah insiden atau penelitian tertentu.


5. Teks Eksposisi Perbandingan


Pengertian teks eksposisi perbandingan ialah paragraf eksposisi yang inspirasi atau gagasan utamanya dipaparkan dengan cara membandingkan dengan yang lain.


6. Teks Eksposisi Pertentangan


Pengertian teks eksposisi kontradiksi ialah paragraf eksposisi yang berisi mengenai hal kontradiksi akan suatu hal dengan hal lainnya.


7. Teks Eksposisi Berita


Pengertian teks eksposisi informasi ialah paragraf eksposisi yang memberikan informasi dari suatu kejadian, sering dijumpai dalam informasi atau surat kabar.


8. Teks Eksposisi Analisis


Pengertian teks eksposisi analisis ialah paragraf eksposisi yang memisahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian, lalu melaksanakan pengembangan secara berurutan.


Struktur Teks Eksposisi


Secara umum terdapat 3 struktur teks eksposisi yang mencakup pernyataan pendapat atau tesis, argumentasi serta penegasan ulang pendapat. Berikut ialah 3 struktur teks eksposisi dan pengertiannya.


1. Pernyataan Pendapat (Tesis)


Pernyataan pendapat atau tesis merupakan bab teks yang berisikan pernyataan pendapat (tesis) penulis. disebut juga bab pembuka.


2. Argumentasi


Pengertian argumentasi merupakan bab yang memuat alasan yang sanggup memperkuat argumen penulis dalam memperkuat ataupun menolak suatu gagasan.


3. Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration)


Penegasan ulang pendapat atau disebut juga sebagai reiteration ialah bab dari teks eksposisi yang berisi penegasan ulang pendapat penulis.


Nah demikian acuan mengenai pengertian eksposisi, ciri-ciri teks eksposisi, jenis-jenis teks eksposisi serta struktur teks eksposisi. Semoga sanggup menambah wawasan.















Sumber https://www.zonareferensi.com