Monday, December 11, 2017

√ Pengertian Syair Beserta Ciri-Ciri Dan Pola Syair [Lengkap]

Pengertian syair – Apa itu syair? Syair merupakan bentuk puisi usang yang menggunakan bahasa kiasan dan indah dengan pilihan diksi dan majas metafora. Syair hampir menyerupai dengan pantun atau puisi, namun secara umum berbeda. Lantas apa bahwasanya pengertian dan arti syair itu sendiri?














Syair termasuk dalam jenis-jenis puisi lama. Beberapa ciri-ciri syair di antaranya yaitu terdiri dari 4 baris, bersajak a-a-a-a, semuanya ialah isi syair serta menggunakan bahasa kiasan. Syair biasanya dibacakan dengan musikalisasi atau dilagukan supaya terdengar lebih indah.


Proses penghayatan dalam pembacaan syair juga penting untuk memberikan isi syair secara keseluruhan. Secara umum syair berbeda dengan pengertian puisi, meski keduanya sama-sama menggunakan bahasa kiasan dan sering menggunakan majas metafora. Syair juga berbeda dengan pantun atau gurindam.


 Syair merupakan bentuk puisi usang yang menggunakan bahasa kiasan dan indah dengan pilihan √ Pengertian Syair Beserta Ciri-Ciri dan Contoh Syair [Lengkap]


Pengertian Syair


Nah berikut ini akan dijelaskan pengertian syair berdasarkan KBBI dan definisinya secara umum beserta hal-hal yang membedakan syair dengan karya sastra lain menyerupai pantun, puisi dan gurindam.


Arti Syair Menurut KBBI


Pengertian syair berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah puisi usang yang tiap-tiap bait terdiri atas empat larik (baris) yang berakhir dengan suara yang sama. Syair juga dapat diartikan sebagai sajak atau puisi.


Definisi Syair Secara Umum


Pengertian syair secara umum ialah salah satu jenis puisi dimana kata syair berasal dari bahasa Arab ‘syu’ur yang berarti ‘perasaan’. Kata syu’ur berkembang menjadi kata ‘syi’ru‘ yang berarti ‘puisi’ dalam pengertian umum. Syair dalam kesusastraan Melayu merujuk pada pengertian puisi secara umum. Namun dalam perkembangannya mengalami perubahan makna sehingga sesuai dengan keadaan dan situasi yang terjadi.


Perbedaan Syair dan Pantun


Apa perbedaan syair dan pantun? Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan pantun dan syair, di antaranya ialah sebagai berikut :



























  • Syair bersajak a-a-a-a, sedangkan pantun bersajak a-b-a-b atau a-a-a-a

  • Semua bab syair ialah isi, sedangkan pantun terdiri dari sampiran dan isi

  • Isi syair cenderung ihwal kisah atau nasehat, sedangkan isi pantun dapat berupa jenaka

  • Penggunaan bahasa pada syair harus sama, sedangkan pantun dapat menggunakan bahasa yang bercampur-campur


(baca juga pengertian pantun)


Perbedaan Syair dan Puisi


Apa perbedaan syair dan puisi? Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan puisi dan syair, di antaranya ialah sebagai berikut :



  • Syair cenderung menggunakan bahasa melayu lama, sedangkan puisi umumnya menggunakan bahasa Indonesia

  • Syair masih berupa puisi lama, sedangkan puisi cenderung lebih modern sesuai zaman


Perbedaan Syair dan Gurindam


Apa perbedaan syair dan pantun? Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan pantun dan syair, di antaranya ialah sebagai berikut :



  • Syair terdiri dari 4 baris, sedangkan gurindam terdiri dari 2 baris

  • Semua baris pada syair ialah isi, sedangkan isi gurindam ada pada baris kedua

  • Syair bersajak a-a-a-a, sedangkan gurindam bersajak a-a, b-b, c-c dan seterusnya


Contoh Syair


Dengarlah wahai anakanda

Rajinlah mencar ilmu sepanjang masa

Ilmu tiada pernah habis dieja

sebagai bekal sepanjang usia


(Bait 2)

Dengan ilmu engkau terjaga

Dari suramnya waktu dan masa

Cemerlang akan senantiasa

Menyinari dirimu di masa dewasa


Nah demikianlah tumpuan pembahasan mengenai pengertian syair, ciri-ciri syair serta perbedaan syair dengan pantun, puisi atau gurindam selengkapnya. Semoga dapat menambah wawasan dan tumpuan mengenai arti dan definisi syair secara umum.















Sumber https://www.zonareferensi.com