Friday, December 15, 2017

√ Pengertian Puisi Berdasarkan Para Hebat Dan Definisi Puisi Secara Umum

Pengertian puisi berdasarkan para ahli – Apa yang dimaksud dengan puisi? Pengertian puisi secara umum ialah bentuk karya sastra yang terikat oleh irama, rima dan penyusun bait dan baris dengan pemilihan kata yang indah. Ada banyak macam-macam dan jenis-jenis puisi yang ada, namun secara umum arti dan definisi puisi hampir sama tiap jenisnya.


Definisi puisi secara umum adalah suatu bentuk karya sastra ungkapan ekspresi dan perasaan penyair dengan bahasa yang  menggunakan irama, rima, matra, bait dan penyusunan lirik yang berisi makna. Arti puisi sering dikemukakan oleh para jago dan juga tertera dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).


Terdapat beberapa unsur-unsur puisi yang berupa struktur fisik di antaranya ialah diksi, imaji, gaya bahasa, kata konkret, perwajahan puisi serta rima atau irama. Adapun struktur batin puisi terdiri dari tema, rasa, nada dan tujuan. Hal ini menjadi penting dan hampir selalu ditemui dalam setiap rujukan puisi yang ada.


Secara umum ada dua jenis-jenis puisi, yakni puisi usang dan puisi baru. Pengertian puisi usang ialah karya sastra puisi yang masih terikat dalam banyak sekali hukum contohnya jumlah bait dan baris serta irama di final kalimat. Beberapa rujukan puisi usang contohnya ialah pantun, seloka, gurindam dan talibun.


Sementara pengertian puisi gres lebih bebas alasannya ialah tidak terikat dengan kaidah hukum yang ada. Artinya penyair bisa menuangkan ekspresi dalam karya puisi dengan lebih bebas dan masih masuk definisi puisi itu sendiri. Musikalisasi puisi juga penting selain penyusunan syair puisi.


 Pengertian puisi secara umum ialah bentuk karya sastra yang terikat oleh irama √ Pengertian Puisi Menurut Para Ahli dan Definisi Puisi Secara Umum


Pengertian Puisi


Apa itu puisi? Di bawah ini akan dijelaskan pengertian puisi secara umum serta pengertian puisi berdasarkan para ahli. Tiap jago mempunyai pendapat berbeda mengenai definisi puisi, begitu pula dengan arti puisi yang tertera dalam KBBI. Meski begitu kurang lebih klarifikasi dan hakikatnya hampir sama dan sejalan.


Pengertian Puisi Secara Umum


Secara umum pengertian puisi sanggup diartikan sebagai sebuah karya sastra yang mengandung unsur irama, ritma, diksi, lirik dan memakai kata kiasan dalam setiap baitnya untuk membuat estetika bahasa yang padu. Puisi merupakan karya sastra yang berasal dari hasil perasaan dan ekspresi yang diungkapankan oleh penyair.


Macam-macam puisi terbagi menjadi dua, yaitu puisi usang dan puisi gres atau puisi modern. Puisi usang masih terikat dengan jumlah baris, bait dan rima atau sajak. Sedangkan puisi modern tidak terikat pada bait, jumlah baris, atau sajak dalam penulisannya. Oleh alasannya ialah itu puisi gres atau puisi modern disebut sebagai puisi bebas.


Menurut Wikipedia


Definisi puisi berdasarkan Wikipedia Indonesia adalah sebuah seni tertulis dimana penyair memakai bahasa untuk menambah kualitas estetis pada makna semantis.


Menurut Balai Pustaka


Pengertian puisi berdasarkan Balai Pustaka ialah gubahan bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran akan pengalaman membangkitkan jawaban khusus lewat penataan bunyi, irama dan makna khusus.


Arti Puisi Menurut Bahasa


Pengertian puisi berdasarkan bahasa berasal dari kata dalam bahasa Yunani Kuno yaitu poieo atau pocima. Dalam bahasa Inggris kata tersebut sanggup diartikan I create atau saya membuat. Secara singkat definisi puisi ialah seni tertulis yang dibentuk oleh manusia.


Definisi Puisi Menurut KBBI


Pengertian puisi berdasarkan KBBI adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Definisi puisi juga bisa diartikan sebuah sajak atau gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan jawaban khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus.


Pengertian Puisi Menurut Para Ahli


Di bawah ini merupakan beberapa definisi dan pengertian puisi berdasarkan para ahli, baik jago sastra asal Indonesia maupun dari luar negeri.


Menurut Aminuddin


Menurut Aminuddin, arti puisi berasal dari kata bahasa Yunani yaitu pocima yang berarti membuat atau poeisis yang berarti pembuatan. Puisi diartikan sebagai proses membuat dan pembuatan alasannya ialah lewat puisi, intinya seseorang telah membuat suatu dunia tersendiri, yang berisi pesan atau citra suasana tertentu, baik fisik maupun batin.


Menurut Hudson


Arti puisi berdasarkan Hudson ialah salah satu cabang sastra yang memakai kata-kata sebagai media penyampaian untuk membuahkan delusi dan imajinasi, mirip halnya lukisan yang memakai garis dan warna dalam menggambarkan gagasan pelukisnya.


Menurut Aristoteles


Pengertian puisi berdasarkan Aristoteles ialah fragmen yang ada penyair yang menggambarkan tiga genre puisi ialah epik, komik, yang tragis dan mengembangkan hukum untuk membedakan puisi kualitas tertinggi setiap genre, berdasarkan tujuan yang mendasari genre.


Menurut William Shakespeare


Pengertian puisi berdasarkan William Shakespeare ialah puisi lirik alasannya ialah membingungkan banyak sekali bentuk, mirip perbuatan rumit dengan emosi sendiri dan pandangan penulis.


Menurut Parrine


Pengertian puisi berdasarkan Parrine merupakan bentuk sastra yang paling padat dan terkonsentrasi. Kepadatan komposisi tersebut ditandai dengan pemakaian sedikit kata, namun mengungkap lebih banyak hal.


Menurut Sumardi


Pengertian puisi berdasarkan Sumardi ialah karya sastra dengan bahasa yang dipersingkat, dipadatkan bahasanya dan diberi irama sesuai bunyi yang padu dengan pemilihan kata kiasan yang bersifat imajinatif.


Menurut Herman Waluyo


Definisi puisi berdasarkan pendapat Herman Waluyo sanggup diartikan sebagai karya sastra tertulis yang paling awal ditulis insan dalam sejarah serta sebagai bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dalam sebuah struktur fisik dan batinnya.


Menurut Najid


Najid mendefinisikan puisi termasuk salah satu bentuk karya sastra. Puisi ialah jenis sastra imajinatif yang mengutamakan unsur fiksionalitas, nilai seni dan rekayasa bahasa.


Menurut Daniel Ward


Definisi puisi berdasarkan pendapat dari Daniel Ward diartikan sebagai kenikmatan dalam menonton teater dengan agresi panggung yang spektakuler.


Menurut Shahnon Ahmad


Pengertian puisi berdasarkan pendapat jago Shahnon Ahmad merupakan unsur-unsur berupa emosi, imajinasi, pemikiran, ide, nada, irama, kesan panca indera, susunan kata, kata kiasan, kepadatan dan perasaan yang bercampur baur.


Menurut Thomas Carlye


Thomas Carlye mengemukakan pendapat bahwa pengertian puisi secara umum ialah ungkapan pikiran yang disampaikan secara musikalisasi.


Menurut Pradopo


Arti puisi berdasarkan Pradopo merupakan sebuah rekaman dan interpretasi pengalaman insan yang penting, diubah dalam wujud yang paling berkesan.


Menurut Herbert Spencer


Pengertian puisi sesuai dengan pendapat Herbert Spencer yaitu bentuk pengucapan gagasan yang bersifat emosional dengan mempertimbangkan keindahan.


Menurut Harold Bloom


Menurut Harold Bloom, puisi intinya merupakan sebuah bahasa kiasan, terkonsentrasi sehingga menjadi bentuk ekspresif dan menggugah.


Menurut Shelley


Puisi ialah rekaman detik-detik yang paling indah dalam hidup mirip peristiwa-peristiwa yang sangat mengesankan dan menjadikan keharuan yang besar lengan berkuasa mirip kebahagiaan, kegembiraan yang memuncak, bahkan kesedihan alasannya ialah final hidup orang yang sangat dicintai.


Menurut Paul Valery


Definisi puisi berdasarkan Paul Valery merupakan sebuah seni yang didasarkan pada bahasa, namun puisi mempunyai makna yang lebih umum yang sulit untuk menentukannya. Puisi juga bertujuan mengungkapkan keadaan pikiran tertentu


Menurut Ratih Mihardja


Pengertian puisi sanggup diartikan sebagai sebuah seni tertulis dimana bahasa dipakai untuk kualitas estetiknya untuk embel-embel atau selain arti semantiknya.


Menurut Zulfahnur


Puisi ialah ekspresi pengalaman batin dan jiwa seseorang ihwal kehidupan manusia, alam dan Tuhan dengan media bahasa yang indah yang secara terpadu dan utuh dipadatkan kata-katanya, disusun dalam bentuk teks.


Menurut James Reeves


Menurut pendapat dari James Reeves, definisi puisi ialah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh dengan daya pikat pemilihan kata.


Menurut Watt-Dunton


Puisi sanggup diartikan sebagai suatu ekpresi yang kongkret dan yang sifatnya artistik dari sebuah pikiran insan dalam bahasa emosional dan berirama.


Menurut Edgar Allan Poe


Pengertian puisi merupakan ciptaan ihwal sesuatu keindahan dalam bentuk berirama dimana cita rasa ialah unsur yang diutamakan.


Menurut Samuel Taylor Coleridge


Pengertian puisi merupakan kata-kata yang terindah dalam susunan terindah. Penyair menentukan kata-kata yang setepatnya dan disusun secara sebaik-baikna, contohnya seimbang, simetris, antara satu unsur dengan unsur lain sangat akrab hubungannya dan sebagainya.


Menurut Samad Said


Pengertian puisi merupakan suatu pernyataan dan pandangan hidup seorang penyair yang memandang sesuatu insiden alam dengan ketajaman perasaannya.


Menurut Wallace Steven


Pengertian puisi berdasarkan pendapat dari Wallace Steven merupakan sebuah kenikmatan dalam kata dengan sarana kata-kata.


Menurut Dresden


Pengertian puisi berdasarkan Dresden ialah sebuah dunia dalam kata. Isi yang terkandung di dalam puisi merupakan cerminan pengalaman, pengetahuan dan perasaan penyair yang membentuk sebuah dunia berjulukan puisi.


Menurut William Wordsworth


Pengertian puisi berdasarkan pendapat William Wordsworth ialah peluapan yang impulsif dari perasaan-perasaan yang penuh daya, memperoleh asalnya dari emosi atau rasa yang dikumpulkan kembali dalam kedamaian.


Menurut H.B. Jassin


H.B. Jassin beropini bahwa arti puisi secara umum yaitu suatu pengucapan dengan sebuah perasaan yang di dalamnya mengandung suatu fikiran-fikiran dan sebuah tanggapan-tanggapan.


Menurut Carol


Carol beropini bahwa pengertian puisi menurutnya ialah pakaian perasaan atau karya sastra darimana kata-kata sepertinya dibentuk khusus dari memori atau keinginan.


Menurut Kamus SastraSudjiman


Pengertian puisi ialah suatu ragam sastra yang bahasanya terikat oleh suatu irama, matra, rima, serta sesuatu dalam penyusunan larik dan bait.


Menurut Ralph Waldo Emerson


Menurut Ralph Waldo Emerson, arti puisi ialah sebuah pengajaran sebanyak mungkin dengan kata-kata yang lebih sedikit.


Menurut Steve Borne


Berdasarkan pendapat Steve Borne, arti kata puisi didefinisikan mirip seseorang yang sedang kerasukan, tetapi kata-kata indah dilontarkan.


Menurut Hasanuddin


Puisi ialah pernyataan perasaan yang imajinatif penyair yang masih aneh dikonkretkan, untuk mengkonkretkan peristiwa-peristiwa yang telah ada di dalam pikiran dan perasaan penyair dan puisi merupakan sarananya.


Menurut Tarigan


Pengertian puisi berdasarkan Tarigan ialah pengucapan dengan perasaasn, berbeda dengan prosa yang diungkapkan melalui pengucapan dengan pikiran.


Menurut Edwin Arlington Robinson


Pengertian puisi berdasarkan Edwin Arlington Robinson ialah suatu bahasa yang akan disampaikan sesuatu yang tidak hendak dinyatakan, tidak diperkirakan sama dan ada puisi yang benar atau sebaliknya.


Menurut Semi


Puisi sanggup diumpamakan sebagai suatu pernyataan yang menyenangkan yang muncul dari suatu kemampuan, penyairnya melihat sesuatu secara antusias dengan jurus yang tepat. Penyair mempertimbangkan secara matang apa yang dilihatnya, kemudian mengungkapkan hasil penglihatannya tanpa terlalu berkecendrungan untuk mempermasalahkannya.


Menurut Vicil C. Coulter


Puisi merupakan teknologi, dengan memakai badan insan sebagai media perantara, berevolusi untuk keperluan spesifik untuk menahan hal dalam memori, baik dalam maupun di luar rentang kehidupan individu, untuk mencapai intensitas dan daya tarik sensual.


Menurut Adam Stelle


Pengertian puisi berdasarkan Adam Stelle ialah susunan not musik yang berasal dari jiwa dan berirama hingga membuat orang yang mendengarnya akan terlelap.


Menurut Muhammad H. Salleh


Puisi sanggup didefinisikan sebagai sebuah bentuk karya sastra yang kental dengan musik bahasa serta suatu kebijaksanaan oleh si penyair dan tradisinya.


Menurut Djososuroto


Berdasarkan pendapat dari Djososuroto, pengertian puisi sanggup diartikan sebagai hal yang berkaitan dengan mencari dan melukiskan yang diidamkan.


Menurut Lescelles Abercrombie


Puisi ialah ekspresi dari pengalaman imajinatif, yang hanya bernilai serta berlaku dalam pengucapan atau pernyataan yang bersifat kemasyarakatan yang diutarakan dengan bahasa yang mempergunakan setiap rencana yang matang serta bermanfaat.


Menurut Antilan Purba


Pengertian puisi berdasarkan pendapat dari Antilan Purba mendefinisikan puisi sebagai salah satu karya sastra yang bersifat tradisional.


Menurut Usman Awang


Arti puisi berdasarkan pendapat Usman Awang yaitu bukanlah suatu nyanyian orang frustasi yang mencari suatu ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya.


Menurut Mulyana


Sementara berdasarkan Mulyana, puisi merupakan sintesis dari banyak sekali insiden yang tersaring semurni-murninya dan banyak sekali proses jiwa yang mencari hakikat pengalamannya, tersusun dengan sistem korespondensi dalam salah satu bentuk.


Menurut Andrew Bradley


Menurut Andrew Bradley, puisi terdiri daripada rangkaian pengalaman ihwal bunyi, gambar, pemikiran dan emosi yang kita alami sewaktu kita membacanya dengan cara sepuitis mungkin.


Menurut Matius Hollis


Matius Hollis mengungkapkan bahwa puisi ialah bulletin masyarakat, layaknya ekspresi dominan semi meninggalkan catatan bagi orang lain untuk menemukan harapan untuk mempunyai mereka jatuh ke tangan yang salah.


Menurut Kawirian


Puisi berdasarkan Kawirian diibaratkan mirip ketika sedang memainkan sebuah alat dengan ekspresi yang luar biasa di atas panggung.


Menurut John Keats


Puisi berdasarkan John Keats didefinisikan sebagai suatu usaha untuk membaca indah dari membayangkan suatu narasi proses pemikiran yang bersifat logis. Ia tidak menyiratkan sebuah puisi yang tidak masuk budi atau tidak memiliki narasi.


Menurut Riffaterre


Berdasarkan pendapat dari Riffaterre, puisi itu selalu berubah-ubah sesuai dengan evolusi selera dan perubahan konsepsi estetikanya.


Menurut Anne Rouse


Definisi puisi berdasarkan Anne Rouse ialah intensitas di pusat kehidupan, dan ihwal kerumitan berekspresi tanpa apresiasi dari mereka, orang yang dikutuk untuk emosi sederhana dan eskpresi mentah.


Menurut Frieda Hughes


Puisi merupakan cara berkomunkasi yang luas dari pikiran dan perasaan dengan berkonsentrasi mereka menjadi minimal, atau bahkan titik tunggal yang menggambarkan keseluruhan.


Menurut Dick Hartono


Pengertian puisi ialah karya sastra yang terdiri dari unsur-unsur penting yaitu unsur tematik atau unsur semantik puisi dan unsur sintaksis puisi. Unsur tematik puisi lebih menunjuk ke arah struktur batin puisi, sementara unsur sintaksi menunjuk ke arah struktur fisik puisi.


Menurut Charles Baudelaire


Pengertian puisi ialah karya sastra yang merupakan ekspresi kasatmata dan bersifat artistik yang berasal dari kehidupan manusia.


Menurut Waluyo


Menurut Waluyo, pengertian puisi merupakan sebuah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan sebuah kata-kata kias atau imajinatif.


Menurut W.H. Auden


Menurut pendapat dari W.H. Auden, arti dan definisi puisi secara umum ialah sebuah ekspresi yang bening dari perasaan yang berbaur.


Menurut Rahmat Joko Pradopo


Puisi merupakan bentuk ekspresi pemikiran yang membangkitkan perasaan, ia bisa membangkitkan imajinasi panca indera dalam suasana yang berirama.


Menurut Schmitt dan Viala


Schmitt dan Viala menuliskan bahwa masyarakat Yunani memahami puisi sebagai seni membuat bahasa yang berbeda dari pemakaian bahasa sehari-hari.


Menurut Burhan Nurgiyantoro


Arti puisi merupakan genre sastra yang sangat memperhatikan pemilihan aspek kebahasaan, imbas keindahan dari puisi diperoleh dari pemilihan bahasa terutama aspek diksi yang menyangkut unsur bunyi, bentuk dan makna puisi itu sendiri.


Menurut Umberto Eco


Menurut Umberto Eco, karya puisi bukanlah duduk masalah perasaan, namun merupakan duduk masalah bahasa. Puisi ialah bahasa yang membuat perasaan.


Menurut Robert Pinsky


Pengertian puisi berdasarkan Robert Pinsky ialah karya seni kuno, lebih bau tanah dari komputer, lebih bau tanah dari mesin cetak, lebih bau tanah dari menulis dan jauh lebih bau tanah dari prosa.


Menurut Matthew Arnold


Puisi berdasarkan Matthew Arnold ialah satu-satunya cara yang paling indah, impresif, dan yang paling efektif untuk mendendangkan sesuatu.


Menurut Dylan Thomas


Menurut Dylan Thomas, puisi ialah apa yang membuat seseorang bisa tertawa atau menangis serta apa yang membuat seseorang ingin melaksanakan ini atau itu atau tidak sama sekali.


Menurut Putu Arya Tirtawirya


Putu Arya Tirtawirya mengungkapkan pendapat bahwa puisi merupakan suatu ungkapan secara implisit dan samar, dengan makna yang tersirat, dimana kata-katanya condong pada suatu makna konotatif.


Menurut Jason Stone


Puisi bertujuan untuk mengekspresikan perasaan dan ide-ide dengan cepat dan mengesankan, untuk mengembangkan perasaan dan wangsit dengan sobat dan juga dengan mati dan dengan orang-orang untung tiba sehabis kami.


Menurut Tjahjono


Pengertian puisi secara umum merupakan pembentuk, pembangun atau pembuat, alasannya ialah memang intinya dengan membuat sebuah puisi maka seorang penyair telah membangun, membuat atau membentuk sebuah dunia baru, secara lahir maupun batin.


Menurut Lawrence Ferlinghetti


Pengertian puisi berdasarkan Lawrence Ferlinghetti diandaikan sebagai bunyi ekspresi dominan panas di tengah hujan orang tertawa di balik jendela menutup jalan sempit.


Menurut Samuel Johnson


Arti puisi merupakan seubah karya tulis seni penyatuan kesenangan dengan kebenaran melalui sentuhan imajinasi yang bernalar.


Nah demikianlah referensi klarifikasi pengertian puisi berdasarkan para ahli, artinya berdasarkan KBBI serta definisi puisi secara umum lengkap. Puisi dikenal sebagai karya sastra yang memakai diksi pemilihan kata dengan bait dan rima tertentu.




Sumber https://www.zonareferensi.com