Thursday, December 21, 2017

√ Objek Pada Grafika Komputer

#Objek


Processing ialah sebuah bahasa pemrograman berorientasi project (OOP). Dalam hal ini, object sanggup dikatakan sebagai sesuatu yang mempunyai properti dan sanggup melaksanakan tindakan. 
Properti dari sebuah object ialah variabel sedangkan apa yang sanggup dilakukan objek disebut sebagai function. 
Contoh:
Data:
  1. Health
  2. Agility
  3. Hit point
  4. Attack Strength
  5. Mana
Function:
  1. Attack
  2. Spellcast
  3. Fly
  4. Jump
  5. Ride horse


#Menggunakan object


Pemrograman berorientasi objek memungkinkan kita untuk memindahkan semua variabel (data) dan function dari aktivitas utama dan menyimpannya dalam sebuah class. Secara umum, dalam processing, bab awal dari script yang dituliskan akan memuat data-data dari sebuah objek, contohnya variabel berjenis int, float, atau string yang mewakili sebuah karakteristik dari objek. Dalam bab ini kita juga mendeklarasi object.
Contoh: 
Player player;
int playerHealth = 100;
int playerStamina = 100; 

Bagian berikutnya, menyerupai yang telah kita ketahui ialah setup. Bagian ini, selain digunakan untuk memilih aspek-aspek umum dari isyarat kita, contohnya warna latar diam-diam (background()), ukuran layar (size(600,600)), dan sebagainya, juga dipergunakan untuk menginisiasi object, contohnya player.
Contoh:
void setup(){
background(0);
size(600,600);
player = new Player();
}

Bagian terakhir, yaitu draw() secara umum dipergunakan untuk memanggil fungsi-fungsi yang terdapat dalam sebuah class. Fungsi-fungsi dari class ini tentu saja sanggup berupa fungsi yang kita definisikan sendiri dalam file class.
Contoh:
void draw(){
background(0);
player.move();
player.attack();
player.patrol();
}


#Bagian dari class

Class secara umum terdiri dari tiga bab utama yaitu:
  1. Global variables / data
  2. Constructor, dengan argument
  3. Function


#LATIHAN


void setup()
{
  size( 640, 480 );
  smooth();
}

void buatGrid()
{
  stroke( 225 );
  for ( int i = 0; i < 64; i++ ) {
    line( i*10, 0, i*10, height );
  }
  for ( int i = 0; i < 48; i++ ) {
    line( 0, i*10, width, i*10 );
  }
}
void draw()
{
  background( 255 );
  buatGrid();
  stroke( 0 );
  //rect kuning
  fill( 255, 255, 0 );
  rect( 20, 20, 120, 120 );
  rect( 180, 20, 120, 120, 20 );
  rect( 340, 20, 120, 120, 20, 10, 40, 80 );
  rect( 500, 40, 120, 80 );
  //elipse merah
  fill( 255, 0, 0 );
  ellipse( 80, 240, 120, 120 );
  ellipse( 240, 240, 120, 80 );
  ellipse( 400, 240, 80, 120 );
  //triangle biru
  fill( 0, 0, 255 );
  triangle( 560, 180, 620, 300, 500, 300 );
  triangle( 40, 340, 140, 460, 20, 420 );
  //quad cyan
  fill( 0, 255, 255 );
  quad( 180, 340, 300, 340, 300, 380, 180, 460 );
  quad( 400, 340, 440, 400, 400, 460, 360, 400 );
  quad( 500, 340, 620, 400, 500, 460, 560, 400 );
}



Sumber http://www.sharingse.net/