Wednesday, December 13, 2017

√ Menghitung Jarak Kedua Titik P1 X,Y Dan P2 X,Y Dengan Rumus Ecludian

disini saya akan menciptakan fungsi jarak yang mendapatkan masukkan 2 buah titik p1 (x,y) dan p2 (x,y) dan menghitung jarak ke 2 titik tersebut, gunakan rumus “euclidean”.

script jadwal c++

#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <math.h>
typedef struct{int X; int Y;} titik;
float HitungJarak(titik P1, titik P2);

int main()
{
    titik P1, P2;
    float jarak;

    printf("Masukkan Nilai P1(X,Y) :"); scanf("%d,%d", &P1.X, &P1.Y);
    printf("Masukkan Nilai P2(X,Y) :"); scanf("%d,%d", &P2.X, &P2.Y);

    jarak = HitungJarak(P1,P2);
    printf("Jarak dari P1 dan P2 : %.4f ", jarak);

getch();
return 0;
}

float HitungJarak(titik P1, titik P2)
{
    float jarak;

    jarak = sqrt(pow((P1.X-P2.X),2) + pow((P1.Y-P2.Y),2));
    return jarak;
}
disini saya akan menciptakan fungsi jarak yang mendapatkan masukkan  √ menghitung jarak kedua titik p1 x,y dan p2 x,y dengan rumus ecludian

penjelasan script

typedef struct{int X; int Y;} titik;
float HitungJarak(titik P1, titik P2);
Typedef struct dipakai untuk membentuk suatu variabel gres dengan kumpulan banyak sekali variabel dari type yang berbeda-beda. Dan pada typedef stuct diatas mempunyai variable x, Y dan titik, variable titik yaitu untuk menghitung antara titik nilai dari variable x dan y nantinya.

int main()
{
    titik P1, P2;
    float jarak;

    printf("Masukkan Nilai P1(X,Y) :"); scanf("%d,%d", &P1.X, &P1.Y);
    printf("Masukkan Nilai P2(X,Y) :"); scanf("%d,%d", &P2.X, &P2.Y);

    jarak = HitungJarak(P1,P2);
    printf("Jarak dari P1 dan P2 : %.4f ", jarak);

getch();
return 0;
}
Method main untuk menjalankan program, di dalam main tersebut terdapat endefinisian variable titik P1 dan P2, serta variable jarak yang mempunyai type data float, dimana variable jarak ini nantinya untuk menampung dan menghitung dari nilai P1 dan P2. Kemudian selanjutnya akan menjalankan perintah 

printf("Masukkan Nilai P1(X,Y) :"); scanf("%d,%d", &P1.X, &P1.Y);
    printf("Masukkan Nilai P2(X,Y) :"); scanf("%d,%d", &P2.X, &P2.Y);
perintah ini akan memberitahukan kepada compiler untuk memasukan nilai P1 dan P2 melalui keyboard, sehabis compiler selesai menginputkan nilai P1 dan P2 melalui keyboard maka akan lanjut mengerjakan 

jarak = HitungJarak(P1,P2);
    printf("Jarak dari P1 dan P2 : %.4f ", jarak);

getch();
return 0;
dimana perintah ini yaitu untuk memanggil variable jarak dan variable hitungjarak, dimana kedua variable tersebut mempunyai type data float. Fungsi perintah printf yaitu untuk menampilkan perhitungan jarak antara P1 dan P2.
Kemudian fungsi dari perintah 
float HitungJarak(titik P1, titik P2)
{
    float jarak;

    jarak = sqrt(pow((P1.X-P2.X),2) + pow((P1.Y-P2.Y),2));
    return jarak;
}
Rumus perhitungan antara P1 dan P2 yang dilakukan dengan cara memanggil pada masing-masing variable hitung jarak dan jarak. 

Kesimpulan

Euclidean sering dipakai untuk suatu perhitungan jarak, hal ini dikarenakan hasil yang diperoleh yaitu jarak terpendek antara dua titik yang diperhitungkan, 
untuk mempelajari hubungan antara sudut dan jarak.  Euclidean ini biasanya diterapkan pada 2 dimensi dan 3 dimensi. Tapi juga sederhana jikalau diterapkan pada dimensi yang lebih tinggi.


Sumber http://www.sharingse.net/