Monday, October 14, 2019

Mengatasi Touchpad Tidak Berfungsi Di Ubuntu

Sangat jarang bergotong-royong saya mendapat pertanyaan mengenai Linux, yah… rajanya memang Windows sih. Nah… kemarin ada yang konsultasi mengenai bagaimana caranya memperbaiki touchpad di laptop ASUS X452CP yang tidak berfungsi di Ubuntu 14.04 LTS. Masalah klasik bergotong-royong di laptop merek ASUS, dan solusinya terang ada alasannya yaitu Linux yaitu sistem operasi yang paling bebas dalam konfigurasinya.


Jadi masalahnya apa kok touchpad notebook tidak dikenali atau rusak di Ubuntu? Sederhana aslinya ini dikarenakan kernel Linux tidak mendeteksi hardware touchpadnya atau gagal mengaktifkannya.


Solusinya? Paling gampang dan tidak ada nalar – akalan yaitu dengan mengupdate versi BIOS laptopnya, ini ada kemungkinan sudah menambahkan kompatibilitas terhadap Linux. Saya ingatkan biar hati – hati dalam proses flashing BIOS alasannya yaitu tetap ada resiko walaupun sangat jarang sekali terjadi masalah.


Cara mengatasi lain yang dapat anda lakukan yaitu dengan mengupdate kernel Linux yang digunakan, semakin gres maka akan semakin banyak perangkat yang dikenali dan dapat difungsikan oleh sistem operasinya.


Alternatif terakhir jikalau masih gagal juga yaitu dengan memanfaatkan mode emulasi mouse tapi kekurangannya jadi tidak ada mode multi-touch:



  1. Silahkan edit file GRUB: sudo nano /etc/default/grub

  2. Cari baris GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash” atau yang menyerupai mirip itu.

  3. Ubah nilainya menjadi GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash psmouse.proto=bare”.

  4. Akhirnya perbarui konfigurasi GRUB: sudo update-grub


  5. Silahkan restart. Ini solusi sementara lho ya tapi touchpad anda dapat berfungsi normal selama menunggu patch terbarunya.


Semoga bermanfaat. 🙂



Sumber gurupintar.com