Friday, August 23, 2019

Tips Cara Hidup Ekonomis Ala Anak Kost

Hidup menjadi anak kost memang mempunyai suka sedih tersendiri. Yang terang hidup menjadi anak kost tak menyerupai hidup dengan orang bau tanah yang mana keperluan apapun selalu dimudahkan. Mau makan ada yang masakin, mau nyuci ada yang nyuciin dan masih banyak lagi. Namun sebagai anak kost, kita dituntut untuk sanggup mampu bangkit diatas kaki sendiri dan bertahan hidup dengan segala keterbatasan.


Anak kost mungkin sudah terbiasa dengan siklus masa kaya dan miskin yang selalu mereka hadapi tiap bulannya. Bagi anak kost awal bulan yakni masa mereka menjadi kaya lantaran gres menerima kiriman uang dari orang bau tanah ataupun gres menerima honor dari tempatnya bekerja. Namun dikala simpulan bulan datang, mereka akan mengalami masa miskin dimana untuk makan nasi Padang saja mereka harus berpikir ribuan kali. Saat simpulan bulan tiba, tak jarang anak kost dituntut untuk berjuang untuk bertahan hidup dengan uang yang tinggal beberapa lembar.


Nah buat anak kost yang ingin simpulan bulannya gak gulung tikar atau miskin, berikut ini ada beberapa cara atau tips yang sanggup kau ikuti biar diakhir bulan hidupmu gak miskin-miskin amat. Berikut Cara Hidup Hemat Ala Anak Kost!


1. Pilih daerah kost yang lokasinya erat dengan sekolah, kampus atau daerah kerja


Hal yang harus diperhatikan dikala memutuskan untuk kost yakni lokasi daerah kost yang diwajibkan erat dengan lokasi sekolah, kampus atau daerah kerja. Sebab kau tidak perlu mengalokasikan ongkos yang banyak untuk naik bis, atau membeli bensin untuk kendaraan pribadi. Kita sanggup berjalan kaki, atau naik sepeda. Selain hemat, juga tambah sehat lantaran kita sanggup sekaligus berolah raga secara rutin.


Selain itu, jangan pribadi sewa daerah kost pertama dalam jangka waktu yang lama. Sebab, biasanya di kemudian hari kita akan menjumpai tempat-tempat kost lain yang lebih menarik dan juga lebih murah. Dengan begitu, kita sanggup segera pindah tanpa merasa rugi lantaran sudah melunasi biaya sewa kost yang kini kita tempati di muka dalam jangka waktu lama. Carilah info mengenai tempat-tempat kost yang lain ke teman-teman. Siapa tahu ada yang lebih dekat, lebih murah, dan lebih nyaman.


2. Buat rincian pengeluaran


Hidup menjadi anak kost memang mempunyai suka sedih tersendiri Tips Cara Hidup Hemat Ala Anak Kost


photo via : tipsgayahidup.com


Rincian pengeluaran merupakan hal yang sangat penting dalam mengelola pengeluaran bulanan. Cobalah buat skala prioritas dalam kebutuhan bulanan kita. Catat semua kebutuhan bulan ini, dan urutkan mana yang terpenting yang harus dipenuhi terlebih dahulu, menyerupai biaya sewa kos, kuliner untuk sebulan, pulsa dan kuota, peralatan pribadi menyerupai sabun, shampoo dll, biaya transportasi dan biaya fotokopi materi kuliah untuk yang masih kuliah. Setelah itu gres rencanakan sisanya. Sehingga di akhirbulan kita tidak kebingungan lantaran belum bayar kost, kehabisan uang untuk makan harian, dan lain-lain.




class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:600px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3133381919"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



3. Atur penggunaan ATM


Jangan selalu berpikir kalau tabungan kita di Bank masih banyak, sehingga kita selalu mengandalkan ATM kemanapun kita pergi. Agar lebih hemat, ada baiknya kau mengatur penggunaan ATM. Ambilah uang secukupnya yang sekiranya cukup untuk memenuhi biaya kau selama seminggu atau dua minggu. Manfaatkan semaksimal mungkin uang yang kau ambil biar mencukupi kebutuhan kau selama seminggu atau dua minggu. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka sanggup dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com


4. Perhatikan kebutuhan makan dan minum


Tak menampik jikalau kebutuhan makan dan minum yakni hal yang paling banyak mengeluarkan biaya. Untuk itu jangan menyepelekan urusan makanan. Mencari makan yang harganya terjangkau memang menjadi hal wajib untuk anak kost, namun perhatikan juga kesehatan dan kehigienisannya. Namun ada baiknya jikalau kalian memasak sendiri. Karena dengan masak sendiri, pengeluaran untuk makan menjadi lebih hemat dan juga kesehatannya terjamin. Selain itu, daripada membeli air mineral botolan, ada baiknya kau memasak sendiri air minum. Membawa air minum sendiri dari kost juga sanggup membantu mengurangi pengeluaran uang jajan.


5. Disarankan untuk mencuci baju sendiri


Hidup menjadi anak kost memang mempunyai suka sedih tersendiri Tips Cara Hidup Hemat Ala Anak Kost


photo via : www.klikdokter.com


Jangan malas!, untuk menjadi anak kost kita dituntut harus menjadi mandiri. Terutama dalam mengatur keuangan. Kebanyakan anak kost lebih menentukan memakai jasa laundry dari pada mencuci baju mereka sendiri. Padahal mencuci baju sendiri sanggup menghemat pengeluaran mingguan atau bulanan.




class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:250px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3892123021"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



6. Mengatur uang quota


Pada jaman kini ini, quota internet sanggup dibilang yakni nyawa kedua bagi para remaja. Apalagi buat anak kost. Nah, untuk yang satu ini, kita harus pandai-pandai dalam mencari celah. Cari provider yang mengatakan paket-paket internet hemat. Cara lain yakni dengan membeli kartu perdana gres setiap pulsa habis daripada mengisi ulang, lantaran cara ini relatif lebih murah. Selain itu, kalian juga sanggup memanfaatkan wi-fi gratis yang kini banyak tersedia di mana-mana. Tidak hanya di kampus, tetapi juga di daerah makan dan daerah nongkrong. Manfaatkan layanan gratis tersebut untuk men-d0wnl0ad materi kuliah, mengecek e-mail, mengirim e-mail, dan lainnya.


7. Manfaatkan harga diskon


Sebagai pasukan anak kost yang ingin berhemat, kita harus sanggup memanfaatkan akomodasi diskon. Carilah toko yang mengatakan diskon besar pada produknya. Namun jangan hingga kita tergiur dengan diskon kemudian membeli barang-barang yang tolong-menolong tidak kita butuhkan. Selain harus rajin memantau penawaran diskon, kita juga sanggup memanfaatkan peluang-peluang untuk menerima diskon lainnya. Seperti mengumpulkan kupon, memanfaatkan diskon pelajar (biasanya dengan memperlihatkan KTM), serta mempunyai member card yang sanggup memberi akomodasi penggalan harga untuk barang-barang tertentu.


8. Mengurangi biaya buku dan fotokopi


Bagi anak kost yang statusnya masih anak kuliahan. Masalah biaya fotokopi materi atau buku kuliah pastilah sangat mengganggu keuangan yang pas-pasan. Untuk menekan pengeluaran biaya buku dan fotokopian, hal pertama yang sanggup kau lakukan yakni rajin mencatat materi kuliah. Dengan rajin mencatat, kita tidak perlu memfotokopi catatan milik teman. Kedua, manfaatkan e-book. Tidak semua e-book perlu dicetak menjadi buku fisik. Pilih saja yang benar-benar butuh dicetak, sisanya tetap kita simpan dalam bentuk e-book. Ketiga, manfaatkan layanan perpustakaan sebaik mungkin. Banyak buku-buku di perpustakaan yang sanggup kita pinjam untuk menunjang materi kuliah kita, sehingga kita sanggup menekan pengeluaran kita untuk membeli buku-buku kuliah.


9. Masak Sendiri


Hidup menjadi anak kost memang mempunyai suka sedih tersendiri Tips Cara Hidup Hemat Ala Anak Kost


photo via : http://batam.tribunnews.com


Seperti yang kita tahu, biaya makan dan minum yakni biaya terbesar yang harus dikeluarkan untuk anak kos. Untuk menyiasatinya, mulailah dengan mencar ilmu masak sendiri. Belilah materi kuliner yang sanggup dipakai hingga beberapa hari kedepan menyerupai telur, buncis, kacang panjang atau wortel dll. Jangan khawatir kalau gak sanggup masak, lantaran di internet kau sanggup mencontek tutorial menciptakan masakan yang lezat dan sederhana. Kalau gak mau ribet dengan bumbu-bumbu dapur kau sanggup menggantinya dengan bumbu instan yang banyak dijual di pasaran. Nah kalau untuk persoalan air, gak sanggup dipungkiri jikalau air minum galon cukup menguras dompet, untuk itu kau sanggup memasak air minummu sendiri.


10. Cari duit tambahan


Buat para anak kost yang masih mempunyai waktu luang yang cukup, ada baiknya kau mencari penghasilan tambahan. Cara yang sanggup kau lakukan untuk menghasilkan uang tambahan, yakni dengan bekerja part-time atau paruh waktu di toko buku, kafe atau daerah perjuangan lainnya atau sanggup juga menjadi freelancer atau pekerja lepas. Cari proyek yang sesuai dengan skill kamu, menyerupai menulis, menciptakan desain atau lainnya. Namun kau juga harus memastikan kalau waktu kerja harus fleksibel sehingga tidak mengganggu aktivitas sekolah, kuliah atau pekerjaan utama kalian. Selai itu kau juga sanggup jualan online kecil-kecilan.


11. Bawa uang secukupnya didompet


Walaupun hidup di kost, namun anak kost dihentikan lepas dari namanya interaksi sosial. Ajakan jalan-jalan dari sobat boleh-boleh saja, asal kau tahu batasan keuangan yang kau punya. Untuk itu kau harus membawa uang secukupnya dikala akan pergi kemanapun sehingga pengeluaran yang tidak penting sanggup ditekan dan dihindari.


12. Kumpulkan uang receh


Hidup menjadi anak kost memang mempunyai suka sedih tersendiri Tips Cara Hidup Hemat Ala Anak Kost


photo via : http://berita.baca.co.id


Jangan menyepelekan uang receh yang untuk membeli permenpun tak cukup. Sebab jikalau sudah dikumpulkan uang recehpun sanggup menyelamatkan kalian di tanggal bau tanah nanti. Kamu yang belum sanggup menabung dalam jumlah besar, ada baiknya menabung dari nominal-nominal terkecil. Uang Rp 1.000 tidak begitu bermanfaat, namun kalau dikumpulkan niscaya jadi nominal besar. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka sanggup dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com



Sumber http://blogunik.com