Saturday, August 3, 2019

Tes Fitur Gamepad Di Windows

Akhirnya saya kemarin gres beli sebuah gamepad Welcom yang seolah-olah milik XBOX 360, yang murah saja (Rp. 70.000) dan sudah cukup buat bermain game RPG dan emulator. Repot jikalau pakai keyboard dan sayang laptopnya jikalau dihajar habis – habisan buat bermain. Terus terperinci ketika dipasang sih eksklusif dikenali sebagai Generic USB Gamepad pada Windows 7, 8.1 dan 10. Kebetulan ada 3 laptop di rumah jadi dapat dicek semuanya. 🙂


Saya tes buat bermain Counter Strike: Global Offensive dan Pro Evolution Soccer 2016 juga bekerjsama lancar – lancar saja, tapi vibrasinya mati dan lalu jadi ingin tahu aslinya tombol – tombolnya ini normal tidak. Makara terbalik sebenarnya, seharusnya dites dulu gres dicoba main. 😛


Langsung saja ya. Silahkan susukan Control Panel dan buka Devices & Printers, didalamnya anda akan menemukan Generic USB Joystik. Klik kanan dan pilih Game controller settings lalu klik Properties. Alternatifnya yaitu lewat run dialog (Windows+R) dan isikan joy.cpl dan ENTER, jendela yang sama akan muncul.


Akhirnya saya kemarin gres beli sebuah gamepad Welcom yang seolah-olah milik XBOX  Tes fitur gamepad di Windows


Pada jendela Generic USB Joystick Properties silahkan anda tes semua tombol yang ada dalam gamepadnya, tekan satu – satu dan perhatikan apakah angka – angkanya menyala. Juga putar – putar analog juga akan terlihat akurat tidaknya.


Akhirnya saya kemarin gres beli sebuah gamepad Welcom yang seolah-olah milik XBOX  Tes fitur gamepad di Windows


Sebenarnya didalam pengujian ini akan muncul tab Vibration untuk menguji getaran stiknya, dibedakan kiri dan kanan juga keduanya. Cuma gres akan muncul jikalau anda telah menginstall drivernya, semestinya ikut disertakan dalam bentuk mini CD/DVD dalam kemasannya.


Semoga bermanfaat. 🙂



Sumber gurupintar.com