Thursday, August 8, 2019

Solusi Video_Dxgkrnl_Fatal_Error

Salah satu jenis error Bluescreen yang kadang muncul dikala memainkan video, editing foto, atau main game ialah VIDEO_DXGKRNL_FATAL_ERROR. Laporan duduk perkara ini terjadi pada laptop ASUS ROG G501JW-CN117H, seri high end memang. Tentu sangat disayangkan jikalau tidak dapat dipakai secara maksimal.


Jadi apa yang terjadi? Ada 2 kemungkinannya menurut pesan errornya: DirectX yang terinstall rusak atau korup atau malah driver GPU/VGA yang terinstall yang trouble. Sederhana kan? Kemungkinan sangat kecil… kartu grafisnya yang rusak permanen. Jangan hingga lah, apalagi jikalau garansinya sudah habis.


Kembali ke fokus pembahasan untuk mengatasi VIDEO_DXGKRNL_FATAL_ERROR, solusinya terang ada 2 macam dan sama – sama mudahnya.


Install ulang DirectX.

Silahkan and d0wnl0ad dan install banyak sekali versi DirectX dibawah:



Tergantung versi Windowsnya anda cuma butuh satu versi saja, jadi jangan diinstall semua.


Install ulang driver VGA

Tapi yang lebih sering terjadi ialah dari sisi driver kartu grafisnya. Saya anjurkan anda membersihkan dulu instalasi driver lamanya memakai DDU dan lalu d0wnl0ad versi terbaru drivernya.

Salah satu jenis error Bluescreen yang kadang muncul dikala memainkan video Solusi VIDEO_DXGKRNL_FATAL_ERROR


Misal anda juga memakai laptop – aku tekankan – harap anda mend0wnl0ad drivernya dari situs resmi pembuatnya. Kalau ASUS ya ASUS, Lenovo ya Lenovo, Dell ya Dell dan seterusnya. Jangan dari situsnya AMD, NVIDIA dan Intel. Memang serinya sama tapi berlainan implementasinya oleh pabrikan notebooknya.


Contohnya untuk tipe laptop yang aku bahas ada disini halaman d0wnl0ad drivernya: https://www.asus.com/ROG-Republic-Of-Gamers/ROG-G501JW/HelpDesk_Download/


Restart sesudah install ulang ya.


Semoga bermanfaat. 🙂



Sumber gurupintar.com