Friday, August 9, 2019

Mencoba Memulihkan File Yang Dienkripsi Virus Cryptolocker

Sebelumnya saya sudah pernah mengenalkan ancaman virus jenis Cryptolocker dimana tujuannya bukanlah merusak komputer melainkan menyandera file – file penting dengan mengenkripsinya dan meminta tebusan. Biasanya memakai Bitcoin atau Western Union biar tidak terlacak pelakunya. Ini sudah dari 2 tahun kemudian beredarnya dan kini sepertinya semakin banyak variannya. Kalau sudah diserang maka data penting anda tidak bisa diakses.


Saya teringat hal ini sebab ada email yang masuk menanyakan virus kriptografi ini:


Selamat pagi, mau minta isu kamputer kami terjangkit cryptolocker jenis RSA.

Semua file tidak dibuka (karena sudah berubah format).

Contoh file terlampir..


Demikian terima kasih.


Terus jelas jikalau musuhnya ialah Cryptolocker berserta variannya kadang lebih gampang untuk membayar tebusannya sebab enkripsi yang diterapkan berpengaruh sekali dan acak. Bahkan ada beberapa yang mengancam jikalau dalam batas waktu tertentu tidak diterima uangnya maka kunci untuk membuka enkripsinya akan dihapus dari server mereka. Bisa lenyap permanen jikalau begitu.


Kalau anda tidak ingin membayar, entah sebab kebijakan perusahaan atau keterbatasan dana maka bisa mencoba memulihkan file – file tersebut sendiri. Tapi tidak ada jaminan sama sekali apakah bisa berhasil, ini sebab yang berusaha dipecahkan ialah enkripsinya dan banyak varian dari virus ini (Cryptolocker, Alpha Crypt, TeslaCrypt, dan sebagainya).


Anda bisa memanfaatkan:



Alternatifnya jikalau memakai tool diatas gagal maka anda bisa mencoba merecover file – filenya memakai kegiatan semacam Recuva yang akan mengembalikan file yang terhapus.

Sebelumnya saya sudah pernah mengenalkan ancaman virus jenis  Mencoba memulihkan file yang dienkripsi virus Cryptolocker


Ini bisa menjadi solusi sebab yang dilakukan virus Cryptolocker ini ialah mengenkripsi dan menghapus file aslinya, jadi masih ada kemungkinan bisa diselamatkan.


Sekali lagi, tidak ada jaminan sama sekali cara – cara diatas akan berhasil. Saya cuma bisa menyampaikan semoga berhasil saja.



Sumber gurupintar.com