Saturday, August 17, 2019

Mencoba Memperbaiki Tidak Ada Bunyi Dikala Telepon Di Android

Tampaknya handphone gres (Infinix Hot Note X551 Android 5.1 Lollipop) keponakan aku ini sakit – sakitan. Baru beberapa hari memakai tapi sudah bermasalah ialah dikala telepon bisa mendengarkan tapi tidak bisa berbicara. Entah masalahnya apa. Dicoba memakai headset komunikasinya lancar – lancar saja. Ada apa ini dengan mic handphonenya?


Ini aku coba berulang kali telepon hingga kehabisan pulsa, asing memang padahal awal beli semuanya normal tapi mendadak tidak berfungsi. Sempat ada pikiran bila microphonenya rusak tapi tidak jatuh atau mengalami hal – hal diluar kewajaran. Kaprikornus dengan sedikit semangat dan yakin ini bisa diselesaikan sendiri tanpa harus ke service centernya.


 Baru beberapa hari memakai tapi sudah bermasalah ialah dikala telepon bisa mendengarkan Mencoba memperbaiki tidak ada bunyi dikala telepon di Android


Dari hasil mencari solusi telepon tidak ada suaranya ini di internet ada beberapa solusi yang bisa dicoba dan aku tuliskan disini. Tidak semuanya bisa yang pasti, tapi silahkan ada coba satu per satu:



  1. Lepas SIM Card dan restart, lalu pasang SIM Card pasang lagi dan coba telepon. Ini pas aku coba tidak sukses.

  2. Berhubungan dengan nomor 1, katanya bisa disebabkan SIM cardnya yang rusak atau pin tembaga reader SIM cardnya yang rusak.

  3. Factory reset. Saya coba tetap bermasalah.

  4. Lepas SD card dan restart. Kemudian coba telepon. Nah… ini aku yang sukses, agak heran juga apa hubungannya SD card dengan kemampuan telepon. Setelah berhasil diperbaiki aku pasang lagi juga tetap normal


Saya gres tahu beberapa solusi diatas untuk mengatasi tidak adanya bunyi dikala telepon. Semisal tidak berhasil harap anda bawa ke service centernya. Memperbaiki sendiri ada batas kemampuannya dan bila salah – salah malah memperparah keadaan.


Catatan saja. Masalah hilangnya audio dikala telepon ini tidak terjadi pada voice call lewat aplikasi semacam BBM, WhatsApp, LINE dan sebagainya. Kalau aku diagnosa ini lantaran memakai jalur komunikasi yang berbeda, atau setidaknya di Android merupakan hal yang berlainan.


Semoga bermanfaat. 🙂



Sumber gurupintar.com