Saturday, April 20, 2019

Cara Mengetahui Dpi Gambar

Teman aku kemarin mengeluh alasannya yaitu gambar barang yang akan diupload ke Tokopedia ditolak alasannya yaitu DPInya kurang besar. Katanya sih minimal DPI untuk foto produk di Tokped yaitu 300 DPI dan teman aku ini tidak tahu berapa untuk gambar yang dimilikinya. Padahal caranya sendiri sangatlah gampang dan tidak perlu install aplikasi apapun.


Jadi bila kita pakai Windows maka solusinya tinggal klik saja pada file gambarnya dan lalu klik kanan dan pilih Properties.


Teman aku kemarin mengeluh alasannya yaitu gambar barang yang akan diupload ke Tokopedia ditolak k Cara mengetahui DPI gambar


Nah disinilah kita sering kelewatan atau tidak tahu, langkah selanjutnya yaitu membuka tab Details. Kemudian geser jendela informasinya agak kebawah hingga di bab Image. Silahkan perhatikan angka yang muncul pada baris Horizontal resolution dan Vertical Resolution, itulah besar DPI gambar anda.


Dan dari sini hasilnya aku berguru bahwa ukuran gambar dan DPI itu hal yang berbeda. Pemahaman aku Dot Per Inch ini merupakan densitas titik dalam satu bidang, dan kuat pada tingkat detailnya gambar. 🙂


Rata – rata foto yang diambil pakai handphone sepertinya mempunyai DPI 72 atau 96 dan untuk meningkatkannya butuh aktivitas yang dapat resample DPI. Bukan dikonversi biasa jadinya.



Sumber gurupintar.com