Friday, December 7, 2018

Teori Terbentuknya Alam Semesta

Teori terbentuknya alam semesta telah di kaji dan di pelajari oleh para ilmuan mahir astronomi sejak dahulu, Manusia sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang berlakal, memiliki nafsu dan sebagai penghuni alam semesta selalu ingin tahu untuk mencari klarifikasi wacana makna dari hal-hal yang terjadi, termasuk dalam hal astronomi.


Pengertian alam semesta meliputi wacana mikrokosmos dan makrokosmos menyerupai berikut :



  • Mikrokosmos : benda-benda alam yang memiliki ukuran yang sangat kecil. misal ; electron, atom, amuba, dll

  • Makrokosmos : benda-benda alam yang memiliki ukuran yang sangat besar. misal ; planet, bintang, galaksi, dll


Adapun beberapa teori terbentuknya alam semesta munurut para pakar astronomi ialah sebagai berikut :


1. Teori Keadaan Tetap (Steady State Theory)


Teori ini menurut prinsip kosmologi tepat yang menyatakan bahwa alam semesta dimanapun dan kapanpun selalu sama. Berdasarkan prinsip tersebut alam semesta terjadi pada dikala terntentu yang telah kemudian dan segala sesuatu di alam semesta selalu tetap sama walaupun galaksi-galaksi saling bergerak menjauhi satu sama lainnya.


Jadi teori ini beranggapan bahwa alam semesta itu tak terhingga besarnya dan tak terhingga tuanya (tanpa awal dan akhir)


Teori terbentuknya alam semesta telah di kaji dan di pelajari oleh para ilmuan mahir astron Teori Terbentuknya Alam Semesta


 


2. Teori Dentuman Besar (Big Bang Theory)


Teori ini di kembangkan oleh George Lemaitre, dimana teori ini mengemukakan bahwa pada mulanya alam semesta berupa sebuah primeval atomyang berisi semua bahan dalam keadaan yang sangat padat. Atom tersebut memiliki massa yang sangat besar dan massa jenis yang sangat besar. Kerena adanya reaksi inti, atom tersebut kemudian meledak dengan hebat. kemudian massa tersebut mengembang dengan sangat cepat menjauhi sentra ledakan dan tersebar di alam semesta. Kemudian akan terjadi perluasan massa yang berlangsung jutaan tahun dan akan terus berlangsung.


Dari kedua teori di atas, teori big bang lah yang kini menjadi contoh masyarakat mengenai terbentuknya alam semesta ini. mengenai benar tidaknya wacana terbentuknya alam semesta ini tentunya hanya Tuhan lah yang tahu segalanya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com