Monday, December 3, 2018

Sumber Tenaga Pembangkit Listrik

Sumber tenaga pembangkit listrik yang sanggup dimanfaatkan khususnya di Indonesia ada beberapa macam, hal ini perlu di kaji mengingat listrik merupakan sumber energi yang utama dipakai dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia, saya sendiri ndak kebayang kalau misal ndak ada listrik kini mungkin ndak semaju kini ini.


Sumber tenaga pembangkit listrik yang sanggup dimanfaatkan khususnya di Indonesia ada beberap Sumber Tenaga Pembangkit Listrik


 


Listrik itu sendiri sanggup di timbulkan dari banyak sekali macam sumber yang di antaranya :


1) Pembangkit listrik tenaga air (PLTA)


PLTA merupakan pembangkit listrik yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Energi yang di bangkitkan dari tenaga PLTA ini biasa di sebut sebagai hidroelektrik. Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini ialah motor yang di hubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari air.


Dari danau atau bendungan, air di alirkan melalui terowongan dengan ketinggian 100 meter atau lebih. Di ujung terowongan dipasang turbin, dimana air akan mengubah energi potensial air menjadi energi mekanik yang sebesar-besarnya. Perputaran turbin sanggup dipakai untuk menghidupkan generator, listrik kemudian di atur tekanan dan tegaanya oleh tranformer, sehingga sanggup dipakai pribadi untuk kebutuhan sehari-hari.


2) Pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD)


Pada intinya, prinsip kerja tenaga diesel sama dengan PLTA yaitu menghidupkan generator sebagai pembangkit tenaga listrik. Tetapi turbin di gerakkan memakai mesin diesel yang telah di isi dengan materi bakar berupa solar. Pembangkit listrik ini merubah energi kimia menjadi energi kimia. PLTD ini sering di gunakan oleh industri maupun rumahan jikalau ada pemadaman listrik.


3) Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)


PLTN di gerakkan oleh tenaga nuklir, dimana tenaga nuklir merupakan tenaga yang timbul tanggapan pemecahan inti atom. Umumnya yang dipecah itu merupakan atom yang memiliki inti yang berat menyerupai halnya uranium. Inti atom sanggup pecah dengan cara menembak eutron hasil peluruhan radioaktif yang lain.


Maka keluar tenaga panas yang kemudian di serap oelh suatu cairan penyerap panas yang kemudian di alirkan ke dalam air, sehingga air tersebut mendidih dan menguap, uap air inilah yang dipakai untuk menggerakkan turbin uap yang selanjutnya menggerakkan generator listrik.


4) Pembangkit listrik tenaga gas dan uap


Pembangkit listrik tenaga ini berfungsi untuk mengubah energi panas (hasil pembakaran materi bakar dan udara) menjadi energi listrik yang bermanfaat.


5) Pembangkit listrik tenaga panas bumi


Pembangkit listrik ini memakai geothermal sebagai pembangkit listrik, Indonesia di karunia banyak sumber energi panas bumi, untuk membangkitkan sumber geothermal sanggup dilakukan dengan mengebur tanah di tempat dengan potensi adanya geothermal yang menciptakan lubang gas panas untuk di pergunakan memanaskan ketel uap (boler) sehingga uapnya sanggup menggerakkan tubin yang tersambung ke generator yang sanggup membangkitkan tenaga listrik.


Itu tadi klarifikasi singkat mengenai beberapa sumber tenaga pembangkit listrik yang sanggup di manfaatkan, saya yakin ada beberapa lagi sumber tenaga pembangkit listrik yang sanggup di manfaatkan untuk kehidupan manusia.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com