Tuesday, December 4, 2018

√ Pengertian Dari Sistem Ekskresi

Sistem ekskresi (excretion system) merupakan salah satu proses kerja yang ada dalam tubuh. Manusia maupun binatang niscaya mempunyai sistem ekskresi ini. Karena sistem inilah, badan kita sanggup bekerja atau beraktivitas dengan baik. Tahukah Anda apa itu sistem ekskresi? Jika dilihat dari suku katanya, sistem ekskresi terdiri atas dua kata, yaitu "sistem" dan "ekskresi". Dalam pengertian sederhana, sistem sanggup diartikan sebagai kesatuan perjuangan yang terdiri dari bagian-bagian yang berkaitan satu sama lain. Sedangkan, ekskresi merupakan kata yang diserap dari bahasa Inggris excretion, kalau diterjemahkan berarti "pengeluaran". Tentunya, hingga disini kita sudah mempunyai bayangan wacana pengertian dari sistem ekskresi, menyerupai yang telah kami uraiakan berikut ini.
 merupakan salah satu proses kerja yang ada dalam badan √ Pengertian Dari Sistem Ekskresi
Sistem Ekskresi

Pengertian Sistem Ekskresi

Sistem ekskresi adalah sistem dalam badan yang berfungsi mengeluarkan zat buangan atau zat sisa hasil metabolisme yang berlangsung dalam badan organisme. Zat sisa hasil metabolisme ialah hasil perombakan zat masakan bermolekul kompleks yang sudah tidak mempunyai kegunaan lagi bagi tubuh. Zat-zat metabolisme tersebut perlu dikeluarkan tidak hanya untuk mencegahnya menjadi beracun, tetapi juga semoga keseimbangan dalam badan (homeostatis) terus terjaga. Sistem ekskresi membantu memelihara homeostatis badan dengan cara mengatur konsentrasi sebagian besar penyusun cairan tubuh. Zat-zat sisa yang harus dikeluarkan dari dalam badan di antaranya ialah karbon dioksida, air yang berlebih, dan urea. Semua zat ini kalau tidak dikeluarkan akan sangat berbahaya bagi tubuh.

Sistem ekskresi dalam menjalankan fungsinya didukung oleh alat-alat ekskresi. Alat ekskresi ini berupa beberapa organ dalam badan yang saling berkaitan membentuk sistem dalam menjalankan kiprah ekskresi. Contohnya pada manusia, alat-alat ekskresi yang ada dalam tubuhnya ialah kulit, paru-paru, hati, dan ginjal. Masing-masing organ ini mempunyai cara ekskresi tersendiri, menyerupai kulit dengan cara mengeluarkan keringat, paru-paru mengeluarkan CO2 dan uap air, ginjal mengeluarkan urine, dan hati mengeluarkan bilirubin (zat warna empedu). Sedangkan pada binatang (misalnya; binatang bersel satu), alat ekskresinya berupa vakuola kontraktil, pembuluh malpigi untuk serangga, nefridia untuk cacing tanah, dan sel api untuk planaria. InsyaAllah, semuanya akan kami bahas pada postingan terpisah.

Sekian uraian wacana Pengertian Dari Sistem Ekskresi, semoga bermanfaat. 

Referensi:
  • Suryati, Tati. 2009. Biologi 2 Sekolah Menengan Atas Kelas XI. Jakarta: Quadra.
  • Zakrinal & Sinta Purnama S. 2009. Jago Biologi SMA. Jakarta: Media Puspindo.

Sumber http://www.ilmusiana.com