Friday, November 9, 2018

Cara Menampilkan Iklan /Widget Di Halaman Tertentu Pada Blog Wordpress

Kadangkalanya kita perlu menampilkan iklan /widget blog kita di halaman-halaman tertentu sesuai dengan cita-cita kita, dimana menampilkan iklan ataupun widget blog di halaman-halaman tertentu saja perlu dilakukan terutama buat blog yang menampilkan iklan dari google ads, alasannya memiliki kebijakan dihentikan menampilkan iklan dihalaman/page, menampilkan di category ataupun di tempat-tempat tertentu sesuai dengan keinginan.


Cara menampilkan ataupun menyembunyikan iklan ataupun widget di blog wordpress caranya cukup simple dan ndak banyak maen script kode-kode yang njelimet, namun untuk memastikan plugin ini tidak membebani loading ataupun kecepatan jalan masuk blog sahabat maka sebaiknya plugin yang dipakai tidak melebihi 10biji, alasannya itu sedikit banyak akan mensugesti visitor dalam kurun waktu yang cukup lama.


Untuk menampilkan ataupun menyembunyikan iklan/widget di blog wordpress caranya sahabat dapat menambahkan/menginstall plugin Widget-Logic yang dapat sahabat peroleh secara free di penyedia plugin wordpress (saya yakin temen2 blogger yg sudah master IM sudah banyak yg tahu, jadi tinggal dilewatin aja :D).


Cara Menampilkan /Menyembunyikan Iklan (Widget) di Halaman Tertentu pada blog wordpress :


1. Pertama sahabat harus install terlebih dahulu plugin widget logic dengan cara di dasboard wordpress, klik sajian Plugins >> Add New, pada kotak pencarian “search” ketikkan Widget Logic menyerupai ini


Widget di Halaman Tertentu pada Blog WordPress Cara Menampilkan Iklan /Widget di Halaman Tertentu pada Blog WordPress


2. Kemudian Saya biasanya memakai Widget Logic yg bikinannya OM Alan Threewartha pilih Install Now, untuk menginstall plugin WP Logic


3. Jika sudah berhasil proses instalasinya, selanjutnya sahabat tinggal mengatur widget/iklan yang ada di sajian Appearance >> Widget, selanjutnya pada kolom Widget logic sahabat isikan script (pilih salah satu) menyerupai berikut :


is_home() : hanya tampil di homepage


!is_home() : ditampilkan di semua halaman kecuali pada homepage


is_single() : hanya tampil di single post


is_single (‘judul-post’) : hanya tampil di posting dengan judul ini saja


!is_page(‘privacy’) : ditampilkan di semua halaman kecuali page privacy


is_single() && in_category (‘nama-kategori’) : ditampilkan di single post yang terletak di kategori dengan nama kategori yang di inginkan


in_category(‘judul-pertama’) || in_category(‘judul-kedua’) : ditampilan di semua postingan yang termasuk di dalam kategori-kategori yang disebutkan judulnya (judul-pertama dan judul-kedua)


is_home() || is_single() : menampilkan iklan/widget hanya di posting blog dan homepage/halaman depan saja, selain post dan homepage itu tidak tampil.


Misal menyerupai gambar ini


Widget di Halaman Tertentu pada Blog WordPress Cara Menampilkan Iklan /Widget di Halaman Tertentu pada Blog WordPress


4. Kemudian tinggal di save dan lihat hasilnya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com