Saturday, October 13, 2018

3 Tips / Cara Mengamankan Data Di Android Anda

Data yaitu sesuatu yang mahal harganya, baik itu data yang berada di komputer maupun di smartphone Anda. Kadang ada diantara teman yang kehilangan data di smartphone android mereka, dan mereka berujar, lebih baik smartphone android yang hilang dibandingkan dengan datanya yang hilang. Sebab data-data di android ini yaitu data-data password seluruh akun yang sangat penting dan bernilai puluhan juta rupiah. Data tersebut diketahui oleh orang lain, sehingga teman tersebut tidak bisa login ke akunnya tersebut, dikarenakan telah diganti passwordnya oleh orang lain. Nah alasannya yaitu pentingnya data tersebut, Anda harus mengetahui bagaimana cara  mengamankan data di Android Anda, baik memakai system operasi Android, Windows Phone atau OS lainnya.


3 Tips / Cara Mengamankan Data di Android Anda


Di bawah ini dijelaskan 3 tips untuk cara mengamankan data di Android atau smartphone lain yang bisa Anda gunakan untuk melindungi keamanan data Anda.




  1. Enkripsi Data




Cara mengamankan data di android yang pertama ialah dengan cara Enkripsi, dengan cara ini data perlu dan sangat penting dilakukan demi keamanan perangkat berakal Anda. Enkripsi merupakan salah satu metode yang dipakai untuk menyimpan data dalam bentuk yang masih bisa dibaca dengan syarat bila Anda mempunyai kredensial yang tepat. Dengan enkripsi ini Anda bisa menawarkan proteksi data pemanis seandainya perangkat berakal Anda hilang bahkan dicuri. Metode ini sama menyerupai ketika Anda membuka layar yang terkunci dengan kunci layar yang aman.


 baik itu data yang berada di komputer maupun di smartphone Anda 3 Tips / Cara Mengamankan Data di Android Anda


Caranya ialah buka sajian Setelan – Pribadi – Keamanan. Pada layar Keamanan, tap Kunci layar dan tentukan apakah Anda ingin memakai PIN, Pola, atau Sandi sebagai kunci layar.


Saat mengakses smartphone, Anda akan dimintai PIN, Pola, ataupun Sandi yang gres saja Anda buat guna menambahkan proteksi data pemanis pada smartphone Anda. Settingan ini akan diaktifkan secara otomatis.


Saat Anda mengakses smartphone, maka layanan aksesibilitas menyerupai Talkback ataupun Bluetooth tidak akan berfungsi sama sekali. Untuk mengaksesnya, Anda harus memasukkan PIN, Pola, ataupun Sandi yang Anda buat sebelumnya tanpa adanya pertolongan layanan menyerupai TalkBack. Namun bila Anda tetap membutuhkan pertolongan layanan tersebut, sebaiknya jangan gunakan kunci layar. Jika semua konfigurasi sudah selesai, setel PIN, Pola, ataupun Sandi dan tap Lanjutkan untuk menuju proses berikutnya.




  1. Gunakan VPN




VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah teknologi yang bisa menciptakan susukan data pengguna menjadi kondusif dan nyaman. VPN juga bisa menghilangkan semua blokir situs, bahaya serta kerisauan sewaktu menjelajah internet. Tak ada salahnya Anda gunakan VPN demi keamanan perangkat Android Anda. Anda bisa mendapat VPN client secara gratis ataupun berbayar. Tapi saran penulis gunakan VPN yang sudah kredible, dan berbayar. Karena keamanan data di android harus tetep dijaga.




  1. Batasi Layanan




Tips atau cara mengamankan data di android lainnya yang perlu anda coba ialah dengan membatasi susukan layanan. Pengguna perangkat berakal disarankan oleh para Security Expert untuk membatasi layanan yang tidak dibutuhkan, sering-sering membersihkan cache browser, dan menjaga konfigurasi browser dengan ketat. Hal lain yang harus diperhatikan ialah meminimalkan sebisa mungkin penggunaan Bluetooth, WiFi dan GPS. Hal ini dimaksudkan semoga pengguna terhindar dari serangan para h4ck3r yang bisa saja merambat melalui jaringan WiFi tersebut.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com