Monday, September 3, 2018

√ Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Laptop Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba

Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri – Tidak usah panik dulu dikala komputer atau laptop Anda mendadak mati sendiri. Mungkin saja sehabis membaca artikel ini menemukan solusi terbaiknya. Memang menciptakan jengkel bila tiba-tiba komputer mati sendiri padahal Anda sendiri tidak mematikannya. Lagi enak-enaknya mengoperasikan komputer kemudian tiba-tiba komputer pribadi mati. Semua data yang sedang kita kerjakan dan belum sempat untuk disimpan otomatis akan hilang. Mau tidak mau kita meski mengulang lagi menciptakan data tersebut.


Baca Juga : 10 Software Wajib Install Di Komputer & Laptop Setelah Install Ulang Windows


Banyak penyebabnya komputer dan laptop sanggup mati secara mendadak dan tentunya penyebab utamanya bukan terletak pada gangguan listrik. Normalnya komputer dan laptop akan mati dikala pengguna melaksanakan proses shut down. Namun bila komputer mendadak mati tanpa diperintah itu tandanya komputer mengalami gangguan berupa error. Bisa saja gangguan ini terletak pada hardware atau bahkan pada software yang terpasang di komputer.


 Tidak usah panik dulu dikala komputer atau laptop Anda mendadak mati sendiri √ Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer  Laptop Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba


Sebaiknya kita segera atasi duduk masalah ini, lantaran banyak kerugiannya bila kita biarkan terus menerus. Tidak menutup kemungkinan bila hal ini kita biarkan maka akan berdampak lebih parah pada kondisi komputer atau laptop Anda.



Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer atau Laptop Mati Sendiri


Disini saya kelompokkan menjadi 5 penyebab saja yang sering terjadi pada komputer mati secara tiba-tiba. Selain klarifikasi penyebab dan juga akan dibahas dengan cara mengatasinya.


1. Kerusakan Terletak Pada Hardware


Penyebab komputer mati tiba-tiba sanggup juga duduk masalah utamanya ada pada hardware. Walaupun agak sulit untuk mendeteksi kerusakan pada hardware kecuali bila kita sudah berpengalaman atau mempunyai alat pendeteksinya namun kerusakan ini paling umum terjadi. Tidak kompatibel hardware yang dipakai akan mengakibatkan malfungsi pada komputer atau laptop.


Cara mengatasi komputer mati sendiri disebabkan kerusakan hardware maka Anda harus mengusut satu persatu seluruh perangkat yang terpasang di CPU. Coba Anda cek dulu RAM-nya dengan secama. Biasanya bila terdapat bubuk atau kotoran yang melekat pada RAM sanggup mengakibatkan komputer mati sendiri. Bersihkan bubuk pada RAM dengan memakai penghapus pensil kemudian coba pasangkan pada slot memory yang lain. Periksan juga socket-socket lainnya barangkali saja ada yang kurang pas atau sudah longgar, menyerupai socket power dan kabel SATA hardisk. Asal Anda tahu bahwa bubuk yang melekat pada motherboard akan menjadikan kinerja komputer menurun atau sanggup mati sendiri.


2. Software Yang Digunakan Bermasalah


Software yang tidak kompatibel dengan komputer atau laptop juga sanggup mengakibatkan pemicu utama komputer mati sendiri. Software yang terpasang di komputer atau laptop yang corrupt akan menjadikan komputer tidak berjalan dengan normal. Biasanya software corrupt ini terjadi lantaran dikala proses install software dilakukan dengan cara yang tidak benar. Atau sanggup saja software yang Anda gunakan tidak kompatible dengan sistem operasi komputer.


Solusinya yaitu coba Anda isntall ulang software yang bermasalah tersebut dan ikuti semua petunjukkan dengan secama. Mulai kini selalu gunakan software atau aktivitas yang kompatible dengan sistem operasi dan spesifikasi komputer.


3. CPU Komputer atau Laptop Terlalu Panas


Ada tiga penyebab utama kenapa CPU komputer atau laptop menjadi panas berlebih. Penyebab pertama lantaran komputer terlalu usang dipakai tanpa ada istirahat sebentar saja. Penyebab kedua yaitu lantaran spesifikasi komputer tidak sesuai dengan jumlah aktivitas yang dijalankan. Komputer atau laptop kita jalankan secara terus menerus tanpa diberi waktu istirahat maka sanggup mengakibatkan CPU panas tinggi. Kemudian bila Anda terlalu banyak menjalankan aktivitas tanpa menyesuaikan dengan spesifikasi komputer itu sendiri maka hal inipun penyebab CPU menjadi panas.


Penyebab selanjutnya CPU komputer dan laptop menjadi panas berlebih yaitu lantaran kondisi kipas (fun) CPU tidak berfungsi dengan baik. Adanya kipas atau fun ini yaitu untuk mendinginkan CPU biar panasnya menjadi stabil. Namun bila perangkat ini tidak berfungsi atau sama sekali sudah mati maka akan menjadikan suhu didalam CPU menjadi panas.


Ketika suhu didalam CPU komputer atau laptop terlalu panas maka akan mengalami gagal fungsi dan sanggup menjadi faktor utama komputer atau laptop mati secara mendadak.



Cara mengatasi komputer mati sendiri penyebab CPU terlalu panas yaitu dengan mempelajari dulu apa yang menjadi pemicu utamanya. Jika penyebabnya yaitu lantaran komputer terlalu usang dipakai maka silakan Anda beri waktu untuk istirahat dulu hingga benar-benar CPU dingin. Namun bila penyebabnya yaitu lantaran terlalu banyak aktivitas komputer yang dijalankan, sebaiknya Anda kurangi dalam menjalankan aktivitas sekaligus. Program-program berat misalnya yaitu aktivitas desain grafis menyerupai Photoshop dan CorelDRAW. Kebiasaan online sambil banyak menjalankan aktivitas juga itu yaitu tindakan yang kurang baik. Sesuaikan saja dengan spesifikasi komputer dan laptop yang Anda gunakan.


Untuk mengatasi penyebab ketiga yaitu dengan memeriksan kipas CPU apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika kipas tidak berfungsi coba Anda bersihkan bubuk yang mengotorinya. Namun bila dipastikan fun sudah rusak maka sebaiknya Anda ganti saja dengan yang baru. Efektifnya bila komputer sering Anda gunakan maka minimal CPU mempunyai 2 kipas.


4. Komputer atau Laptop Terjangkit Virus


Tingkat virus yang menyebar di komputer atau laptop Anda bila sudah dikategorikan sangat parah maka sanggup mengakibatkan kinerja komputer menjadi lambat, cepat panas, dan bahkan komputer mati secara mendadak. Anda juga akan sering terganggu dikala mengoperasikan komputer bila memang komputer Anda itu terserang virus. Akan banyak data yang disembunyikan oleh ulah virus dan masih banyak lagi.


Baca Juga : Yakin AntiVirus Yang Anda Gunakan Handal? Test Dulu Dengan 3 Cara Ini!


Untuk mengatasi hal ini tidak ada cara lain lagi yaitu Anda harus memakai AntiVirus. Namun tentunya bukan sekedar AntiVirus yang hanya menjadi hiasan komputer saja. Gunakan AntiVirus yang selalu diperbarui (update) dan tidak duduk masalah AntiVirus gratis juga. Namun bila virus sudah menyebar ke operasi sistem dan sulit untuk membuangnya maka sebaiknya Anda install ulang saja Windowsnya dan sehabis final install ulang jangan dulu menginstall aktivitas lain, tapi install dulu AntiVirus uptodate.


5. Komputer Kelebihan atau Kekurangan Daya Listrik


Penyebab komputer sering mati sendiri sanggup juga efek tegangan listrik. Hal ini paling sering terjadi dan tidak menutup kemungkinan komputer yang baru. Kelebihan dan kekurangan tegangan listrik yang diterima oleh komputer akan mengakibatkan komputer mendadak mati. Pengaruh tegangan listrik yang tidak stabil ini akan menjadikan hardisk komputer cepat rusak juga. Hardisk akan cepat mengalami bad sector.


Lalu bagaimana untuk mengatasinya duduk masalah tegangan listrik ini? Solusinya Anda harus memakai stabilizer. Dengan memakai stabilizer maka daya listrik yang diterima komputer akan stabil atau sesuai dengan yang diperlukan oleh power supply. Berapapun tegangan listrik di rumah Anda maka sebelum diterima oleh power supply komputer akan distabilkan dulu dengan stabilizer.


Itulah 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri Sendiri. Semoga artikel ini ada keuntungannya dan bila Anda mempunyai pengalaman lain silakan jangan ragu-ragu untuk disampaikan di kotak komentar. Terima kasih dan salam sukses selalu.



Sumber http://info-menarik.nett