Sunday, September 2, 2018

Cara Mengetahui Spesifikasi Motherboard Tanpa Membongkar Cpu

Ada beberapa cara mengetahui spesifikasi motherboard komputer tanpa harus membongkar CPU komputer anda, dengan cara ini anda dapat mengetahui merk, model atau tipe motherboard yang terpasang pada PC ataupun laptop Anda. Hal ini perlu anda lakukan alasannya ialah jikalau hingga anda salah dalam melaksanakan instalasi driver, bisa-bisa komputer anda error. Maka dari itu perlu rasanya untuk menginstall driver sesuai dengan tipe motherboard yang ada.


Baca juga artikel : Cara gampang menginstall aplikasi android di PC (Komputer)


Cara mengetahui spesifikasi motherboard komputer / laptop ini sangat bermanfaat saat anda menginstall ulang windows gres ke dalam pc / laptop anda, namun ternyata laptop ataupun pc tersebut sudah tidak memiliki CD drive bawaan, padahal anda butuh menginstall drive pendukung menyerupai VGA, audio, LAN, WIFI dan sejenisnya. sehingga mau tidak mau anda harus mencari tahu spesifikasi tipe motherboard yang ada di PC ataupun laptop tersebut.


Cara Mengetahui Spesifikasi Motherboard dengan Command Prompt (CMD)


Cara sederhana tanpa software untuk mengetahui tipe / brand detail spesifikasi dari motherboard komputer ialah dengan memakai CMD. Langkah-langkahnya sebagai berikut :


1. buka command prompt, caranya tekan Win+R atau di bab search, silahkan ketikkan cmd lalu tekan Enter


cara mengetahui spesifikasi motherboard komputer Cara Mengetahui Spesifikasi Motherboard Tanpa Membongkar CPU


2. Setelah command prompt terbuka, silahkan ketikkan / copy perintah ini wmic baseboard get product,Manufacturer,version,serialnumber kemudian tekan tombol enter, maka akan tampil gosip lengkap mengenai rincian tipe motherboard dari komputer anda. Seperti gambar dibawah ini


cara mengetahui spesifikasi motherboard komputer Cara Mengetahui Spesifikasi Motherboard Tanpa Membongkar CPU


Cara Mengetahui Spesifikasi Motherboard dengan Aplikasi Speccy


Bagi anda yang alergi dengan nulis-nulis perintah di command prompt, mungkin dapat memakai aplikasi yang satu ini. alasannya ialah dengan tunjangan aplikai speccy ini anda dapat mengecek spesifikasi dari motherboard komputer anda. Dan lebih enaknya lagi aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang dapat anda d0wnl0ad pribadi dari sumbernya.



  1. Pertama, anda dapat mend0wnl0ad di https://www.piriform.com/speccy/d0wnl0ad/standard

  2. Jika sudah di d0wnl0ad, silahkan install dan buka aplikasi ini, maka akan tampil rincian spesifikasi motherboard komputer anda, dan tidak hanya itu anda juga dapat melihat rincian OS, CPU, RAM, Graphic, dan spesifikasi lain berkaitan dengan komputer anda.


cara mengetahui spesifikasi motherboard komputer Cara Mengetahui Spesifikasi Motherboard Tanpa Membongkar CPU


itu tadi cara sederhana untuk mengetahui tipe motherboard komputer tanpa harus membuka CPU komputer Anda, agar bermanfaat dan jangan lupa untuk share ke temen-temen lewat facebook, twitter, gplus ya. Karena tunjangan share dari temen-temen sangat berarti buat kami.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com