Saturday, September 8, 2018

√ 5 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan Untuk Memudahkan Desain

5 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan – Kita semua sudah paham benar kalau Photoshop yakni raja desain foto. Menurut saya ketika ini tidak ada lagi aktivitas yang canggihnya melebihi Photoshop, hingga tak heran kalau para desain grafis akan memakai Photoshop sebagai aktivitas andalannya. Namun supaya performa Photoshop semakin maksimal lagi kita meski melaksanakan pengaturan-pengaturan khusus lagi. Pengaturan apa yang dimaksud? Sesuai tema artikel ini yakni pengaturan yang tersembunyi di Photoshop meski kita tampilkan. Alasannya demi untuk mempermudah dan mempercepat lagi proses editing kita di Photoshop.


Baca Juga : Cara Membuat Gelap Terang Pada Objek Dengan Photoshop (Retouch Foto)


Begitu kita final install Photoshop pertama kali di komputer atau laptop maka biasanya pengaturan khusus ini tidak tampil, atau hanya pengaturan bawaan saja. Oleh alasannya itu kita diwajibkan untuk menampilkan pengaturan tersebut supaya proses desain gambar atau foto menjadi lebih gampang dan cepat.


 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan √ 5 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan Untuk Memudahkan Desain


Contoh kecilnya saja kita tidak dapat melaksanakan undo dan redo lebih dari satu langkah di Photoshop ibarat halnya di program-program lainnya. Jika tidak percaya silakan Anda buktikan dengan menekan Ctrl + Z (undo) atau Ctrl + Y (redo), apakah bisa? Sampai kapanpun hanya satu langkah kebelakang & kedepan saja yang dapat memakai fitur undo dan redo. Jika kenyataannya begitu maka tentunya proses desain kita di Photoshop menjadi terhambat. Tapi lain lagi bila kita melaksanakan beberapa langkah yang akan saya bahas disini.


Inilah 5 Pengaturan Photoshop Penting Yang Meski Kita Tampilkan Tidak Ada Alasan Lagi


Disini saya memperlihatkan referensi pada Adobe Photoshop CS3 dan saya rasa untuk versi lainnya tidak jauh berbeda. Makara Anda sesuaikan saja sendiri dengan versi Photoshop yang Anda gunakan.


1. History State


Apa itu History State? Diatas sudah saya singgung yaitu fungsi History State yakni untuk merekam seluruh insiden yang kita lakukan di Photoshop. Langkah-langkah Anda di Photoshop akan direkam otomatis oleh History State ini. Nah bila suatu ketika Anda ingin mengembalikan langkah-langkah di Photoshop maka Anda dapat memakai History State. Dengan kata lain History State ini sama fungsinya dengan undo dan redo.


 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan √ 5 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan Untuk Memudahkan Desain


Terkadang ketika kita final install Photoshop maka Pallete History State ini tidak akan tampil. Untuk menampilkannya cukup gampang saja, Anda klik pilih sajian Windows lalu History.


Asal Anda tahu kalau Pallete History State ini secara default hanya akan menampung 20 sesi perekaman saja. Tentunya dengan jumlah yang sangat sedikit ini akan menyulitkan kita dalam hal desain di Photoshop. Satu proses desain itu akan menghabiskan ratusan langkah-langkah. Anda dapat bayangkan bila kita ingin mengembalikan langkah editing ke diatas 20 maka sama sekali tidak dapat melakukannya. Tenang, ternyata kita dapat mengubah jumlah History State bawaan ini dengan cara klik sajian Edit > Preferences > Performance. Pada opsi History & Cache silakan Anda ubah jumlah angkanya menjadi lebih besar lagi. Ukuran maksimalnya yakni hingga 1000 History saja.


 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan √ 5 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan Untuk Memudahkan Desain


2. Units & Rulers


Tentunya kita tidak terbiasa dengan pengaturan inch atau yang lainnya selain centimeter (cm). Nah di Photoshop ini begitu kita final install Photoshop Unit dan Rulernya memakai satuan inch. Namun bila Anda merasa lebih nyaman dengan pengaturan ruler inch maka tidak perlu diubah pengaturan ini. Sebaliknya bila Anda ingin mengubahnya maka caranya yakni dari sajian Edit > Preferences > Units & Rulers. Pada opsi Units silakan Anda ubah satuan inch dengan satuan yang Anda inginkan, disini saya menentukan cm atau centimeter.


Mumpung lagi di jendela Units & Rulers, Anda dapat juga mengubah pengaturan-pengaturan default Photoshop lainnya ibarat Column Size dan Preset Resolutions. Mungkin disini yang tidak mengecewakan penting yakni menentukan resolusi default Photoshop, secara deafult yakni 72 pixels.


 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan √ 5 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan Untuk Memudahkan Desain


3. Cursors


Pengaturan selanjutnya yang wajib kita atur lagi demi memudahkan dalam proses desain foto atau gambar yakni Cursors. Secara default tampilan cursors Photoshop yakni berbentuk balpoint atau pinset. Cursors ini biasa kita gunakan untuk mengambil referensi piksel pada gambar atau foto. Agar ketika proses pengambilan detail piksel lebih gampang dan cepat maka tampilan cursors ini meski kita ubah dari Standard menjadi Precise. Untuk melaksanakan ini semua silakan Anda klik pilih sajian Edit > Preferences > Cursors. Anda ubah pada Other Cursors yang semula Standard menjadi Precise.


 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan √ 5 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan Untuk Memudahkan Desain


4. Keyboard Shortcuts


Tentunya Anda sudah tahu apa itu Keyboard Shortcuts? Ya, benar kalau fungsi Keyboard Shortcuts yakni untuk mempercepat proses pengerjaan dalam aktivitas komputer bukan hanya Photoshop saja. Semua aktivitas di komputer mempunyai fitur Keyboard Shortcuts bahkan Operasi Sistem Windows sendiri. Selain itu setiap web browser juga mempunyai fitur Keyboard Shortcuts, referensi kecilnya bila kita ingin memperbesar tampilan internet maka dapat memakai kombinasi Ctrl+Scroll mouse.


Anda niscaya pernah ketika ingin print dokumen di aktivitas apapun maka dapat memakai kombinasi Ctrl+P pada keyboard, nah itu namanya Keyboard Shortcuts.


Keyboard Shortcuts yang ada di Photoshop atau yang sudah ditetapkan secara default sesungguhnya masih dapat kita ubah atau tambah lagi. Namun disini saya tidak akan membahas lebih panjang lagi perihal cara menciptakan Keyboard Shortcuts di Photoshop. Karena tentunya artikel akan kepanjangan, mungkin dilain waktu saja.


Sekedar gosip saja bila Anda ingin melihat atau mengetahui Keyboard Shortcuts yang ada di Photoshop caranya yakni dari sajian Edit > Keyboard Shortcuts.


 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan √ 5 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan Untuk Memudahkan Desain


5. Workspace


Apa itu Workspace? Setiap aktivitas dan begitu juga tidak ketinggalan dengan Photoshop bahwa akan mempunyai Workspace. Workspace yakni area kerja atau tampilan secara keseluruhan dari halaman Adobe Photoshop. Yang paling penting kita gunakan dalam Photoshop area Workspace Toolbox (sebelah kiri) dan area Pallete (sebelah kanan). Area Toolbox biasanya akan menampilkan tool Move, Crop, Stamp, dan sebagainya. Sedangkan area Pallete akan menampilkan History State, Actions, Layers, dan sebagainya.


Agar pengerjaan di Photoshop semakin mudah, silakan Anda atur Workspace Photoshop yang paling sering digunakan. Cara menampilkannya gampang saja, dari sajian Window dan pilih bab mana yang ingin Anda tampilkan pada layar kerja Photoshop. Disini saya menentukan Layers, Navigator, Options, Styles, dan Tools.


Baca Juga : Cara Mengembalikan Tampilan Workspace Photoshop Ke Pengaturan Awal


 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan √ 5 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan Untuk Memudahkan Desain


Ok mungkin hanya itu saja 5 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan supaya proses editing dan desain menjadi lebih gampang dan cepat. Semoga artikel ini ada keuntungannya dan hingga jumpa di artikel selanjutnya. Salam sukses.



Sumber http://info-menarik.nett