Saturday, August 4, 2018

√ Tips Gerakan Pemanasan Sebelum Berolahraga

Pemanasan sebelum berolahraga jadi hal yang sangat penting semoga badan tidak terlalu kaget ketika diajak olahraga berat dan untuk menghindari kram atau cedera lainnya selama berolahraga. Anda sanggup mencoba variasi gerakan pemanasan dengan lompat tali, tepuk nyamuk, dan jalan di tempat.


Go Dok Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa sebelum berolahraga, Anda terlebih dulu harus melaksanakan beberapa gerakan pemanasan. Baik itu olahraga lari, renang, fitness, dan lain-lain. Tujuannya yakni semoga badan tidak terlalu kaget ketika diajak berolahraga berat, dan untuk menghindari kram atau cedera lainnya selama berolahraga.


Namun, terkadang gerakan pemanasan yang itu itu saja sanggup menciptakan siapapun bosan. Nah, untuk mencegah kebosanan tersebut sebaiknya Anda mencoba gerakan pemanasan yang mengasyikkan.


Berikut yakni beberapa tips gerakan pemanasan sebelum berolahraga yang sanggup Anda praktikkan!


1. Lompat tali


Dibandingkan hanya melaksanakan push-up, sit-up dan back-up untuk pemanasan sebelum berolahraga, ada baiknya Anda melaksanakan sesuatu yang lebih dinamis dan tidak membosankan. Ya, tentunya Anda sudah tak abnormal lagi dengan permainan lompat tali.


Nah, sebagai orang dewasa, Anda sanggup kembali memainkannya sendiri, dengan melaksanakan lompat-lompat meloncati tali sebagai pemanasan, alias skipping. Jenis pemanasan ini akan menyenangkan, dan menciptakan Anda lebih fokus alasannya harus menyesuaikan ritme dengan perputaran tali.


Lakukan lompat tali selama lima menit, dengan tempo ringan maupun cepat untuk pemanasan.


2. Tepuk nyamuk


Satu lagi gerakan yang terkenal di masa kecil, yakni tepuk nyamuk. Olahraga di sekolah-sekolah dasar biasanya memfavoritkan gerakan ini alasannya anak-anak dinilai jauh lebih aktif dan membutuhkan gerakan yang lebih dinamis.


 Nah, Anda sanggup menerapkan tepuk nyamuk sebagai salah satu jenis pemanasan sebelum berolahraga yang cukup efektif. Pasalnya, gerakan ini akan menciptakan kaki, otot-otot inti pada tubuh, serta jantung Anda bekerja di waktu yang sama.


Hal ini akan memperlancar fatwa darah dan mempersiapkan jantung Anda untuk olahraga yang lebih berat. Lakukan gerakan tepuk nyamuk setidaknya 5 – 10 menit untuk pemanasan.


3. Tambahkan musik dan ritme


Salah satu hal yang sanggup menciptakan pemanasan di pagi hari lebih mengasyikkan yakni : musik. Ya, Anda sanggup menyetel sederet pilihan lagu dengan tempo yang sempurna untuk mengiringi pemanasan Anda.


Mainkan lagu yang bertempo pelan sampai sedang untuk gerakan yang ritmenya sedang dan mainkan lagu hip hop atau R&B untuk gerakan pemanasan dengan ritme yang lebih dinamis. Pilihan lagu bisa disesuaikan dengan selera Anda, lho!


Contohnya, Anda sanggup menyetel lagu-lagu rock, ibarat Back in Black (AC/DC), Eye of The Tiger, atau Smoke on The Water (Deep Purple) untuk push-up, sit-up, dan back-up. Sedangkan untuk gerakan peregangan atau kardio, Anda sanggup menentukan The Pussycat Dolls, Ariana Grande, atau Havana. Menyenangkan, bukan?


4. Animal Instinct


Bukan sekadar judul dari salah satu film erotis paling terkenal, Animal Instinct juga merupakan nama dari sekumpulan gerakan pemanasan yang menciptakan Anda menjiplak gerakan binatang. Hal ini butuh perjuangan lebih, namun mengasyikkan alasannya beberapa gerakan sanggup terlihat konyol dan menciptakan Anda merasa lucu.


Contoh dari gerakan yang termasuk dalam kelompok ini yakni :



  • Lompat kodok, lompat ibarat yang dilakukan kodok, lakukan setidaknya 2 x 8 kali

  • Crab Walk,gerakan menyamping ibarat kepiting, lakukan setidaknya 2 x 8 kali

  • Duck Walk,gerakan berjalan dengan kaki menjiplak gerakan belibis ketika berjalan, lakukan hal ini setidaknya 2 x 8 kali

  • Bear crawl,merangkak dengan kedua tangan dan kaki layaknya beruang, lakukan setidaknya 2 x 8 kali.


5. Jalan di tempat


Salah satu gerakan pemanasan sebelum berolahraga yang paling gampang dan mengasyikkan yakni jalan di tempat. Ya, Anda tak perlu ke mana-mana dan hanya fokus pada kedua kaki.


Saat melakukannya, pastikan kedua tangan juga diayunkan ke atas dan bawah layaknya sedang jogging. Pertahankan gerakan ini selama 3 menit. Eits, Anda juga sanggup menyetel lagu untuk mengiringinya, ibarat Yellow Submarine atau Twist And Shout (The Beatles).


Nah, itu ia 5 tips untuk menciptakan gerakan pemanasan sebelum berolahraga  lebih mengasyikkan. Selamat mencoba!


 


Baca juga:



Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera d0wnl0ad aplikasi kesehatan Go Dok di sini.


SF/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm