Saturday, August 11, 2018

√ Mari Mengenal Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru merupakan suatu perkembangan sel-sel asing yang tidak terkontrol yang pertumbuhannya dimulai pada salah satu, atau kedua paru-paru Anda. Biasanya, pertumbuhan sel-sel kanker ini dimulai pada area terusan udara.


Go Dok Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang menjadi salah satu problem utama bagi praktisi kesehatan di Indonesia. Pasalnya, menurut data yang dikeluarkan World Health Orgnization (WHO), kanker paru-paru merupakan penyebab kematian utama kaum laki-laki di Indonesia.


Lebih lanjut, International Agency for Research on Cancer (IARC) juga merilis data di tahun 2012, bahwa terdapat 34.696 masalah kanker paru-paru di Indonesia dan 25.322 di antaranya menimpa kaum pria. Mengerikan, bukan? Mengapa hal ini sanggup terjadi? Untuk menjawabnya, yuk mengenal kanker paru-paru lebih erat melalui klarifikasi lengkap berikut ini!


Apa itu kanker paru-paru?


Kanker paru-paru merupakan suatu perkembangan sel-sel asing yang tidak terkontrol yang pertumbuhannya dimulai pada salah satu, atau kedua paru-paru Anda. Biasanya, pertumbuhan sel-sel kanker ini dimulai pada area terusan udara. Sel-sel asing ini tidak akan berubah menjadi jaringan paru-paru yang normal, namun terbagi dengan cepat dan membentuk tumor.


Paru-paru Anda merupakan sepasang organ yang terletak di pecahan dada. Keduanya bertugas untuk membawa oksigen masuk ke dalam tubuh dan melepaskan karbondioksida ketika Anda  bernapas. Saat kemudian berubah menjadi lebih besar dan lebih banyak, sel-sel tumor akan merusak fungsi paru-paru dalam mensuplai pedoman darah dengan oksigen.


Tipe-tipe kanker paru-paru


Terdapat dua tipe kanker paru-paru, yaitu :



  • Small cell lung cancer,yang muncul khusus hanya pada para perokok berat, dan lebih jarang terjadi dibandingkan tipe kanker yang lainnya. Tipe ini umumnya lebih cepat menyebar dan lebih berbahaya dibandingkan tipe kanker lain.




  • Non-small cell lung cancer,tipe-tipe kanker paru-paru ini termasuk di antaranya squamous cell carcinoma, large cell carcinoma, bronchioalveolar carcinoma dan adenocarcinoma.


Apa penyebabnya?


Penyebab utama dari kanker paru-paru yaitu merokok, baik pada perokok aktif maupun perokok pasif. Jadi, jikalau seorang yang kerap terkena paparan asap rokok atau seorang perokok terkena kanker paru-paru, maka sanggup dipastikan kebiasaan jelek tersebutlah penyebabnya.


Meski begitu, pada beberapa masalah kanker paru-paru juga ditemukan pada merokok yang bukan perokok (pasif maupun aktif). Dalam kasus-kasus ini, dokter belum sanggup memastikan penyebabnya.


Kebanyakan dokter percaya bahwa merokok sanggup menjadikan kanker paru-paru dengan cara merusak sel-sel yang melapisi paru-paru Anda. Saat Anda menghirup asap rokok -yang mana penuh akan racun penyebab kanker, menyerupai karsinogen- perubahan pada jaringan paru-paru Anda eksklusif dimulai.


Pertama-tama, tubuh Anda akan sanggup mengatasi kerusakan ini. Namun, jikalau paparan zat-zat dari asap rokok ini berlangsung berkali-kali, maka sel-sel normal yang melapisi paru-paru akan semakin rusak. Akhirnya, kerusakan ini akan menjadikan sel-sel paru-paru Anda berfungsi tidak normal sampai kanker terbentuk.


Faktor risiko


Faktor risiko merupakan hal-hal yang sanggup meningkatkan risiko Anda dalam terkena kanker paru-paru. Beberapa di antaranya yaitu :



  • Berusia di atas 40 tahun, di mana kanker paru-paru jarang ditemukan pada mereka yang berusia di bawah 40 tahun.

  • Perokok aktif atau pasif

  • Sering terpapar zat asbestos, nikel, arsenik, dan kromium, atau zat-zat lainnya yang mengandung karsinogen.

  • Keturunan, di mana Anda yang mempunyai orang tua, saudara kandung, atau kakek-nenek yang menderita kanker paru-paru akan lebih berisiko menderta kanker ini pula.


Lalu, apa saja tanda-tanda yang mungkin muncul?


Pada tahap awal, umumnya tidak ada tanda-tanda yang muncul. Namun, seiring bertambah parahnya kanker paru-paru yang Anda derita, maka akan muncul gejala, menyerupai :



  • Batuk yang tidak kunjung berhenti

  • Batuk berdarah

  • Sesak napas yang semakin sering terjadi dan berulang

  • Kelelahan tanpa alasannya yaitu yang terang dan penurunan berat tubuh drastis

  • Muncul rasa sakit atau nyeri ketika bernapas atau batuk.


Bisakah kanker paru-paru disembuhkan?


Seperti tipe kanker lainnya, jikalau terdiagnosis pada tahap awal dan sel-sel kanker hanya terbatas pada satu area, Anda sanggup menjalani operasi pengangkatan kanker. Biasanya, area paru-paru yang terkena kanker juga akan turut diangkat.


Jika operasi tidak memungkinkan lantaran kondisi kesehatan Anda, maka biasanya dokter akan menjalankan radioterapi untuk menghancurkan sel-sel kanker.


Sementara itu, jikalau sel-sel kanker sudah menyebar terlalu jauh dan pada tahap krisis, maka Anda sanggup menjalani kemoterapi.


Nah, itu beliau ulasan lengkap mengenai kanker paru-paru. Semoga bermanfaat, ya!


 


Baca juga:



Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.


SF/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm