Saturday, August 4, 2018

√ Manfaat Obat Kumur Bagi Kesehatan Mulut

Manfaat obat kumur sangatlah bermacam-macam dalam menjaga kesehatan verbal Anda menyerupai sanggup menyegarkan nafas, menghalangi penumpukan plak, mengurangi gigi berlubang, melawan penyakit gusi, meredakan sariawan, melindungi kehamilan dan memutihkan gigi.


Go Dok Penggunaan obat kumur atau biasa disebut mouthwash dapat melengkapi rutinitas yang bekerjasama dengan verbal Anda sehari-hari. Itu artinya, obat kumur tidak sanggup dipakai sebagai pengganti sikat gigi.


Tidak banyak yang tahu kalau gotong royong terdapat dua jenis obat kumur yang sanggup dipilih sesuai kebutuhan. Mereka yakni obat kumur kosmetik dan terapeutik. Obat kumur kosmetik sanggup mengontrol amis verbal tak sedap dan meninggalkan cita rasa yang menyenangkan.


Namun ia tidak mempunyai kandungan kimiawi atau biologis di dalamnya lantaran sifatnya yang temporer. Maksudnya, jikalau sebuah produk obat kumur tidak membunuh bakteri yang mengakibatkan amis verbal tidak sedap, itu berarti keuntungannya hanyalah kosmetik saja.


Sementara obat kumur terapeutik mempunyai materi aktif yang bertujuan untuk bantu mengatasi atau mengurangi kondisi menyerupai amis verbal tidak sedap, gingivitis, plak, dan kerusakan gigi. Bahan aktif yang kemungkinan dipakai oleh obat kumur terapeutik antara lain cetylpyridinium chloride, minyak esensial, fluoride, dan peroxide.


Berikut ini beberapa manfaat obat kumur dalam menjaga kesehatan verbal Anda:


1. Menyegarkan napas


Ini khususnya untuk obat kumur kosmetik, ia sanggup mengurangi amis verbal tidak sedap. Dengan bermacam-macam rasa yang sanggup dipilih, manfaat obat kumur ini sanggup secara temporer membunuh basil yang mengakibatkan amis verbal tidak sedap dan memperlihatkan aroma napas mint yang segar.


2. Menghalangi penumpukan plak


Beragam obat kumur bermanfaat membantu mencegah penumpukan plak pada gusi, di antara gigi, dan permukaan gigi dikala disikat. Meski sanggup mengurangi penumpukan plak, ia tidak sanggup mengurangi plak yang sudah ada pada gigi Anda. Makara selalu ingat untuk rajin sikat gigi ya.


3. Mengurangi gigi berlubang


Berkumur dengan obat kumur yang mengandung flouride benar-benar sanggup mengurangi gigi berlubang. Telah banyak penelitian perihal manfaaat fluoride dalam menurunkan demineralisasi dan lubang pada gigi.


4. Melawan penyakit gusi


Dengan penyakit periodontal seperti radang gusi, gusi dan dudukan gigi sanggup membengkak atau terinfeksi lantaran plak dari basil dan makanan yang melekat pada gigi.


Obat kumur anti bakteri, yang mengandung alkohol atau chlorhexidine, kemungkinan sanggup mencegah penyakit gusi.


5. Meredakan sariawan


Manfaat obat kumur sanggup meredakan sariawan, bekerja dengan mendetoksifikasi area yang dimaksud. Hal ini dianggap ampuh untuk mengurangi jumlah basil yang sanggup mengiritasi penggalan yang terkena sariawan.


6. Melindungi kehamilan


Penyakit periodontal adalah faktor risiko dari kelahiran prematur dan bayi dengan berat di bawah normal. Ini disebabkan oleh basil dari infeksi gusi sanggup menyusup ke peredaran darah wanita yang sedang hamil dan meningkatkan pembengkakan yang sanggup menstimulasi kontraksi.


Penelitian terbaru yang diterbitkan di American Journal of Obstetrics and Gynecology menemukan kalau calon ibu yang memakai obat kumur selama kehamilan mempunyai kemungkinan sangat kecil untuk melahirkan prematur.


7. Memutihkan gigi


Obat kumur tidak mempunyai dampak yang sama menyerupai perawatan pemutihan gigi. Namun salah satu manfaat obat kumur terapeutik yakni dampak memutihkan jikalau dipakai dalam jangka panjang. Jika ini tujuan Anda, cari obat kumur yang mengandung carbamide peroxide sebagai salah satu materi aktifnya.


Berdasarkan daftar manfaat obat kumur di atas, obat kumur benar-benar memperlihatkan manfaat yang menyenangkan. Namun penting untuk diketahui kalau tidak semua obat kumur sama. Berkumur juga sanggup memakai air garam yang sanggup dibentuk sendiri di rumah memakai air hangat dan garam. Sementara obat kumur yang dijual di pasaran mengandung bermacam-macam materi yang berkisar dari fluoride atau alkohol atau clorhexidine.


Perlu diingat kalau obat kumur tidaklah direkomendasikan untuk anak-anak berusia di bawah enam tahun. Ini disebabkan oleh refleks menelan kemungkinan masih belum berkembang tepat pada belum dewasa seumuran itu.


Jadi ada kemungkinan mereka akan tidak sengaja menelan obat kumur dalam jumlah banyak yang memicu dampak samping menyerupai mual, muntah, bahkan keracunan. Untuk itu pastikan  selalu mengecek label produk untuk peringatan yang lebih spesifik dan rekomendasi usia minimal.


 


Baca juga:



Punya permasalah seputar kesehatan gigi? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seorang jago gigi. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.


FY/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm