Tuesday, August 14, 2018

√ Fungsi Usus Besar Dalam Badan Anda

Fungsi usus besar yang paling utama yaitu mencerna air dan mineral yang dihasilkan dari kuliner yang sudah dicerna, untuk lalu membuang sisa-sisa yang tidak diharapkan badan menjadi feses. Tanda usus besar yang sehat yaitu membuang air besar secara teratur.


Go DokUsus besar yaitu pecahan dari sistem pencernaan manusia, dan mempunyai panjang sekitar 1,5 meter. Usus besar berada di bawah usus kecil dan di atas anus. Sebagai organ vital tubuh, kita perlu mengetahui fungsi usus besar biar sanggup menjaganya dengan baik.


Apa saja fungsi usus besar?


Salah satu fungsi usus besar yang utama yaitu mencerna air dan mineral yang dihasilkan dari kuliner yang sudah dicerna, untuk lalu membuang sisa-sisa yang tidak diharapkan badan menjadi feses.


Usus besar yaitu organ berotot, ditunjang oleh saraf di dalam dan luar permukaan, yang sanggup menyerap lebih dari 90% cairan yang masuk ke dalamnya. Cairan tersebut bisa dicerna oleh usus besar, lalu diolah hingga menjadi satu persepuluh dari jumlah cairan sebelumnya.


Usus besar mempunyai tipe bakteri berbeda untuk membantu pencernaan, memaksimalkan produksi nutrien yang vital, mempertahankan keseimbangan tingkat asam (pH) tubuh, dan mencegah berkembangnya basil berbahaya.


Sementara itu, basil baik terkandung dalam tubuh, mempunyai tugas penting untuk mencerna asam folat dan nutrien berharga dari kuliner yang dicerna ketika proses metabolisme tubuh.


Usus kecil, di sisi lain, yaitu sentra pencernaan dan penyerapan. Usus kecil menyerap nutrien menyerupai vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan lemak, yang lalu dikirimkan ke pembuluh darah.


Makanan yang tidak tercerna oleh usus kecil disalurkan ke usus besar. Usus besar lalu berperan untuk mencerna ulang dan memilah makanan. Proses dari konsumsi makanan, pencernaan makanan, hingga pembuangan kuliner biasanya berlangsung 12 hingga 24 jam lamanya, jikalau usus besar berfungsi dengan maksimal dan sehat.


Menurut Moran dan Jackson (1992), fungsi usus besar yaitu untuk mengatur kadar air dan elektrolit dalam tubuh, serta mengatur pembuangan. Penelitian terbaru telah menerangkan bahwa usus besar sangat dibutuhkan sebagai organ yang mempunyai dampak besar terhadap metabolisme badan secara keseluruhan.


Kesehatan yang jelek sanggup disebabkan oleh detoksifikasi yang jelek juga. Fungsi usus besar lainnya yaitu membersihkan tubuh, lantaran usus besar membuang sisa-sisa kuliner yang tidak dibutuhkan tubuh. Jadwal buang air besar dan konstipasi yang tidak teratur sanggup mengakibatkan endapan beracun yang ditimbulkan dari produk kuliner tak dicerna yang menumpuk.


Ketika waktu transit kuliner dalam usus besar berlangsung lebih lama, reabsorpsi air tinja dan retensi tinja menjadi berlebih. Hal ini sanggup menjadikan beberapa macam penyakit, menyerupai diabetes, yang sanggup menciptakan disfungsi elemen saraf usus besar, mengakibatkan konstipasi yang cukup parah.


Kenali kondisi usus besar


Tanda usus besar yang sehat yaitu membuang air besar secara teratur.  Namun, tidak jarang kinerja usus besar kadang terganggu dan meradang.


Jika usus sedang meradang, terutama jikalau divertikula (kantung-kantung yang terbentuk di sepanjang susukan pencernaan) terkena infeksi, Anda biasanya akan merasa sakit perut, demam, dan sulit untuk buang air besar. Kondisi ini dinamakan divertikulitis. Usus besar yang bermasalah sanggup menjadikan pendarahan ketika buang air besar.


Selain peradangan, basil juga bisa mengontaminasi kuliner dan mengakibatkan jerawat pada pencernaan. Makanan-makanan kurang higienis yang terserang basil menyerupai Salmonella sanggup mengakibatkan diare dan kram perut. Biasanya, hal tersebut akan mereda tanpa pengobatan, tetapi ada baiknya segera berkonsultasi kepada dokter jikalau Anda mengalami tanda-tanda demikian.


Itu ia ulasan mengenai fungsi usus besar. Semoga bermanfaat!


 


Baca juga:



Konsultasi kesehatan sekarang bisa eksklusif lewat gadget Anda. Download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.


VD/PJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm