Friday, August 10, 2018

√ Daur Nitrogen : Tahapan, Proses, Dan Ilustrasinya

Nitrogen (N2) yakni komponen terbesar dalam komposisi gas di atmosfer bumi.
Baik tumbuhan, hewan, maupun manusia, membutuhkan nitrogen untuk proses pertumbuhan dan perkembangannya. Nitrogen yakni unsur utama dalam pembentuk asam amino, asam yang dipakai sebagai materi penting dalam molekul pembentuk protein. Adapun di alam ini, nitrogen sanggup ditemukan dalam bentuk senyawa N2, NO3, NO2, dan NH4. Ketersediaan nitrogen di alam sanggup terpenuhi alasannya yakni adanya daur nitrogen yang berlangsung secara terus menerus. Seperti apa daur nitrogen itu? Simak pemaparan yang telah eBiologi.com buat berikut ini.

Daur Nitrogen

 yakni komponen terbesar dalam komposisi gas di atmosfer bumi √ Daur Nitrogen : Tahapan, Proses, dan Ilustrasinya
Daur nitrogen yakni salah satu daur biogeokimia yang terjadi di bumi alasannya yakni adanya interaksi yang terjadi antar komponen dalam ekosistem. Nitrogen secara umum terdapat dalam lapisan udara bumi (atmosfer) dan sebagian kecil terdapat dipermukaan litosfer bumi. Nitrogen banyak dipakai oleh flora sebagai materi baku pertumbuhan makronya. Adapun beberapa sumber nitrogen di alam sanggup tersedia alasannya yakni terjadinya proses pemecahan nitrogen di udara secara alami melalui insiden berikut ini.

1. Petir

Petir mempunyai energi besar yang bisa dipakai untuk memecah N diatmosfer sehingga ia sanggup bereaksi dengan oksigen dan membentuk Nitrat (NO3). Nitrat (NO3) jatuh ke tanah bersama air hujan dalam daur air sehingga kemudian menjadi hara penting dalam menunjang kesuburan tanaman.

 yakni komponen terbesar dalam komposisi gas di atmosfer bumi √ Daur Nitrogen : Tahapan, Proses, dan Ilustrasinya

2. Fiksasi

Ada beberapa kuman yang mempunyai kemampuan untuk mengikat nitrogen di udara (N2) menjadi bentuk terikat di tanah (NO3). Bakteri yang mempunyai kemampuan ini contohnya kuman Rhizobium, Marsiella crenata, Azotobacter, Rhodospirillum, Clostridium, dan kuman kemoautotrof. Kedua kuman ini bersimbiosis dengan tumbuhan Leguminosa (kacang-kacangan) dan membentuk bintil akar.

3. Penambangan

Nitrogen sangat diharapkan tumbuhan untuk memperoleh pertumbuhan yang maksimal. Para petani biasanya memperlihatkan perhiasan pupuk ke tanaman. Pupuk nitrogen ibarat Urea dan ZA diperoleh melalui proses penambangan nitrogen yang ada di udara. Penambangan semacam ini hanya sanggup dilakukan dengan sumbangan teknologi tinggi.

Daur nitrogen sebagai salah satu bentuk daur biogeokimia berlangsung alasannya yakni diawali proses penambatan nitrogen di udara melalui fiksasi yang dilakukan oleh kuman tanah, alasannya yakni sumbangan petir, serta alasannya yakni penambangan yang dilakukan oleh manusia. Setelah mengalami fiksasi, nitrogen kemudian melalui beberapa tahapan lanjut yang mencakup amonifikasi, nitrifikasi, dan denitrifikasi.

1. Amonifikasi

Amonifikasi yakni pengubahan senyawa amonia atau nitrat menjadi ammonium. Dalam daur nitrogen, ammonium sanggup dihasilkan dari pengubahan nitrat yang dilakukan oleh kuman Micrococcus denitrifican. Proses amonifikasi menciptakan jumlah nitrat di tanah jadi berkurang sehingga bersifat merugikan tanaman. Amonifikasi juga sanggup terjadi pada acara perombakan jasad mati dan metabolisme tubuh. Hasil ekskresi dan jasad mati sanggup terdekomposisi oleh detritivor dan menghasilkan amonia (NH3) yang kemudian berkembang menjadi amonium (NH4). Amonium memang sanggup pribadi dimanfaatkan oleh tumbuhan, namun sebagian besar darinya justru dipakai kuman aerob sebagai sumber energi.

2. Nitrifikasi

Nitrifikasi yakni proses konversi amonium menjadi nitrat dengan sumbangan enzim nitrogenase melalui 2 tahapan yaitu tahap nitritasi dan nitratasi. Nitritasi yakni konversi amonium menjadi nitrit (NO2) dengan sumbangan kuman Nitrosomonas, sedangkan nitratasi yakni konversi nitrit (NO2) menjadi nitrat (NO3) dengan sumbangan kuman Nitrobacter. Dalam daur nitrogen, nitrifikasi hanya sanggup berlangsung pada kondisi cukup oksigen (aerob), sedangkan pada kondisi tidak cukup oksigen (anaerob) proses denitirifikasilah yang akan terjadi.

3. Denitrifikasi

Denitrifikasi yakni suatu proses dalam daur nitrogen yang mengakibatkan pelepasan nitrogen ke udara dipicu oleh kondisi anaerob di dalam tanah. Di kondisi anaerob, bakteri-bakteri di tanah -seperti Micrococcus denitrifican, Thiobacillus denitrifican, dan Pseudomonas denitrifican, mengambil oksigen dari nitrat yang ada di dalam tanah. Karena kondisi ini, beberapa nitrat berkembang menjadi nitrogen (N2) sehingga ia kembali terlepas ke udara. Seperti amonifikasi, denitrifikasi juga sangat merugikan tumbuhan alasannya yakni pasokan nitrit untuk kesuburan tanah jadi berkurang.

Nah, itulah tahapan-tahapan yang dilalui dalam daur nitrogen yang selama ini terjadi di lingkungan hidup kita. Jika kau masih belum memahami secara lebih menyeluruh pada pembahasan ini, silakan simak video berikut untuk mendapat ulasan yang lebih baik.
Sumber http://www.ebiologi.net