Saturday, August 11, 2018

Cara Daftar Sipp Online Bpjs Ketenagakerjaan

Pasti ingin tau dengan apa itu SIPP Online, ingin tahu cara daftar SIPP online BPJS ketenagakerjaan ? SIPP Online sendiri merupakan kependekan dari Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan (SIPP) Online BPJS Ketenagakerjaan. SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan ini berbentuk aplikasi yang sanggup anda kanal secara online melalui web : (https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/sipponline/) atau melalui aplikasi mobile.


Apa saja laba yang di sanggup kalau sebuah Perusahaan ikut atau daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan. Adapun secara rinci berikut ialah manfaatnya:



  1. Data Perusahaan


Melalui SIPP Online anda sanggup secara daring melaporkan atau mengupdate data perusahaan anda dengan cepat dan mudah.



  1. Data Tenaga Kerja


Fitur lain yang diberikan oleh SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan ialah berupa pendataan tenaga kerja. Baik berupa menambah tenaga kerja yang gres maupun me-non-aktifkan tenaga kerja yang sudah tidak bekerja lagi diperusahaan anda.



  1. Data Upah


Selain itu SIPP Onle BPJS Ketenagakerjaan juga meyuguhkan fitur view upah dimana anda akan dimanjakan dengan fitur pengolah data upah para pegawai anda dengan arahan yang dinamakan KPJ. Di hidangan ini anda sanggup mengedit jumlah upah yang harus dibayarkan kepada pegawai anda.



  1. Laporan


Dimenu laporan ini anda setidaknya akan menemukan empat hal pokok yaitu rincian tenaga kerja baru, rincian data upah para pegawai anda, rincian data tenaga kerja yang keluar dari perusahaan anda dan terakhir ialah rincian iuran BPJS yang harus dibayarkan oleh perusahaan anda.


Baca juga : Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan via online / internet



  1. Finalisasi


Yang dimaksud dengan finalisasi di sini ialah upah higienis yang harus anda bayarkan kepada pegawai sesudah dikurangi dengan iuran BPJS Ketenagakerjaan. Kaprikornus disinilah data pokok yang sangat penting bagi perusahaan anda, dimana fungsi utama dari SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan ini ialah memudahkan perusahaan dalam membayar iuran BPJS sekaligus menghitung upah higienis pegawai.



  1. Monitoring Iuran


Merupakan hidangan untuk memonitor jumlah iuran yang telah dibayarkan oleh perusahaan kepada BPJS. Di hidangan ini kita sanggup mengecek apakah kita telah membayar iuran atau belum.



  1. Menu Tambahan


Ada dua hidangan perhiasan pada aplikasi SIPP BPJS Ketenagakerjaan yaitu hidangan notifikasi dan hidangan setting.


Baca juga : Daftar iuaran BPJS per kelasnya dan cara membayar iuaran BPJS melalui ATM


Lalu bagaimana cara daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan? Setidaknya ada 24 (dua puluh empat) poin penting yang harus anda lakukan dikala melaksanakan registrasi SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan.


Cara Daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan


Adapun secara rinci ialah sebagai berikut:



  1. Pertama tentunya masuk dulu ke web (https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/sipponline/) atau d0wnl0ad aplikasinya di mobile anda.

  2. Setelah itu akan muncul laman web, di sana akan ditemukan goresan pena “LOGIN” kemudian carilah hidangan “Daftar SIPP Online” yang berada di bawah hidangan login.

  3. Kemudian anda akan diarahkan ke hidangan “Formulir Registrasi SIPP Online”. Pada langkah ini anda diharuskan mengisi Data Perusahaan dan Identitas Pengguna caranya ialah dengan memasukkan NPP (Nomor Pendaftaran Perusahaan) dan Divisi anda. Setelah NPP anda isikan maka secara otomatis Nama Perusahaan akan terisi. Kemudian bab Unit Kerja juga di isi kalau perusahaan anda terdiri atas Beberapa Unit Kerja yang sudah terdaftar di BPJS. Setelah itu pindah kebagian pengisian NO KPJ/No Peserta, kemudian isikan No Peserta pada kolom tersebut. Setelah itu isilah kolom Tanggal Lahir. Jika pengisian No KPJ dan Tanggal Lahir sesuai maka otomatis akan muncul nama peserta. Selanjutnya isikan juga No Handphone untuk verivikasi. Terakhir klik tombol lanjut

  4. Pada langkah ini anda diharuskan memasukan No PIN yang dikirimkan pada No Handphone yang anda isikan sebelumnya. Setelah itu isikan alamat email pada kolom dibawahnya, kalau sudah klik validasi. Kemudian akan muncul notifikasi pemberitahuan melalui email anda.

  5. Pada tahap ini, masuklah ke email anda di laman yang berbeda. Di sana anda akan mendapatkan email dari BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian bukalah laman registrasi SIPP BPJS Ketenagakerjaan dan masukanlah arahan konfirmasi yang dikirim pada alamat email anda terakhir Klik “OK”.

  6. Setelah langkah kelima selesai, giliran anda untuk memasukan pasword gres yang nantinya akan dipakai untuk login pada SIPP Online anda. Pasword harus terdiri atas 6 digit angka. Ulangi pasword anda untuk konfirmasi. Setelah semua terisi klik “DAFTAR” untuk melanjutkan.

  7. Jika pendafataran sukses maka akan muncul pemberitahuan bahwa email data pendafataran sudah dikirim ke alamat email Subject dari email tersebut ialah PENDAFTARAN PERUSAHAAN SUDAH JADI PESERTA”, kemudian cek email anda.

  8. Setelah tahap ini, anda tinggal menunggu proses verivikasi yang dilakukan oleh Kantor Cabang BPJS, kalau sudah disetujui maka anda akan mendapatkan email dengan subjek “PERSETUJUAN PERUSAHAAN SUDAH JADI PESERTA”.


Demikianlah tahapan cara daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan. Semoga Informasi ini bermanfaat bagi anda.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com