Monday, July 16, 2018

Pengertian Access Point Dan Fungsinya

Di zaman modern menyerupai kini ini, internet menjadi kebutuhan penting. Hampir semua orang membutuhkan internet. Entah itu untuk bekerja, hiburan atau mencari informasi. Internet bisa dipakai pada laptop, komputer, tablet, smartphone dan lainnya. Penyedia layanan internet pun semakin banyak. Ketika kita bermain internet di taman, café, atau daerah umum lainnya, niscaya menggunakan jaringan wifi. Sebuah jaringan wifi ada operator yang mengaturnya. Oleh alasannya itu kita akan membahas perihal pengertian access point dan fungsinya.


Pengertian Access Point


Access point yaitu perangkat jaringan komputer yang sanggup menghubungkan peranti nirkabel dengan jaringan lokal menggunakan bluetooth, wifi, wireless dan lainnya. Penggunaan access point menggunakan perangkat keras menyerupai hub, router atau switch. Perangkat keras ini akan dihubungkan dengan peranti nirbakel dan jaringan lokal, yang telah dibentuk administrator.


Pada perangkat access point, terdapat transceiver dan antena. Kedua alat itu dipakai untuk penyebar dan peserta sinyal. Antena dan transceiver akan dihubungkan dengan peranti yang sudah terhubung dengan access point. Untuk bisa terhubung, harus memasukkan password pada perangkat lunaknya. Password dibentuk oleh pembuat access point atau eksekutif jaringan.


 Hampir semua orang membutuhkan internet Pengertian Access Point Dan Fungsinya


Fungsi Access Point


Jika anda sudah memahami perihal pengertian access point, anda juga harus tahu perihal fungsi dari access point. Fungsi utamanya untuk mediator kemudian lintas darat perangkat dengan jaringan lokal. Perangkat disini bisa smartphone, laptop, komputer dan lainnya. Sedangkan jaringan lokal antara lain wireless, wifi dan lainnya. Tapi fungsi access point tak hanya sebagai perantara, masih banyak lainnya antara lain:



  • Menyebar sinyal internet melalui gelombang radio ke perangkat lain, yang sudah terhubung dengan access point

  • Menghubungkan antar jaringan lokal, yang menggunakan kabel atau tanpa kabel. Seperti wireless, wifi dan bluetooth

  • Alat yang dipakai untuk mengatur IP address secara otomatis dengan perangkat yang telah terhubung access point. Fungsi access point ini sama dengan fungsi dynamic host configuration protocol (DHCP)

  • Mengamankan fitur keamanan wap dan wep. Dikenal juga dengan shared key autenthication atau password yang dipakai untuk terusan wifi

  • Mengatur terusan suatu perangkat, menurut mac address yang menjadi identifikasi dari network card perangkat.


Cara Kerja Access Point


Access point menjadi penghubung perangkat nirkabel dengan jaringan lokal. Selain itu juga melaksanakan enkripsi data, pengontrolan akses, administrasi jaringan dan toleransi kesalahan. Pada ketika perangkat client mengakses jaringan lewat access point, access point pribadi menentukan untuk mengijinkan atau tidak menginjinkan perangkat terhubung dengan jaringan. Disinilah fitur kontrol terusan akan digunakan. Sehingga fitur keamanan bekerja dengan baik.


Access point mengenkripsi sandi, mencoba mencocokkan password dan kalau cocok access point akan pribadi mengijinkannya. Acces point juga akan menunjukkan alamat IP pada perangkat tersebut. Bila sudah terkoneksi dengan access point, browser pribadi menampilkan halaman usul password. Supaya anda bisa terhubung dengan jaringan internet tersebut. Access point menunjukkan alamat Ip dan menciptakan perangkat bisa berkomunikasi dengan perangkat lain.


Harga Access Point Tp-link


Untuk mengatur terusan point, anda membutuhkan router. Salah satu yang paling popular yaitu access point Tp-link. Berikut beberapa brand yang bisa anda gunakan. Dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing/



  • TP-Link wireless N Access Point (EAP110)


Acces point ini harganya sekitar Rp 495.000. dengan spesifikasi wireless N, single band, 802.11b/g/n, up to 300 Mbps, 2,4 Ghz, 1 x 10/100 mbps dan RJ45 port



  • TP-Link outdoor wireless access point (CPE510)


Harga wireless access point ini cukup mahal, mencapai Rp 805.000. tapi sesuai dengan fitur dan kualitas yang diberikan. Tipe single grup musik 5 Ghz, up to 300 Mbps, 802.11a/n. ethernet port, 10/100 mbps dan PoE support



  • TP-Link Wireless-N Access Point (TL-WA701ND)


Seri access point ini harganya sekitar Rp 241.500. Spesifikasinya up tp 150 mbps, 802.11b/g/n, 10/100 mbps.


Selain access point diatas, masih banyak jenis lain yang bisa anda gunakan. Setiap provider mempunyai seri yang berbeda-beda. Sekian artikel perihal pengertian access point dan fungsinya, dan hingga jumpa di artikel selanjutnya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com