Saturday, July 14, 2018

Mengenal Cara Kerja Lan Card Serta Fungsinya

Pengertian serta cara kerja LAN Card dan fungsinya merupakan sebuah warta yang perlu untuk diketahui ketika ingin menciptakan Local Area Network atau yang sering disebut dengan LAN. Ketika hendak menciptakan sebuah Local Area Network maka ada beberapa jenis perangkat pendukung semoga sebuah jaringan bisa terkoneksi dan bisa berjalan dengan lancar. Salah satu jenis perangkat yang diharapkan yaitu LAN Card. LAN card dalam istilah lainnya disebut juga dengan NIC atau Network Interface Care, Ethernet Card. Kartu jaringan ini merupakan sebuah jenis perangkat yang akan dipakai untuk bisa menghubungkan antara satu komputer dalam sebuah jaringan komputer dalam hal ini khususnya LAN. LAN ini sendiri merupakan sebuah jaringan dalam komputer yang nantinya meliputi wilayah yang tidak begitu luas. Contohnya sebuah jaringan komputer dalam sebuah gedung atau dalam satu ruangan rumah. Jenis jaringan LAN ini kerap dipakai dalam beberapa ruangan ibarat kantor, hotel. Bandara serta warner dan beberapa jenis jaringan lainnya. Berikut Pengertian LAN Card dan fungsinya.


Pengertian LAN Card


Lan Card ini merupakan salah satu jenis perangkat antar muka yang ada dalam sebuah jaringan komputer guna menghubungkan komputer dengan jenis perangkat lain dengan memakai kabel. LAN Card ini mempunyai bentuk berupa kartu perluasan yang nantinya akan dipasang dalam slot PCI pada motherboard komputer. Agar jaringan komputer bisa terhubung maka biasanya memakai jenis port Rj-45. Untuk bisa memasang LAN Card ini maka sebelumnya harus menginstal driver dari LAN terlebih dahulu. Namun ada juga LAN Card yang sudah terinstal secara otomatis tanpa perlu memakai driver.


Pengertian serta cara kerja LAN Card dan fungsinya merupakan sebuah warta yang perlu u Mengenal Cara Kerja LAN Card Serta Fungsinya


Akan tetapi seiring dengan bekembangnya waktu maka fungsi dari LAN Card ini semakin tergeser dengan munculnya jaringan nirkabel berjulukan Wireless. Wireless dinilai lebih efektif dan efisien alasannya yaitu bisa dipakai tanpa perlu memakai kabel. Akan tetapi meskipun demikian ternyata masih banyak juga yang memakai LAN Card untuk melaksanakan transfer data alasannya yaitu kecepatan transfer data yang lebih cepat apabila dibandingkan dengan memakai wireless.


Cara Kerja LAN Card


Cara kerja LAN Card dalam komputer / PC tak lepas dari efek OSI (Open System Interconnectioons). OSI sendiri yaitu model teoretis di sebuah jaringan komputer, dan terdiri dari 7 lapisan.


Dua lapisan pertama OSI merupakan lapisan fisik dan juga lapisan data link. Masing-masing lapisan OSI memungkinkan lapisan lain untuk tetap independen. Upaya meng-upgrade atau mengganti satu layer tidak akan mempengaruhi independensi lapisan lain. Hal ini berarti bahwa jikalau ada perangkat yang menggantikan LAN card, elemen komputer lainnya, ibarat protokol, tidak akan berubah.


Fungsi data link dari LAN Card lah yang menyediakan kemudahan penerimaan data biner dari jaringan pada tataran perangkat keras. LAN Card sanggup mengenali pemikiran ini dan bahkan bisa menyidik kesalahan yang ada. Ketika seorang pengguna komputer yang terhubung dengan jaringan menyalakan komputernya, maka akan terlihat 2 (dua) buah lampu: Satu berwarna hijau, dan satunya lagi berwarna jingga. Lampu jingga akan terus menyala ketika lapisan data link dihubungkan. Hal ini mengindikasikan bahwa kabel tersebut bekerja, ada jaringan dan terdapat pemikiran data. Adapun lampu kedua, yakni lampu hijau, akan muncul begitu lapisan berikutnya diaktifkan.


Fungsi Dari LAN Card


Seperti pada klarifikasi di awal dimana fungsi utama dari LAN Card ini yaitu sebagai penghubung dalam suatu jaringan komputer ketika melaksanakan pergantian dara. Lebih dari itu fungsi LAN Card yang lainnya yaitu sebagai berikut :



  1. Untuk mengontrol jaringan data antara host atau komputer pada suatu jenis jaringan

  2. Untuk menyiapkan data dalam sebuah komputer semoga datanya bisa ditransfer atau dikirimkan ke beberapa jaringan komputer lain memakai media penghubung

  3. Untuk mendapatkan data dalam komputer lewat kabel serta diterjemahkan ke dalam bentuk bit yang akan dimengerti oleh komputer itu sendiri


Beberapa Jenis LAN CARD


Jika dilihat dari jenisnya kabel LAN ini terdiri dari dua jenis yaitu LAN Card internal serta LAN Card Eksternal. Yang dimaksud dengan LAN Card internal merupakan LAN Card yang pribadi ada dalam motherboard. Jenis moteherboard yang keluar kini ini LAN Cardnya sudah terpasang dengan otomatis. Sedangkan yang dimaksud dengan LAN Card eksternal merupakan LAN Card yang akan dipasang secara manual di dalam slot moterboard. Jika dilihat dari bentuknya LAN Card ini terdiri dari beberapa jenis diantaranya yaitu sebagai berikut :




  1. LAN Card ISA




Jenis LAN Card ini yaitu LAN Card yang pertama kali diciptakan oleh sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang jaringan komputer. Untuk jenis LAN Card ini mempunyai slot dengan warna hitam dengan jumlah satu hingga tiga. Adapun ciri lain dari LAN card jenis ini yaitu terdapat konektor output yang sudah didukung oleh BNC serta RJ-45.




  1. LAN Card PCI




Jenis LAN Card ini diproduksi di tahun 1992 serta hingga ketika ini masih banyak digunakan. Jenis PCI ini merupakan pengembangan dari jenis ISA. Untuk LAN Card PCI ini sudah mulai dipakai di komputer generasi pentium 1 dan hingga ketika ini masih banyak digunakan. Untuk jenis komputer pada zaman dahulu mempunyai slot sebanyak 5 slot dan untuk motherboard kini ini hanya mempunyai slot sebanyak 1 slot saja.


Demikianlah uraian singkat mengenai pengertian serta cara kerja LAN Card dan fungsinya. Semoga uraian singkat ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com