Thursday, July 5, 2018

√ Jenis Penyakit Menular Yang Harus Anda Waspadai

Penyakit menular ternyata tidak hanya disebarkan melalui insan ke manusia. Namun, hewan juga sanggup menularkan penyakitnya ke manusia. Penyakit ini sering disebut sebagai zoonotic. Jenis penyakit menular diantaranya influenza, muntaber, TBC, tifus, demam berdarah dengue, flu burung, dll.


Go Dok Apakah semua penyakit menular? Terkadang ada beberapa orang yang salah kaprah mengenai hal ini. Penyakit bergotong-royong sanggup dikategorikan menjadi dua macam, tidak menular dan menular. Penyakit tidak menular umumnya disebabkan imbas jelek yang berasal dari dalam tubuh, menyerupai kanker, diabetes, dan rabun dekat.


Sedangkan penyakit menular merupakan penyakit yang penyebarannya melalui kontak secara pribadi atau tidak pribadi antara seorang individu sehat pada penderita penyakit. Biasanya penyakit jenis ini disebabkan oleh mikroorganisme patogenik, menyerupai bakteri, virus, parasit, atau jamur.


Penyebaran penyakit menular ternyata bukan hanya melalui insan ke manusia, lho. Namun hewan juga sanggup menularkan penyakitnya ke manusia. Penyakit ini sering disebut sebagai zoonotic. Masih ingat wabah flu burung yang sempat menjadi informasi kesehatan nasional? Nah, penyakit tersebut yaitu contohnya.


Jenis Penyakit Menular di Indonesia


Karena penyebaran penyakit menular sanggup terjadi dengan cepat, akan lebih baik apabila anda mempunyai pengetahuan akan jenis penyakit menular tersebut.


1. Influenza


Influenza merupakan jenis penyakit menular yang umum. Influenza merupakan penyakit yang terus bermutasi, sehingga sistem kekebalan badan insan kurang sanggup mendeteksi penyakit ini dengan baik.


Jadi jangan heran apabila Anda sanggup terjangkit influenza dalam rentang waktu yang berdekatan. Penyakit ini ditularkan melalui udara dan air ludah.


2. Tuberkolosis (TBC)


TBC menginfeksi jalan masuk pernafasan insan dan membutuhkan waktu yang cukup usang untuk disembuhkan. Gejala utamanya yaitu batuk yang tidak kunjung sembuh. Biasanya TBC ditularkan melalui udara dan air ludah yang tertinggal di peralatan makan penderita.


3. Muntaber


Jenis penyakit menular ini  akan menampakkan tanda-tanda muntah dan diare yang terus menerus. Penyebab utama muntaber yaitu basil Escheria sdfdf jahat dalam usus. Penularannya sanggup melalui muntahan dan kotoran penderita yang tidak dibersihkan dengan baik.


Sangat penting untuk menjaga kebersihan kamar mandi kalau Anda berada di sekitar penderita muntaber. Karena penyakit muntaber yang tidak ditangani dengan baik bahkan sanggup menimbulkan kematian, lho.


4. Tifus


Tifus terjadi lantaran adanya nanah pada usus halus yang disebabkan oleh basil salmonella. Bakteri ini bersumber dari makanan tidak sehat yang sering terpapar lalat, debu, dan polusi lain di sekitarnya yang ternyata membawa virus tifus dari orang lain. Tifus juga sanggup ditularkan melalui bukaan luka pada kulit.


5. Pneumonia


Seperti TBC, pneumonia menyerang organ paru-paru manusia. Paru-paru kemudian mengalami peradangan, menimbulkan cairan masuk ke rongga-rongganya sehingga mencegah masuknya oksigen dan sangat mengganggu pernafasan. Pnumonia umumnya tertularkan lewat udara.


6. Hepatitis


Hepatitis merupakan penyakit yang menginfeksi organ hati. Biasanya disebabkan oleh kurangnya kebersihan di lingkungan hidupnya.


Hepatitis ditularkan melalui makanan dan minuman yang kurang bersih, cairan tubuh, pemakaian jarum suntik bekas, perlengkapan akupuntur, tato, dan peralatan makan yang yang kurang bersih.


7. Polio


Polio menyerang jaringan syaraf penderitanya. Biasanya tanda-tanda yang tampak yaitu lumpuhnya kepingan badan tertentu.


Pada beberapa kasus, polio sanggup menimbulkan kematian. Bagaimana cara penularannya? Penyakit ini sanggup ditularkan melalui kontak langsung, air ludah, dan udara.


8. Demam Berdarah Dengue (DBD)


Jenis penyakit menualr ini masih menjadi permasalahan pokok kesehatan Indonesia. Gejala yang timbul yaitu siklus demam berbentuk tapal kuda.


Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegeypti betina, yang biasanya berkembang biak di daerah-daerah genangan air hujan. Maka dari itu, pemerintah gencar mensosialisasikan ancaman jentik dan demam berdarah sampai ke tingkat desa.


9. Malaria


Sama dengan demam berdarah, malaria merupakan jenis demam yang ditularkan melalui gigitan nyamuk anopheles. Gejala yang muncul yaitu demam tinggi disertai nyeri tubuh, mual, dan badan menggigil.


10. Demam Chikungunya


Hampir sama dengan malaria, chikungunya ditandai dengan demam tinggi dan rasa nyeri pada sendi penderita. Namun apabila penderita juga merasa lemas yang tidak biasa disertai ruam pada kulit, maka kondisi tersebut sanggup diidentifikasi sebagai chikungunya. Penularannya disebabkan penyebaran virus togaviridae melalui gigitan nyamuk aedes aegeypti.


11. Flu Burung (H5N1)


Jenis penyakit menular ini sempat menjadi perhatian beberapa tahun kemudian lantaran jumlah korban meninggal dunia yang disebabkannya. Penyakit ini disebabkan oleh virus H5N1 pada unggas yang ditularkan ketika insan mengonsumsinya.


Penyakit ini juga sanggup ditularkan melalui udara dan kontak langsung. Gejala yang timbul mencakup demam dan gangguan pernafasan.


 


Baca juga:



Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.



Sumber https://www.go-dok.comm