Sunday, July 8, 2018

Cara Mengatasi Usb Not Recognized Di Windows 7, 10 (100% Work)

Sekarang ini paling sering kita memakai penyimpanan eksternal yang berupa Flasdisk / USB, Hardisk Eksternal, Maupun Memory penyimpanan eksternal HP dan ketika error ada pesan “USB Not Recognized”. Dengan seringnya kita memakai maka frekuensi untuk error / menemui problem sering terjadi. Salah satu error tersebut contohnya USB tidak dapat tersambung dengan PC atau laptop kita dan muncul pesan “USB Not Recognized” atau klo di terjemahkan perangkat tidak dikenali. Nah kalau ibarat ini bagaimana cara mengatasi USB Not Recognized di laptop atau komputer kau ?


Namun sebelum jauh kau mempelajari cara mengatasi USB Not Recognized cobak cek terlebih dahulu hal-hal sepele yang mungkin belum sesuai dengan prosedur, semisal kalau kau memakai media Handphone/smartphone silahkan cek apakah settingan untuk sambungan mode hp kau sudah sesusai ? kemudian apakah kabel data yang kau pergunakan juga masih normal ? dan kalau kau mengunakan hardisk eksternal atau usb / flasdisk apakah masih berfungsi normal ? kalau poin-poin tersebut sudah kau cek dan ndak ada masalah. silahkan di lanjut menyimak tips untuk solusi mengatasi USB Not Recognized di laptop maupun pc kau dirumah.


Cara Mengatasi USB Not Recognized di Windows 7 Maupun Windows 10


Sekarang ini paling sering kita memakai penyimpanan eksternal yang berupa Flasdisk  Cara Mengatasi USB Not Recognized di Windows 7, 10 (100% Work)


1. Gunakan USB Port Sisi Belakang PC atau Port yang berbeda


Cara mengatasi USB Not Recognized pertama yang paling mudah dan tapi malah sering berhasil ialah dengan memakai USB port sisi belakang dari komputer /PC yang kau gunakan. Karena ada beberapa kasus USB port sisi depan tidak setabil USB port sisi belakang dari komputer, maka dari itu kalau kau memakai komputer /PC coba pergunakan USB port sisi belakang. Namun kalau kau tidak ingin ribet menyolokkan USB atau Hardisk Eksternal ataupun HP kau melalui USB port belakang, kau dapat mengatasi problem ini dengan aksesori USB Hub 1 meter atau seri lain supaya kau tidak ribet-ribet lagi ketika memakai USB port dari sisi belakang komputer/PC.


2. Restart Laptop / Komputer


Mungkin ini cara yang paling klasik, tetapi cara ini terbukti cukup ampuh untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil pada komputer, ibarat halnya kerusakan “USB Device Not Recognized” ini.


Baca juga : Cara mengatasi bunyi laptop yang tiba-tiba hilang


3. Uninstal Driver USB Device


Ini ialah cara yang pertama dan biasanya paling efektif. Untuk menguninstal driver pada perangkat USB yang bermasalah. Caranya:



  • Klik tombol Start: ketik pada kotak search kegiatan and file: devmgmt.msc kemudian tekan Enter

  • Cari USB device yang bermasah ibarat tampak pada gambar

  • Lalu klik kanan pada device yang bermasalah tersebut biasanya ada goresan pena “unknown device” atau ada tanda serunya. Klik Uninstall

  • Copot USB Device kemudian masukkan lagi.

  • Biasanya Windows akan kembali mencari driver untuk device tersebut dan device tersebut akan kembali normal.


4. Restore Windows


Cara memperbaiki USB Device Not Recognized lainnya ialah dengan merestore Windows ke kondisi ketika USB masih berjalan normal. Adapun caranya cukup ikuti intruksi dibawah ini :



  • Klik tombol Start, ketik : rstrui.exe

  • Akan terbuka jendela System Restore,

  • Pilih tanggal yang kira-kira pada ketika itu USB masih berjalan normal.

  • Klik OK, tunggu hingga komputer merestart.


5. Ganti  Power Supply


Khusus untuk cara ini hanya berlaku kalau kau pengguna PC /Komputer dan bukan laptop ya, kasus USB yang tidak terbaca ini biasanya alasannya arus listrik yang kurang pada USB Device tersebut. Solusinya kalau kau memiliki power supply lain yang masih normal, silahkan ganti dengan power supply yang masih normal lainnya tadi, atau kalau kau tidak memiliki cadangan power supply silahkan cabut kabel power supply dan diamkan beberapa ketika (sekitar 10 menit) kemudian silahkan tancapkan lagi kabel power supply yang tadi sempet di lepas ke posisi semula kemudian nyalakan PC kamu.


Kesimpulan


Dari klarifikasi diatas maka kau dapat memakai salah satu cara yang sudah saya jelaskan diatas, problem yang sering terjadi terutama pada kasus PC / Komputer ialah adanya ketidakstabilan arus listrik yang dialirkan, kalau kau mengalami masalah USB Not Recognized di windows 7 maupun windows 10 maka silahkan coba cara pertama, ketiga, kedua, dan seterusnya hingga USB terbaca dengan baik. dan khusus untuk laptop biasanya yang paling sering ialah USB Port tidak support, atau trobel dengan driver USBnya, maka kalau kau menemui problem ini silahkan cobak cara pertama, kedua, ketiga dan seterusnya, kecuali cara kelima.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com