Friday, July 13, 2018

√ 10 Trik Microsoft Office Word Wajib Tahu Untuk Mempercepat Pekerjaan Anda

Trik Microsoft Office Word Wajib Tahu – Saya yakin hampir setiap pengguna komputer sudah tahu apa itu agenda Office Word. Sebagai pengguna komputer tentunya sudah sangat familiar dengan agenda Office Word. Wajar saja alasannya yaitu Office Word usianya memang sudah tua. Bahkan sebelum Windows dirilis Office Word sudah ada. Tepatnya tahun 1983 Office Word sudah hadir dikalangan pengguna komputer. Disamping itu Office Word memang sangat efisien untuk kita gunakan sebagai agenda pengolah kata. Banyak yang merasa terbantu dengan adanya agenda yang satu ini. Semua kiprah sekolah, kuliah, dan perkantoran dapat terselesaikan dengan hanya memakai agenda Office Word.


Baca Juga : Cara Praktis Mengatasi Spasi Berubah Menjadi Titik Di Microsoft Office Word


Tahukah Anda kalau agenda Office Word menyimpan beberapa trik rahasia? Trik-trik ini dapat kita gunakan untuk mempercepat proses pekerjaan Anda? Contoh kecilnya saja saat kita ingin melaksanakan copy paste di Office Word, maka cara cepatnya kita dapat memakai shortcut Ctrl+C (Copy) dan Ctrl+V (Paste). Meskipun trik ini bukan hanya dapat kita nikmati di Office Word saja. Asal Anda tahu juga sebenarnya masih banyak trik-trik mempercepat pekerjaan Di Office Word.


 Saya yakin hampir setiap pengguna komputer sudah tahu apa itu agenda Office Word √ 10 Trik Microsoft Office Word Wajib Tahu Untuk Mempercepat Pekerjaan Anda


Trik Copy Paste dengan Ctrl+C dan Ctrl+V mungkin hampir setiap pengguna komputer sudah tahu. Namun saya yakin untuk trik lain yang akan saya bahas disini hanya sebagian saja yang tahu. Untuk itu silakan simak artikel ini hingga selesai.


Berikut 10 Trik Microsoft Office Word Wajib Tahu Untuk Memudahkan Pekerjaan Anda


1. Mengubah Lowercase Ke Uppercase Atau Sebaliknya


Ketika kita ingin mengetik abjad kecil (Lowercase ) di layar kerja Office Word maka kita harus mematikan tombol Caps Lock pada keyboard. Karena kalau tombol Caps Lock aktif maka otomatis abjad yang dihasilkan akan menjadi kapital (Uppercase). Lalu bagaimana kalau proses pengetikan sudah selesai dan kita ingin mengubah ketikan yang semula abjad kecil menjadi kapital atau sebaliknya? Apakah kita meski menghapus semua ketikan tersebut dan menggantinya dengan abjad yang kita inginkan? Coba Anda bayangkan kalau ketikan berjumlah 10 halaman atau lebih!


Menurut saya itu yaitu trik yang salah kaprah. Karena hal tersebut hanya akan menghabiskan waktu Anda secara percuma. Ada trik cepatnya kalau kita ingin mengubah abjad di Office dari Lowercase ke Uppercase atau sebaliknya, yaitu memakai keyboard shortcut. Kita hanya membutuhkan dua kombinasi tombol keyboard saja, yaitu tombol Shift dan F3 ditekan secara bersamaan (Shift+F3). Caranya silakan Anda block abjad atau kalimat yang diubah, kemudian tekan shortcut Shift+F3. Ketika pertama abjad kecil semua maka sesudah diberi imbas Shift+F3 maka abjad awalnya akan menjadi kapital, dan kalau ditekan lagi Shift+F3 maka goresan pena menjadi kapital semua.


2. Memindahkan Kursor Lebih Cepat


Apa itu kursor di Office Word? Kursor yaitu sebutan untuk penunjuk di Office Word yang berupa garis tegak yang berkedip-kedip. Lebih jelasnya lagi bentuk kursor ini mirip abjad I. Kursor ini hanya dapat kita gerakkan serta dipindahkan pada area yang sebelumnya sudah ada naskah ketikan saja.


Ketika kita ingin memindahkan kursor di layar Office Word biasanya kita memakai tombol panah pada keyboard. Atau trik lainnya kita dapat memakai mouse. Namun tahukan Anda untuk memindahkan kursor ini ada juga trik cepatnya, yaitu memakai shortcut Shift+F5. Ketika kita menekan Shift+F5 maka kursor mouse akan berpindah cepat ke spot terakhir yang awalnya kita edit. Hal ini sangat berkhasiat saat jumlah halaman di Office Word sudah banyak. Trik ini akan berfungsi juga walaupun file dokumen Office Word sudah Anda tutup.


3. Memindahkan Ketikan Lebih Cepat


Terkadang saat kita mengetik di Office Word ingin memindahkan text satu kalimat atau lebih ke paragraf yang lain. Cara yang sudah umum dilakukan yaitu dengan block goresan pena kemudian copy kemudian hapus dan paste di daerah yang dimaksud. Padahal ada lagi trik yang lebih cepat yaitu dengan memakai shortcut Ctrl+F3 untuk copy goresan pena sekaligus menghapus dan Ctrl+Shift+F3 untuk paste tulisan.


Cara cepat lainnya yaitu dengan memakai tombol F2. Block goresan pena yang ingin dipindah, tekan F2 kemudian pindahkan kursor ke lokasi daerah yang dituju dan Enter untuk proses paste.


Baca Juga : 3 Trik Aneh Dan Unik Komputer Yang Mungkin Selama Ini Anda Belum Tahu


4. Block Tulisan Lebih Cepat


Ketika kita ingin block satu paragraf biasanya kita akan melaksanakan klik tiga kali dengan cepat pada paragraf yang dimaksud. Atau saat kita ingin mem-block semua goresan pena di Office Word maka cara cepatnya dapat memakai shortcut Ctrl+A. Lalu bagaimana kalau kita ingin block paragraf dalam bentuk kotak apakah dapat kita lakukan? Tentu saja bisa! Namun saat Anda melaksanakan block pada paragraf harus sambil menekan tombol Alt kemudian klik dan seret menggunakan kursor mouse.


5. Menghilangkan Styling / Convert To Plain Text


Terkadang kita ingin menghilangkan styling atau efek-efek tertentu di layar kerja Office Word mirip imbas bold, italic, underline, font syle, font size, dan sebagainya. Jika jumlah styling tersebut sedikit tentunya kita dapat menghilangkannya secara manual, misal menghilangkan imbas bold (tulisan tebal) maka dapat mem-block goresan pena kemudian klik Bold atau Ctrl+B. Namun bagaimana kalau styling tersebut jumlahnya banyak? Cara cepatnya Anda dapat memakai shortcut Ctrl+Spacebar atau dapat juga dengan menekan Ctrl+Shift+N. Jangan lupa sebelum memakai shortcut Anda harus mem-block dulu text yang akan diubah atau dihilangkan stylingnya.


Mengkonversi text ke mode plain text atau menghilangkan styling juga kita butuhkan saat kita mengcopy paste goresan pena dari halaman web. Karena biasanya goresan pena yang kita hasilkan dari halaman web begitu di paste di layar kerja Office Word akan berantakan.


6. Menempatkan Kursor Sesuka Hati


Diatas sudah saya bahas apa itu kursor pada layar kerja Office Word. Secara default kursor ini akan berada pada final tulisan/text. Ketika kita ingin menciptakan garis baru/paragraf maka harus menekan Enter pada keyboard. Tapi sebenarnya kursor tersebut dapat kita tempatkan dimana saja atau ditempat yang kita butuhkan. Hal ini mirip kita layaknya menulis di papan tulis. Caranya kita tinggal melaksanakan klik ganda / double klik pada area manapun. Misal kita ingin menempatkan kursor di tengah halaman, maka tinggal klik ganda saja memakai mouse di tengah halaman atau daerah yang akan kita jadikan goresan pena baru.


7. Mengcopy Hanya Format Text


Pernahkan Anda terpikirkan bagaimana cara copy paste format text dan bukan textnya itu sendiri? Bingung ya? Contohnya kita mengetik kata “bingung” kemudian kata tersebut kita beri format atau imbas bold, italic, underline, dan warna merah. Maka nantinya akan menjadi mirip ini “bingung“. Nah yang saya maksud format text tersebut yaitu imbas style bold, italic, underline, dan warna. Kemudian kita ingin melaksanakan copy paste hanya pada formatnya saja bukan pada text “bingung” tersebut. Misalnya format style bold, italic, underline, dan warna itu ingin diterapkan juga pada ketikan “pusing”.


Ternyata dengan memakai shortcut tertentu kita dapat melaksanakan copy paste hanya pada format textnya saja. Setelah di block goresan pena yang akan diambil formatnya, tekan Ctrl+Shift+C untuk proses copy kemudian block juga ketikan yang akan diberi imbas format kemudian tekan Ctrl+Shift+V untuk proses paste.


Baca Juga : 7 Tips Dan Trik Yang Wajib Anda Tahu Untuk Mempercepat Proses Kerja Di Photoshop


8. Mengulang Perintah Terakhir


Biasanya saat kita ingin mengulang perintah terakhir di Office Word yang dengan memakai fitur Undo atau keyboard shortcutnya yaitu Ctrl+Z. Tahukah Anda bahwa untuk mengulang perintah terakhir tersebut dapat juga dengan menekan tombol F4 di keybaord. Coba Anda buat goresan pena sembarang di layar kerja Office Word dan beri format bold misalnya, kemudian tekan tombol F4, kemudian apa yang terjadi?


9. Membuat Automatic Page Break


Apa yang Anda lakukan saat ingin menciptakan sebuah page break di layar kerja Office Word? Apakah dengan menekan Enter secara terus menerus hingga membentuk sebuah page break? Ya memang betul trik tersebut juga dapat menciptakan page break. Namun masalahnya kalau menciptakan page break dengan cara tersebut saat Anda mengedit halaman diatasnya maka secara otomatis halaman selanjutnya akan berubah. Ada cara lain dalam menciptakan automatic page break dan dijamin halaman selanjutnya tidak berubah, yaitu dengan memakai shortcut Ctrl+Enter.


10. Memperbesar/Memperkecil Text Secara Cepat


Hal yang sudah kita dapat lakukan saat ingin mengubah ukuran abjad di layar kerja Office Word yaitu saat text sudah ter-block maka menentukan Font Size yang posisinya berdampingan dengan Font Syle. Sebetulnya ada trik lebih cepat dalam mengubah ukuran abjad ini tanpa harus lompat ke Font Size. Caranya yaitu block text yang akan diubah ukurannya kemudian tekan Ctrl+Shift+> untuk memperbesar dan Ctrl+Shift+< untuk memperkecil.


Ok mungkin artikel 10 Trik Microsoft Office Word Wajib Tahu dicukupkan sekian saja. Apakah Anda memiliki trik lain juga? Silakan dapat disampaikan di kotak komentar! Semoga artikel ini ada keuntungannya dan hingga bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses!



Sumber http://info-menarik.nett