Tuesday, July 17, 2018

√ 10+ Pengertian Hikayat Paling Lengkap

Tahukah kamu, apa pengertian dari hikayat? Mungkin, banyak dari kita yang belum tahu definisi dari salah satu karya sastra ini. Hikayat termasuk ke dalam jenis prosa usang yang telah umum dikenal dalam khasanah kesusasteraan Indonesia. Ada majemuk jenis dan judul hikayat yang beredar di masyarakat ketika ini. Semuanya menjadi penggalan dari kekayaan bangsa Indonesia. Meskipun begitu, masih banyak yang gundah dalam membedakan karya sastra hikayat dengan jenis karya sastra lainnya.

 banyak dari kita yang belum tahu definisi dari salah satu karya sastra ini √ 10+ Pengertian Hikayat Paling Lengkap

Agar sanggup membedakan jenis, bentuk, dan ciri dari masing-masing karya sastra yang ada, maka kita harus paham wacana pengertian dari karya sastra tersebut. Nah, dalam pembahasan ini kami akan menguraikan beberapa pengertian atau definisi dari hikayat. Berikut ini uraiannya:

Pengertian Hikayat

Secara umum, hikayat sering disebut sebagai salah satu bentuk dari prosa karya sastra Melayu yang berisi cerita, silsilah raja-raja, agama, sejarah, undang-undang, biografi, atau adonan dari semuanya. Jika kita merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hikayat di artikan sebagai karya sastra usang Melayu berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, dan silsilah bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau adonan sifat-sifat itu, dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang, atau sekadar untuk meramaikan pesta, contohnya Hang Tuah; Perang Palembang; Seribu Satu Malam. 

Materi Hikayat Lainnya:
Berikut ini, majemuk pengertian dari hikayat:
  • Hikayat yaitu karya sastra yang berisi dongeng sejarah yang menarik, penuh keajaiban, atau hal-hal yang kadang kala tidak masuk akal.
  • Hikayat yaitu salah satu bentuk karya sastra usang yang bercerita seputar lingkungan istana, raja, keluarga raja, dan para punggawa istana.
  • Hikayat yaitu dongeng atau dongeng yang isinya bermacam-macam, berpangkal kepada seorang tokoh sejarah atau kepada insiden yang sungguh terjadi.
  • Hikayat yaitu karya sastra yang isinya beraneka ragam sebab sanggup dikatakan apa saja sanggup digubah menjadi hikayat.
  • Hikayat yaitu karya sastra Melayu klasik yang ditulis beberapa masa lalu.
  • Hikayat adalah karya sastra berupa dongeng atau dongeng yang dibentuk sebagai wahana pelipur lara atau pembangkit semangat juang. 
  • Hikayat yaitu sebuah kisah / dongeng yang menceritakan wacana kehebatan seseorang

Pengertian Hikayat Menurut Ahli

Selain beberapa definisi di atas, terdapat juga pengertian hikayat yang dipaparkan oleh para andal sastra, berikut ini beberapa di antaranya:
  • Menurut Suherli: Hikayat yaitu teks narasi Melayu klasik yang termasuk ke dalam ragam jenis dongeng rakyat. Hikayat menonjolkan unsur penceritaan dengan ciri kesaktian dan kemustahilan para tokoh-tokohnya.
  • Menurut Sugiarto: Hikayat berasal dari bahasa Arab yang berarti kisah atau cerita. Kata ini selanjutnya diserap ke dalam bahasa Melayu dengan tidak menghilangkan makna aslinya. Oleh sebab itulah, semua karya berbentuk prosa dalam karya sastra Melayu usang disebut hikayat.
  • Menurut Hidayati: Hikayat yaitu salah satu karya sastra Melayu klasik yang termasuk ke dalam jenis folklore yang terdapat dalam khazanah kesusastraan Indonesia. 
Demikianlah uraian wacana Pengertian Hikayat. Bagikan bahan ini kepada teman yang membutuhkan. Terima kasih, biar bermanfaat.

Sumber http://www.ilmusiana.com