Friday, June 22, 2018

Tutorial Menggabung Dan Memotong Objek Di Coreldraw

Teknik menggabungkan dan memotong objek memang sudah tak ajaib lagi di dunia desain, baik itu yang memakai aplikasi Photoshop maupun Coreldraw. Teknik menggabung dan memotong objek termasuk dalam salah satu teknik dasar desain yang wajib kau kuasai. Memang terdengar sederhana jikalau hanya menggabungkan dan memotong objek, namun dari teknik sederhana tersebut kau dapat menciptakan desain yang cukup kompleks. Bahkan desainer level pro selalu memakai teknik-teknik dasar tersebut untuk menciptakan desain yang menakjubkan.


Tutorial menggabung dan memotong objek di Coreldraw biasanya dipakai pada dua berdiri datar atau lebih. Seperti yang kita tahu bahwa jenis berdiri datar berjumlah terbatas. Jika kita ingin menciptakan berdiri datar dengan bentuk yang tak biasa, tentunnya kita harus menciptakan sendiri berdiri datar tersebut dengan sedikit modifikasi dari teknik menggabung sampai menjadi bentuk sesuai dengan yang kita inginkan. Teknik memotong objek juga sering dipakai untuk menciptakan objek yang sesuai dengan yang kita inginkan. Terkadang kita juga perlu membuang sisi tertentu dari berdiri datar untuk menciptakan berdiri datar baru. Begitulah dunia desain, dengan kreativitas semua dapat dimodifikasi dan bersifat fleksibel.


TUTORIAL MENGGABUNG DAN MEMOTONG OBJEK DI CORELDRAW


Teknik menggabungkan dan memotong objek memang sudah tak ajaib lagi di  Tutorial Menggabung dan Memotong Objek di Coreldraw


Nah, pada kesempatan kali ini aku akan sharing perihal teknik dasar menggabung dan memotong objek di Coreldraw. Harapannya sesudah membaca artikel ini, kau jadi lebih mengerti perihal teknik-teknik dasar yang ada di Coreldraw dan terus berlatih sampai bisa. Yuk eksklusif saja simak ulasannya berikut ini.



  1. Pertama-tama buka aplikasi Coreldraw yang sudah terinstall di komputer milikmu. Versi yang aku gunakan yaitu Corel X7. Kemudian buka lembar kerja menyerupai biasa.

  2. Langkah berikutnya yaitu buatlah dua objek yang berbeda sesuka kamu. Disini aku mencontohkan dengan objek segitiga dan persegi panjang. Caranya cukup klik “Rectangle Tool” dan “Polygon Tool” pada toolbox, kemudian buat objek sesuai keinginanmu. Untuk memudahkan proses selanjutnya, beri warna yang berbeda pada kedua objek tersebut dengan klik pada palet warna di sebelah kanan atau atas lembar kerja.

  3. Buat kedua objek tersebut saling menumpuk menyerupai pada gambar dibawah ini. Kemudian blok kedua objek tersebut. secara otomatis akan muncul sajian gres pada property kafe atau sebelah atas lembar kerja. Berikut klarifikasi dari sajian gres tersebut.


Teknik menggabungkan dan memotong objek memang sudah tak ajaib lagi di  Tutorial Menggabung dan Memotong Objek di Coreldraw


Weld        : menggabungkan objek


Trim          : memotong objek yang berada di bawah


Intersect   : menghasilkan objek gres yang saling tumpang tindih


Simplify   : memotong objek yang berada di bawah (mirip dengan fungsi trim)


Front Minus Back : memotong objek yang berada diatas dan objek dibawahnya akan hilang


Back minus front : memotong objek yang berada dibawah dan objek diatasnya akan hilang


Create boundary : menghasilkan garis tepi pada objek.


Baca juga :



Dengan memahami fungsi dari sajian diatas, kau dapat menggabung dan memotong objek sesuai keinginan. Kira-kira jikalau diterapkan hasil kesannya akan menyerupai pada gambar dibawah ini.


Teknik menggabungkan dan memotong objek memang sudah tak ajaib lagi di  Tutorial Menggabung dan Memotong Objek di Coreldraw


Bagaimana? Praktis bukan untuk dipahami maupun dipraktikkan? Untuk meggabungkan dan memotong objek memang ada beberapa sajian diatas yang dapat kau pilih, tiap sajian juga mempunyai hasil yang berbeda, jadi pilih yang dirasa cocok dengan kebutuhanmu.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com