Wednesday, June 27, 2018

√ Struktur Badan Dan Macam Macam Bentuk Virus + Gambar

Virus ialah benalu mikroskopik yang hanya sanggup hidup dan bereproduksi dengan menginfeksi sel organisme hidup. Karena struktur badan virus begitu berbeda jikalau dibandingkan dengan struktur badan makhluk hidup lainnya, hingga kini, para ilmuan masih berdebat wacana apakah virus sanggup digolongkan sebagai makhluk hidup atau tidak.

Virus tidak mempunya sitoplasma dan organel sel lainnya, oleh alasannya ialah itu ia tidak sanggup melaksanakan metabolisme mirip sel hidup. Virus dianggap sebagai suatu sistem paling sederhana dalam sistem genetika modern. Berikut akan kami sampaikan klarifikasi mengenai struktur badan virus lengkap dengan macam macam bentuk virus sebagai citra bagi Anda untuk mengenali organisme satu ini.

Struktur Tubuh Virus

Secara umum, struktur badan virus terdiri atas 4 penggalan utama, yaitu kepala, isi tubuh, ekor, dan kapsid.

 ialah benalu mikroskopik yang hanya sanggup hidup dan bereproduksi dengan menginfeksi sel √ Struktur Tubuh dan Macam Macam Bentuk Virus + Gambar

1. Kepala

Virus mempunyai kepala berisi DNA atau RNA yang menjadi materi genetik kehidupannya. Isi kepala ini dilindungi oleh kapsid, yaitu selubung protein yang tersusun oleh protein. Bentuk kapsid sangat bergantung pada jenis virusnya. Kapsid virus sanggup berbentuk bulat, polihedral, heliks, atau bentuk lain yang lebih kompleks. Kapsid tersusun atas banyak kapsomer atau sub-unit protein.

2. Isi Tubuh

Isi badan virus atau biasa disebut virion, ialah materi genetik yang berupa salah satu tipe asam nukleat (DNA atau RNA). Tipe asam nukleat yang dimiliki virus akan mempengaruhi bentuk badan virus. Virus dengan isi badan berupa RNA biasanya berbentuk ibarat kubus, bulat, atau polihedral, misalnya pada virus-virus penyebab penyakit polyomyelitis, virus influenza, dan virus radang ekspresi dan kuku.

3. Ekor

Ekor merupakan penggalan dalam struktur badan virus yang berfungsi sebagai alat untuk menempelkan diri pada sel inang. Ekor yang menempel di kepala ini umumnya terdiri atas beberapa tabung tersumbat yang berisi benang dan serat halus. Adapun pada virus yang hanya menginveksi sel eukariotik, penggalan badan ini umumnya tidak dijumpai. [Baca Juga : Perbedaan Siklus Litik dan Lisogenik]

4. Kapsid

Kapsid ialah lapisan berupa rangkaian kapsomer pada badan virus yang berfungsi sebagai pembungkus DNA atau RNA. Fungsi kapsid ini ialah sebagai pembentuk badan dan pelindung bagi virus dari kondisi lingkungan luar.

Macam Macam Bentuk Virus

Meski tersusun atas struktur badan yang sama, virus ternyata sanggup mempunyai bentuk badan yang sangat bervariasi. Sedikitnya ada 5 macam bentuk badan virus yang telah berhasil diidentifikasi oleh para ilmuan. Macam-macam bentuk virus tersebut antara lain oval, bulat, batang, polihedral, dan karakter T. Berikut macam-macam bentuk badan virus tersebut lengkap dengan contohnya.

 ialah benalu mikroskopik yang hanya sanggup hidup dan bereproduksi dengan menginfeksi sel √ Struktur Tubuh dan Macam Macam Bentuk Virus + Gambar

  1. Bentuk badan bulat dimiliki oleh virus-virus penyebab penyakit AIDS, ebola, dan influenza.
  2. Bentuk badan oval dimiliki oleh virus penyebab penyakit rabies.
  3. Bentuk badan batang dimiliki oleh virus TMV (Tobaccao Mosaic Virus).
  4. Bentuk badan polihidris dimiliki oleh virus Adenovirus penyebab demam.
  5. Bentuk badan huruf T pada bacteriophage, virus menyerang basil E. c0l1.

Nah, demikianlah sekilas pemaparan mengenai struktur badan virus beserta macam macam bentuk virus yang sanggup kami sampaikan di artikel kali ini. Semoga sanggup bermanfaat bagi Anda dalam memperluas wawasan seputar ilmu virologi. Salam.
Sumber http://www.ebiologi.net