Monday, June 25, 2018

Jenis Topologi Jaringan Serta Kelebihannya

Jaringan komputer yang terdapat pada kehidupan sehari – hari dan sering dijumpai mempunyai banyak jenis dan bentuk yang berbeda – beda. Bentuk yang berbeda – beda ini diubahsuaikan dengan kondisi dan kebutuhan perangkat jaringan yang diinginkan. Jenis dan bentuk jaringan ini lebih dikenal dengan nama topologi jaringan.


Topologi jaringan mempunyai pengertian suatu cara atau konsepi dalam menghubungkan beberapa komputer atau banyak komputer sekaligus sehingga tercipta suatu jaringan yang terkoneksi dan berfungsi menyerupai pada umumnya. Karena konsep dalam merangkai sebuah jaringan beragam, maka muncul beberapa jenis topologi yang sanggup dipakai dan mempunyai kelebihan masing – masing.


Ada beberapa jenis topologi yang sering digunakan, namun biasanya dibagi dalam dua kategori yakni topologi logik dan topologi fisik. Topologi logik ialah topologi jaringan yang bersifat tidak mempunyai bentuk fisik (hanya berupa konsep saja) sedangkan implementasinya sanggup diterapkan pada topologi jaringan fisik yang umum dijumpai sehari – hari.


Jenis Topologi Jaringan Logik


Jaringan komputer yang terdapat pada kehidupan sehari  Jenis Topologi Jaringan Serta Kelebihannya


Sebelum memahami mengenai topologi jaringan fisik, anda terlebih dahulu harus memahami jenis topologi jaringan logik, yang terbagi dalam dua jenis berikut :




  1. Topologi Peer to Peer




Topologi ini tidak memerlukan server sebagai media pertukaran informasi, dua komputer yang terhubung sudah sanggup melaksanakan pengiriman data sehingga tiap komputer sanggup berfungsi sebagai client / server.




  1. Topologi Client Server




Topologi  jaringan ini terdapat minimal satu atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client sanggup diubah melalui software jaringan tertentu. Komputer client berfungsi menjadi mediator untuk sanggup mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server berfungsi memberi informasi yang dibutuhkan oleh komputer client.


Baca juga artikel menarik lainnya :



Jenis Topologi Jaringan Fisik dan Kelebihannya


Topologi fisik ialah topologi jaringan yang mempunyai bentuk dan konsep berbeda – beda dalam menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan yang ada. Kami merangkum beberapa topologi jaringan fisik yang umum beserta kelebihannya berikut :


A. Topologi Bus


Jaringan komputer yang terdapat pada kehidupan sehari  Jenis Topologi Jaringan Serta Kelebihannya


Topologi Bus ialah jenis topologi jaringan komputer yang mana komputer disusun secara serial (berderet) dengan dihubungkan melalui kabel dan tiap koneksi harus diakhiri di kedua ujung jaringan tersebut dengan sebuah terminator.


Kelebihan :


Topologi Bus mempunyai fasilitas instalasi dan ekonomis biaya alasannya ialah sedikitnya peralatan dan materi yang dibutuhkan untuk jaringan ini. Selain itu topologi ini gampang dalam perawatan.


B. Topologi Ring


Jaringan komputer yang terdapat pada kehidupan sehari  Jenis Topologi Jaringan Serta Kelebihannya


Topologi Ring ialah jenis topologi jaringan yang tiap komputer dihubungkan secara melingkar dimana tiap titik (komputer) terhubung ke kedua komputer lainnya. Tiap komputer terhubung satu sama lain dalam satu rangkaian sehingga membentuk bundar cincin dan komunikasi dilakukan satu arah memakai data token.


Kelebihan :


Instalasi cukup mudah, menghemat biaya alasannya ialah sedikit kabel yang digunakan, serta kecepatan pengiriman data yang cukup tinggi.


C. Topologi Star


Jaringan komputer yang terdapat pada kehidupan sehari  Jenis Topologi Jaringan Serta Kelebihannya


Topologi star merupakan jenis topologi jaringan yang mempunyai konsep komputer terhubung dengan satu hub/switch sebagai sentra jaringan (node tengah) yang menghubungkan seluruh komputer client yang ada. Hub / switch yang menjadi sentra jaringan sanggup mengontrol traffic data yang ada di jaringan.


Kelebihan:


Kelebihan topologi star mempunyai fasilitas dikala terjadi kerusakan jaringan komputer yang bermasalah, sanggup menambah komputer dikala jaringan menyala alasannya ialah tidak mengganggu komputer lainnya, serta punya keamanan yang cukup tinggi.


D. Topologi Mesh


Jaringan komputer yang terdapat pada kehidupan sehari  Jenis Topologi Jaringan Serta Kelebihannya


Topologi mesh ialah jenis topologi jaringan yang mana tiap komputer terhubung secara pribadi dengan komputer lainnya tanpa mediator hub/switch menyerupai pada topologi star. Topologi mesh memungkinkan pengiriman data yang cepat alasannya ialah data pribadi dikirim kepada komputer tujuan.


Kelebihan :


Topologi mesh mempunyai kelebihan pada kecepatan pengiriman data cukup tinggi serta apabila salah satu komputer bermasalah maka komputer lainnya tidak akan terganggu


E. Topologi Tree


Jaringan komputer yang terdapat pada kehidupan sehari  Jenis Topologi Jaringan Serta Kelebihannya


Topologi tree ialah jenis topologi jaringan yang berbentuk pohon dan merupakan adonan dari topologi star dan topologi bus. Topologi ini menghubungkan topologi star di bawah dengan topologi bus dan mempunyai tingkatan tersendiri sehingga cukup luas dan kompleks.


Kelebihan :


Kelebihan Topologi tree ialah sebagai berikut :



  • Memiliki fasilitas dalam ekspansi perkembangan jaringan

  • Memiliki administrasi data yang baik

  • dan gampang dalam mengetahui kerusakan jaringan.


Demikian tadi jenis atau macam-macam jaringan komputer dilihat dari topologi logik dan topologi fisik yang dijelaskan secara singkat. Namun mudah-mudahan sanggup memperlihatkan citra umum akan jaringan komputer.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com